HomeJogjapolitan

HI Art and Music Festival (HIATUS) #3 UGM, Perjalanan Eksplorasi dan Dekonstruksi Makna Cinta lewat Seni di Tengah Pandemi

Oleh:Media Digital
25 Februari 2021 - 12:47 WIB

Kegiatan HI UGM. - Ist

Harianjogja.com, JOGJA - Dengan mengangkat tajuk Love: Deciphering an Enigma, gelaran seni tahunan HI Art and Music Festival UGM yang diselenggarakan oleh Korps Mahasiswa HI (KOMAHI) UGM kembali untuk yang ketiga kalinya dengan membawakan serangkaian suguhan pameran karya seni rupa, screening dan diskusi film, panggung pertunjukan musik, serta penampilan karya sastra yang akan hadir secara virtual pada tanggal 11-13 Maret 2021.

Penampilan musikalisasi karya puisi akan menjadi “pendatang baru” dalam daftar panjang pengisi acara HIATUS #3 UGM yang akan diadakan di tengah pandemi ini. Melalui platform Kolektif Virtual Cinema untuk screening film, Kunstmatrix untuk pameran karya seni dan sastra, serta kanal Youtube HIATUS UGM untuk pertunjukan seni, HIATUS #3 siap memberikan pengalaman eksplorasi dan dekonstruksi makna cinta terbaik bagi seluruh HIATUS Enthusiasts yang datang.

“Lebih dari sekadar perkara romantisme, cinta adalah suatu hal yang, tanpa kita sadari, konfliktual—yang seringkali menimbulkan konflik baik di antara manusia, maupun dengan diri sendiri. Namun, cinta juga dapat menjadi jendela yang membukakan mata dan nurani seseorang terhadap perspektif-perspektif baru dalam memandang dunia, bahkan orang-orang, di sekitarnya. Secara tak langsung, tema cinta pada HIATUS #3 ini juga bermaksud menjadi konektor antara tema yang diangkat pada HIATUS 2018, yaitu Konflik, dan HIATUS 2019, yakni Perspektif,” ujar Bella Faustina Sari selaku Ketua HIATUS #3 terkait alasan pemilihan tema gelaran HIATUS tahun ini.

Di sisi lain, bagi Archandra Sugama selaku Koordinator Acara dari HIATUS #3, tujuan dari digelarnya festival seni dan musik ini adalah agar para pengunjung HIATUS #3 dapat turut berproses dengan caranya masing-masing dalam menguraikan “cinta” sebagai sebuah pola yang tidak hanya ditemui pada hubungan antara sepasang kekasih, tetapi pada sekecil apapun aspek dalam kehidupan.

"Oleh karena itu, HIATUS #3 akan menyajikan 20 karya seni lukis dan rupa, 10 karya puisi dan 3 penampilan musikalisasi puisi, serta 6 film terbaik yang, dengan lantang, berbicara soal kompleksitas—maupun simplisitas—cinta guna menggugah tanya sekaligus, harapannya, memberikan jawaban atasnya," tuturnya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Kamis (25/2/2021). 

Melalui visualisasi cinta yang sarat makna, layaknya yang terkandung dalam Sendiri Diana Sendiri karya Sutradara Kamila Andini, misalnya, HIATUS #3 berharap dapat membuka perspektif-perspektif yang baru, unik, dan berbeda dalam memandang dan memaknai cinta yang sejatinya sangat dekat dengan kehidupan manusia.

Rangkaian acara HIATUS #3 pada hari pertama yang mengangkat sub-tema Prologue: Questioning the Form of Love akan dibuka dengan penampilan dari DIRA, HI-Tunes, musikalisasi puisi, dan Teater Gadjah Mada serta screening dan diskusi film. Pada hari kedua, dengan sub-tema Dialogue: Intricacies of Intimacy, diskusi film akan digelar dengan mengundang Wahyu Utami, sutradara dari salah satu film yang ditayangkan di layar lebar HIATUS #3, Golek Garwo.

Sedangkan, acara puncak dari gelaran HIATUS #3 pada hari ketiga, dengan sub-tema Monologue: A Conversation with Self, akan diramaikan dengan screening dan diskusi film bersama Psikolog Welas Asih Healing and Development Center, Falah Farras S., M.Psi., Psikolog, yang disambung dengan penampilan seni Cermin Sobri Lail, Alvin Aryan Syah, The Bunbury, Atavisti, dan ditutup oleh bintang tamu utama HIATUS #3, Tashoora.

Nantikan terus beragam informasi terbaru dari akun media sosial resmi HIATUS UGM di instagram @hiatusugm, akun LINE resmi di @duk0003j, serta akun Twitter @hiatusfest dan ajukan pertanyaan-pertanyaanmu melalui akun-akun media sosial resmi HIATUS UGM di atas!

Tag: Kegiatan kampus Editor: Bernadheta Dian Saraswati

Artikel Terkait
Kamu yang Mana? Mahasiswa Kupu-Kupu, Kuda-Kuda, atau ... 1 year ago
Ini Manfaat Mahasiswa Ikut Organisasi di Kampus ... 1 year ago
Eduphoria Ajarkan Cara Mengajar Menyenangkan 1 year ago
ITNY Buka Kolaborasi Dengan UTM Malaysia 1 year ago
Soprema 2019 Cetak Puluhan Sociopreneur Berkualitas 1 year ago

Berita Pilihan

Cuaca Ekstrem, Nelayan Bantul Diimbau Hati-hati Kepala Dinas Ketenagakerjaan Sleman: THR Wajib Dibayarkan H-7 Hari Raya Hari Pertama Puasa Kemarin, Layanan Publik Berjalan Lancar Prakiraan Cuaca DIY Rabu 14 April 2020, Waspada Hujan Petir di 3 Wilayah Ini Tersetrum, Warga Prambanan Tewas saat Perbaiki Rumah di Piyungan
Berita Terbaru
Banyak Pasar Takjil Abaikan Prokes, Satgas Covid-19 Ancam Bubarkan Paksa 33 minutes ago
Semua Jalur Masuk DIY Dijaga 24 Jam untuk Halau Pemudik, Bagaimana dengan Pelaju? 1 hour ago
Pembunuh 2 Perempuan Muda di Kulonprogo Terancam Hukuman Mati 1 hour ago
Putus Cinta & Sebar Video Mesum di Facebook, Mahasiswa Asal Sleman Terancam Penjara 1 hour ago
Vaksinasi Selama Ramadan Diprioritaskan untuk Lansia 2 hours ago

Terpopuler

KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul Pasar Klithikan Kulonprogo Batal Digusur
Prawirodirjan Pakai Lele Cendol untuk Tingkatkan Gizi Balita 2 hours ago
6 Kaveling Borobudur Highland Dilirik Investor 3 hours ago
Tawarkan Elang Brontok dan Binturung Via Whatsapp, 2 Pria Diringkus Polisi 3 hours ago
Operasi Pasar Baru Akan Digelar Sepekan Jelang Lebaran 3 hours ago
Jumlah Wisatawan Menurun Drastis saat Ramadan 4 hours ago