Jogjapolitan

Jogja Siap untuk Bangkit  

Penulis: Media Digital
Tanggal: 22 Juni 2021 - 06:47 WIB
Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi saat hadir dalam acara Pawai Alegoris Harmoni Jogja, di Situs Warungboto, Kelurahan Warungboto, Kemantren Umbulharjo, Rabu (16/6). (ist - Pemkot Jogja)

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pariwisata Kota Jogja menggelar Pawai Alegoris Harmoni Jogja sebagai upaya menjaga geliat sektor pariwisata.  Acara ini secara luring telah digelar pada Rabu (16/6/2021), sedangkan secara daring ditayangkan di Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dan Youtube Pemkot Jogja mulai Senin (21/6/2021).

Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi saat acara luring yang diadakan di Situs Warungboto, Kelurahan Warungboto, Kemantren Umbulharjo mengatakan di masa pandemi Covid-19, semua orang terus berupaya untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada dengan bergerak bersama-sama, dimulai dari diri sendiri keluarga dan lingkungan.  

“Pandemi tidak bisa didiamkan saja, kita harus bergerak bersama-sama untuk mengatasinya,”ujarnya.

Ia menyebut Pawai Alegoris Harmoni Jogja menjadi salah satu upaya untuk membangkitkan seni dan budaya di Kota Jogja. “Pawai ini adalah bagian dari penanda bahwa kita [Kota Jogja] siap untuk bangkit, yang dibarengi dengan protokol kesehatan, karena kesiapan kita ini juga akan membawa pengaruh dengan meningkatnya wisatawan ke Kota Jogja,” katanya. 

Peningkatan wisatawan menurut Heroe juta turut menjaga pertumbuhan ekonomi Jogja. “Wisata di Kota Jogja yang indah, menyenangkan ngangenin seperti sebelumnya yang selalu dirindukan oleh banyak orang,” katanya seperti dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Senin.

Selain pawai, Heroe menambahkan, wisatawan juga bisa menikmati inovasi sepeda di lima jalur wisata serta wisata kesehatan. “Semoga Allah SWT memberikan kekuatan dan kemampuan  kepada kita semua agar bisa menyelesaikan persoalan pandemi seperti sekarang ini,” katanya.

Ia menambahkan, setelah pawai terlaksana, warga Jogja harus tetap semangat meningkatkan inovasi sebagai media menggali, melestarikan, dan mengembangkan nilai-nilai budaya yang hidup, tumbuh dan berkembang. “Khususnya di Kota Jogja di bagian selatan,” kata Heroe.

Para penampil yang terlibat dalam acara itu adalah Bregada Surosupat,  Kampung Wisata Rejowinangun, Asbaja, Yodya Manggala, Gambiran Team Work, Kampung Wisata Gedong Kiwo, Kampung Wisata Cokrodiningratan, Kampung Wisata Warungboto, Kampung Wisata Pandeyan, Sanggar Anggrek, Kampung Wisata Sayidan, Giri Tamtama, Kampung Wisata Dewobronto, Sanggar Bancak, Teras Seni Hasfi Asmaralaya, Sanggar Kinanti Sekar, Sanggar Laras Wening, Sanggar Gierka, Geamime, Kampung Wisata Tahunan, Yayasan Pamulangan Beksan Sasminta Mardawa, Obor Fire Dance, Kharisma Dance, Manggala Cakra, Pulung Dance Studio dan Anterdans.

Acara ini juga dimeriahkan penampilan dari Sanggar Gierka, dan penyerahan keris secara simbolis dari penari kepada Wakil Wali Kota Jogja. Sebelumnya pada saat seremoni pembukaan Pawai Alegoris Harmoni Jogja,  keris tersebut diberikan dari Wali Kota kepada para penari.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Pola Baru Kunjungan Wisatawan Selama Libur Lebaran 2024, Pusat Kuliner dan Oleh-oleh Ramai
Wisata DIY Lesu, Ini Saran Asita untuk Perbaikan Sektor Pariwisata
Wisata DIY Lesu, Pengamat: Tol Belum Rampung, Daya Beli Juga Turun
Jadwal KRL Jogja Solo Minggu 31 Maret 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Pebasket Prawira Harum Brandone Francis Masuk IBL All Star Lagi
  2. Lebaran Telah Usai, Jalan Jenderal Sudirman Ambarawa Masih Satu Arah
  3. Kapan Pendaftaran CPNS Dibuka? Cek Jadwal & Syaratnya
  4. Heboh Video Mesum Diduga di Ruangan Pegawai Lapas, Ini Kata Kemenkumham Jateng

Berita Terbaru Lainnya

Terus Jajaki Sejumlah Parpol jelang Pilkada 2024, Heroe Poerwadi Sebut Kantongi Nama Wakil
Digelontor Danais Rp2,57 Miliar, 4 Kalurahan di Menoreh Ini Bakal Bangun Instalasi Air Bersih
Penyu Lekang Mulai Bertelur di Gua Cemara, Persentase Penetasan Telurnya Cukup Tinggi
Namanya Muncul sebagai Calon Peserta Pilkada Gunungkidul, Begini Kata Bendahara DPW Nasdem DIY
Duh, Desentralisasi Sampah DIY Mundur Lagi Menjadi Mei 2024
Tidak Berizin, Satpol PP Jogja Menyegel Empat Reklame Papan Nama Toko
Perekrutan Badan Ad Hoc Pilkada DIY Dibuka Pekan Depan, Netralitas Jadi Tantangan
Pencegahan Kecelakaan Laut di Pantai Selatan, BPBD DIY: Dilarang Mandi di Laut
Karang Taruna di Bantul Diajak Mencegah Praktik Politik Uang dalam Pilkada 2024
Siap-siap Lur, Pemkab Kulonprogo Buka 90 Formasi CPNS dan PPPK untuk 205 Posisi, Berikut Rinciannya