Jogjapolitan

Ratusan Pelajar & Mahasiswa di DIY Terima Beasiswa dari BP Jamsostek

Penulis: Sunartono
Tanggal: 22 April 2021 - 20:47 WIB
Penyerahan beasiswa pendidikan oleh BP Jamsostek kepada perwakilan pelajar dan mahasiswa di DIY, Rabu (21/4/2021). - Ist.

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 216 pelajar dan mahasiswa di DIY mendapatkan beasiswa Pendidikan dari BP Jamsostek. Serah terima beasiswa itu dilakukan di Ruang Rapat Sekda DIY, Kompleks Kepatihan, Rabu (21/4/2021) bersamaan dengan secara daring yang digelar oleh Pemerintah Pusat.

Kepala Kantor BP Jamsostek DIY Asri Basir menjelaskan beasiswa pendidikan ini diberikan jika peserta mengalami salah satu dari tiga kondisi. Mulai dari cacat total tetap akibat kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja, peserta meninggal akibat kecelakaan kerja dan peserta meninggal dunia bukan karena kecelakaan kerja namun telah menjadi peserta selama tiga tahun. Syarat penerima beasiswa adalah usia sekolah atau belum sampai 23 tahun.

"Beasiswa ini diberikan kepada maksimal dua orang anak dari peserta dengan rincian beasiswa yang diterima adalah untuk TK dan SD sebesar Rp1,5 juta per tahun, untuk SMP Rp2 juta per tahun, SMA sebesar Rp3 juta per tahun dan untuk perguruan tinggi Rp12 juta per tahun," ujarnya, Kamis (22/4/2021).

Baca juga: Vaksinasi Guru di Sleman Kelar, Sekolah Tatap Muka Tinggal Selangkah Lagi

Asri menambahkan untuk DIY beasiswa yang diberikan sesuai dengan klaim 2020 untuk 216 anak dari pelajar dan mahasiswa. Adapun nilai totalnya Rp913 juta. "Yang diberikan saat ini adalah klaim 2020," katanya.

Kepala Disdikpora DIY Didik Wardaya mengapresiasi adanya program beasiswa pendidikan yang digulirkan oleh BP Jamsostek. Melalui beasiswa tersebut diharapkan membantu para penerima untuk terus bisa melanjutkan pendidikannya. Soal pendataan siswa, ia menyerahkan sepenuhnya kepada BP Jamsostek sesuai kriteria.

“Kami sangat mengapresiasi di berikannya beasiswa pendidikan ini. Karena dapat membantu pagi siswa penerima untuk melanjutkan pendidikan. Kalau soal penerimanya itu pihak BPJS Ketenagakerjaan yang melakukan pendataan sesuai kriteria yang telah ditentukan,” katanya.

Baca juga: Ini Alasan Pemerintah Percepat Larangan Mudik

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menilai beasiswa tersebut sangat membantu program pemerintah dalam memberikan dukungan beasiswa kepada siswa. Pemda DIY sendiri melalui Disdikpora sebenarnya telah memiliki sejumlah program beasiswa untuk meringankan pelajar terutama SMA/SMK.

Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah mengatakan kehadiran Permenaker No,5/2021 sebagai pemutakhiran empat Permen sebelumnya ini sangat dinantikan kehadirannya. program itu sebagai bentuk negara hadir untuk memastikan anak yang kurang beruntung, namun tetap mendapatkan pendidikan. "Permen ini mengatur tentang jaminan sosial ketenagakerjaan," katanya.

Dirut BP Jamsostek Anggoro Eko Cahyo mengatakan proyeksi total penerima manfaat beasiswa secara nasional mencapai 10.451 anak, dengan total nilai yang dikucurkan sebesar Rp115,64 miliar. Selain itu beasiswa naik 1.350%, dari sebelumnya sebesar Rp12 juta untuk satu anak, menjadi maksimal Rp174 juta untuk dua orang anak.

"Kami berharap dengan adanya beasiswa ini dapat mendukung mereka dalam menjalani proses belajar di sekolah dan perguruan tinggi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

902 Calon Mahasiswa Lolos SNBP Untidar, Manajemen Jadi Prodi Favorit
Cegah Bullying, Universitas Korea Kurangi Poin untuk Calon Mahasiswa yang Pernah Terlibat Kekerasan saat Sekolah
Kemendikbudristek Tekankan Guru Penggerak Jadi Pemimpin Pembelajaran
Masa Pendaftaran Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul Diperpanjang

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Naik 10%, Volume Kendaraan Diprediksi sampai 9 Juta di Solo saat Lebaran 2024
  2. Berbagi Kebahagiaan, Tuntas Subagyo Buka Puasa Bersama Anak Yatim di Sukoharjo
  3. Kabar Gembira Persis Solo, Irfan Jauhari Merumput Lagi setelah Absen Semusim
  4. Menang Pilpres, 9 Parpol Koalisi Indonesia Maju di Klaten Bertemu Bahas Pilkada

Berita Terbaru Lainnya

Stok Cabai Melimpah, Harga Cabai di Sleman Anjlok Ancam Petani
Selama Libur Lebaran, Dishub Bantul Bakal Tempatkan Petugas Jaga di Sejumlah Jalur Tengkorak
Daftar Tarif Tol Trans Jawa untuk Mudik Lebaran 2024, Jakarta-Jogja Rp507 Ribu
Jadwal Buka Puasa untuk wilayah Jogja dan Sekitarnya Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024
Cek SPBU Kulonprogo, Polres Pastikan Sanksi Tegas untuk Pom Bensin Curang
Usulan Formasi PPPK-CPNS 2024 Disetujui Pusat, Pemkab Bantul: Kami Tunggu Kepastian Alokasinya
Pertobatan Ekologis dan Persoalan Sampah Jadi Topik Peragaan Jalan Salib di Gereja Ini
Bantuan Keuangan Politik Disalurkan Dua Tahap
Cegah Kecurangan Pengisian BBM, Polres Kulonprogo Cek SPBU
Dibanding 2019, KPU Sleman Klaim Pemilu 2024 Berjalan Lebih Sukses