Jogjapolitan

Ribuan Pedagang Malioboro Akan Divaksin Covid, Ini Permintaan Sultan

Penulis: Jalu Rahman Dewantara
Tanggal: 22 Februari 2021 - 15:17 WIB
Gubernur DIY, Sri Sultan HB X - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Harianjogja.com, JOGJA—Ribuan pelaku usaha di kawasan Malioboro dan sekitarnya akan mendapat vaksinasi Covid-19 pada 1 Maret 2021. Gubernur DIY, Sri Sultan HB X berharap tidak ada pedagang yang menolak.

"Harapan saya yang muda-muda, janganlah menolak, karena disuntik vaksin ini untuk menumbuhkan imunitas, antibodi pada yang bersangkutan. Jadi bermanfaat untuk dirinya sendiri maupun orang lain," kata Sultan kepada wartawan di Kompleks Kepatihan, Jogja, Senin (22/2/2021).

BACA JUGA: Sebut Pemakaman Covid seperti Pemakaman Anjing, Anggota DPRD Bantul Digeruduk Puluhan Sukarelawan

Vaksinasi Covid-19 tahap kedua di DIY akan dilangsungkan mulai Senin (1/3/2021) yang diawali dengan menyasar 19.897 jiwa, terdiri dari 8.144 pedagang Pasar Beringharjo dan sekitarnya, 2.600 masyarakat sekitar Malioboro dan Alun-alun Utara, serta 9.153 pegawai toko yang ada di kawasan Malioboro. Adapun lokasi vaksinasi dipusatkan di Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg, dan Taman Parkir Abu Bakar Ali, Jogja.

Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie mengatakan vaksinasi bagi pelaku usaha di Malioboro dan sekitarnya ini ditargetkan rampung dalam sepekan.

Dinkes menerjunkan 140 sebagai vaksinator. Mereka disebar di tiga lokasi, yakni Abu Bakar Ali sebanyak tujuh tim, Pasar Beringharjo enam tim, dan Benteng Vredeburg tujuh tim. Masing-masing tim berisi tujuh petugas yang bekerja dalam dua sif.

"Dalam sehari ditargetkan bisa memberikan vaksin kepada 2.800 orang," ujarnya.

BACA JUGA: Pedagang Malioboro Wajib Divaksin Covid, Pemkot Siapkan Sanksi untuk yang Menolak

Sementara, Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja sedang menyiapkan aturan sanksi bagi yang yang tidak mau divaksin Covid-19.

Rencananya sanksi akan dimasukkan dalam peraturan daerah atau peraturan wali kota. “Perda akan dibahas. Kalau tidak mau vaksin, untuk sementara mereka harus menunjukan swab antigen tiga hari sekali sata berjualan,” Kata Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, seusai memimpin rapat koordinasi vaksinasi lanjutan di Balai Kota Jogja, Senin (22/2/2021).

Heroe yang juga Ketua Harian Satgas Covid-19 Pemkot Jogja mengatakan pemberlakuan sanksi penting agar program vaksinasi berjalan lancar demi kepentingan bersama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 khususnya di Jogja.

Saat ini Pemkot masih fokus melakukan vaksinasi untuk tenaga kesehatan (nakes) tahap pertama termin kedua yang sudah mencapai 69,96% untuk termin kedua atau pemberian dosis kedua untuk nakes. Kemudian tahap kedua pada Maret nanti vaksinasi akan menyasar aparat dan pelayan publik seperti Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI-Polri, pelaku wisata, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan para pedagang serta pedagang kaki lima (PKL).

BACA JUGA: Makam Para Bupati Gunungkidul Ditemukan, Pencarian Melibatkan 'Orang Pintar'

Dari hasil pendataan, vaksinasi tahap kedua menyasar 37.000 orang. Dari jumlah tersebut, sekitar 20 ribuan adalah pedagang pasar Bringharjo, PKL, dan penjaga toko dari mulai tugu sampai Kraton.

Mereka sudah terdata untuk mendapatkan vaksin pada Senin pekan depan. Pemberitahuan vaksinasi sudah dilakukan melalui komunitas masing-masing. “Tinggal datang kalau saat nanti vaksinasi, kami masih nunggu yang belum daftar, karena masih ada beberapa yang belum daftar,” ujar Heroe. “Kalau dosis vaksinnya sudah tersedia di Dinskes DIY.”

Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Bringharjo Barat, Bintoro, mengatakan 80% dari total pedagang yang berjumlah sekitar 1.200-an sudah setuju untuk divaksin. Pedagang yang belum setuju, kata dia, khawatir memiliki penyakit bawaan atau komorbid.

Ketua Paguyuban PKL Malioboro Ahmad Yani (Pemalni), Slamet mengatakan ada sekitar 440 PKL di sepanjang Jalan Ahmad Yani kawasan Malioboro yang didata untuk mendapatkan vaksin Covid-19. “Hanya satu dua orang yang enggan divaksin karena khawatir akibat punya penyakit bawaan,” kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Setelah Vaksin Polio, Anak di Sleman Bakal Menjalani Imunisasi JE
Cek Fakta: Konten yang Menyebut Wakil Direktur CDC Akui Vaksin Covid-19 Membuat Tubuh Lemah dan Mudah Sakit
Jadwalkan Imunisasi JE September 2024, Dinkes Bantul Mulai Mendata Jumlah Anak
Dinas Kesehatan Jogja Siapkan Puluhan Ribu Anak Diimunisasi Japanese Encephalitis

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Prodi Kesehatan Paling Diminati, Ini 30 Prodi UNS Terketat pada SNBP 2024
  2. Bahaya, Mengonsumsi Berlebihan Antibiotik dan Obat Pencahar
  3. Rekomendasi Barang Elektronik untuk Kado Pernikahan
  4. BRIN akan Kembangkan Reaktor Nuklir Skala Kecil

Berita Terbaru Lainnya

Masa Jabatan Lurah Diperpanjang, Apdesi Bantul: Harus Dioptimalkan Untuk Peningkatan Kinerja Lurah
Gunakan Drone, Pencarian Bocah Tenggelam di Sungai Oya Wonosari Terkendala Arus Deras
LKPJ Gubernur DIY 2023, DPRD Beri Catatan soal Penurunan Kemiskinan Belum Capai Target
Kronologi Bocah Hanyut Saat Bermain di Tepian Sungai Oyo
Jelang Lebaran, Pemda DIY Klaim Harga Beras Mulai Turun di Pasaran
Jalan Sleman Rusak Akibat Proyek Tol, Perbaikan Dilimpahkan ke Pengembang
Sultan Sampaikan LKPJ 2023, Realisasi Pendapatan Daerah Capai 99 Persen
Sambut Pemudik dan Wisatawan Libur Lebaran 2024, Begini Persiapan Pemkab Gunungkidul
Info Stok Darah dan Lokasi Donor Darah di DIY Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024
Pilur Serentak 2024 di Bantul Terancam Batal, Ini Alasannya