Jogjapolitan

Keren! Kini Bayar Parkir di Sleman Bisa Non-tunai

Penulis: Abdul Hamied Razak
Tanggal: 10 Mei 2021 - 22:57 WIB
Peluncuran Aplikasi Pembayaran Non-tunai Retribusi Parkir (Parikesit), di Balkondes Tebing Breksi, Prambanan, Senin (10/5/2021)-Harian Jogja - Abdul Hamid Razak

Harianjogja.com, SLEMAN- Pemkab Sleman bekerja sama dengan BPD DIY Cabang Sleman meluncurkan Aplikasi Pembayaran Non Tunai Retribusi Parkir (Parikesit), di Balkondes Tebing Breksi, Prambanan, Senin (10/5/2021).

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengatakan layanan pembayaran retribusi parkir non tunai tersebut sebagai bagian dari upaya Pemkab untuk mewujudkan Sleman Smart Regency. Program tersebut, katanya menjadi salah satu program prioritas yang dicanangkan tahun ini.

"Bagaimanapun, perkembangan zaman dan perilaku masyarakat saat ini menuntut semua pelayanan dan informasi yang cepat dan mudah," katanya di sela-sela peluncuran Parikesit.

Dia berharap, adanya inovasi pembayaran non tunai retribusi parkir ini dapat memudahkan pengelola parkir atau juru parkir dalam melakukan penyetoran hasil retribusi parkir ke Pemkab. "Dengan adanya aplikasi ini, maka pengelolaan retribusi parkir juga akan lebih transparan dan mencegah terjadinya kebocoran," ucapnya.

BACA JUGA: Ibu Hamil Ingin Makan Gorengan? Ini yang Perlu Diperhatikan

Dia menjelaskan program ini merupakan kerja sama yang baik antara Dinas Perhubungan (Dishub) Sleman dan Bank BPD DIY Cabang Sleman dalam melakukan inovasi pembayaran retribusi parkir melalui sistem pembayaran non tunai. Layanan ini bagian upaya untuk mengedukasi masyarakat agar semakin terbiasa dengan kebiasaan baru dalam transaksi e-banking.

”Maka diharapkan ke depan pembayar layanan lainnya juga bisa non tunai, cukup dengan QRIS saja. Terlebih yang datang ke tempat wisata ini rata-rata juga anak muda ya," unjarnya.

Plt. Kepala Dishub Sleman Arip Pramana menyebutkan dengan aplikasi ini para pengelola parkir tidak perlu lagi datang ke kantor Dishub untuk menyetor retribusi. Para pengelola parkir dapat membayar retribusi secara daring melalui aplikasi tersebut.

"Pengelola parkir tinggal menggunakan aplikasi ini tidak perlu repot menyetor ke kantor. Aplikasi ini berlaku di semua lokasi hanya saja launching kami gelar di Tebing Breksi," katanya.

Sementara itu, Pimpinan Bank BPD DIY Cabang Sleman, Efendi Sutopo Yuwono mengatakan program ini sesuai dengan instruksi pemerintah pusat yang menyebutkan pembayaran retribusi dan pajak daerah dilakukan secara elektronifikasi. Menurutnya MoU terkait elektronifikasi antara lintas kemeterian dengan Bank Indonesia telah ditandatangan pada bulan Januari 2020 lalu.

”Kabupaten Sleman pada bulan Maret 2020 mendapatkan penghargaan Digital Award dari Bank Indonesia, karena menjadi kabupaten pertama yang menerapkan digitalisasi elektornifikasi di seluruh Indonesi. Ini prestasi yang luar biasa," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Pemkab Bantul Siapkan Raperda Perparkiran Antisipasi Parkir Nuthuk
Perhatian, Kini Kendaraan Keluar Masuk Bandara YIA Bayar Parkir Wajib Pakai E-Money
Dishub Rutin Gelar Pembinaan, 821 Jukir Dipastikan Kantongi Surat Izin
Setelah Petugas Kebersihan, Kini Giliran Juru Parkir Dapat Sembako dari Pemkot

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Drama Penyaliban Yesus di Gereja St Antonius Purbayan Solo Isi Rangkaian Paskah
  2. Didukung Tol dan Ragam Destinasi, Soloraya Makin Ramai Dikunjungi Wisatawan
  3. 26 Pelaku Prostitusi Ditangkap Polres Klaten saat Operasi Pekat Candi 2024
  4. Menilik Kesuksesan Kaliwedi Sragen Kembangkan Agrowisata hingga Waterboom

Berita Terbaru Lainnya

LKPJ Gubernur DIY 2023, DPRD Beri Catatan soal Penurunan Kemiskinan Belum Capai Target
Kronologi Bocah Hanyut Saat Bermain di Tepian Sungai Oyo
Jelang Lebaran, Pemda DIY Klaim Harga Beras Mulai Turun di Pasaran
Jalan Sleman Rusak Akibat Proyek Tol, Perbaikan Dilimpahkan ke Pengembang
Sultan Sampaikan LKPJ 2023, Realisasi Pendapatan Daerah Capai 99 Persen
Sambut Pemudik dan Wisatawan Libur Lebaran 2024, Begini Persiapan Pemkab Gunungkidul
Info Stok Darah dan Lokasi Donor Darah di DIY Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024
Pilur Serentak 2024 di Bantul Terancam Batal, Ini Alasannya
Dalam Gugatan di MK Kubu AMIN dan Ganjar Permasalahkan TPS di Sleman, Begini Penjelasan KPU
BREAKING NEWS: Bocah 13 Tahun Hanyut di Sungai Oyo