HomeJogjapolitan

Percepat Vaksinasi, DIY Targetkan 70% Warga Divaksinasi pada September

Oleh:Ujang Hasanudin
26 Juli 2021 - 15:37 WIB

Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY terus berupaya menggenjot capaian vaksinasi Covid-19 dengan menggandeng sejumlah pihak untuk mencapai kekebalan komunal atau herd immunity. Per hari ditargetkan sebanyak 14.000 warga terpaksin sehingga September mendatang diharapkan minimal 70% warga DIY sudah disuntik vaksin sampai dosis kedua.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan total sasaran vaksinasi di DIY sebanyak 2,8 juta orang. “Per 22 Juli 2021 yang sudah divaksinasi untuk dosis pertama sebanyak 1.047.779 orang 36,4%. Lalu untuk dosis kedua sudah 409.996 orang atau 14,2%,” kata Baskara Aji, Senin (26/7/2021).

Baskara Aji mengatakan angka tersebut termasuk remaja yang berusia 12-18 tahun. Pemda menargetkan capaian vaksinasi pada September mendatang sudah mencapai 70% dari totalsasaran.

Berbagai upaya percepatan vaksinasi duah dilakukan dengan menggandeng berbagai pihak, seperti perusahaan swasta, pemerintah kabupaten dan kota, serta TNI-Polri.

Baskara Aji berujar awalnya target vaksinasi bisa mencapai 20.000 orang dalam sehari, namun karena keterbatasan sumber daya manusia (SDM) atau vaksinator, sehari hanya ditargetkan maksimal 14.000 orang.

“Pada Juli beberapa waktu lalu sampai 47.611 orang dalam sehari divaksinasi, tetapi sekarang ini berat karena sedang PPKM level 4. Enggak boleh ada kerumunan,” ucap Baskara Aji.

Dia tidak ingin proses vaksinasi menimbulkan kerumunan baru yang berpotensi menjadi klaster penularan Covid-19.

Percepatan vaksinasi juga tergantung ketersediaan vaksin dari Pemerintah Pusat. Saat ini ketersediaan vaksin Covid-19 di Pemda DIY sebanyak 14.300 vial. Setiap vial dikalikan 10 dosis. Kemudian di TNI juga ada jatah 5.700 vial.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY ini berharap kiriman vaksinasi dari Kementerian Kesehatan lancar sehingga vaksinasi bisa mencapai target sasaran di September mendatang.

Baskara Aji juga mengingatkan bagi perusahaan swasta yang menggelar vaksinasi massal tidak memungut biaya dari sasran vaksinasi.

Tag: Vaksinasi Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
InaHEA: Vaksin Tak Berlabel Halal Dibilang Haram, Giliran Rokok Disikat 1 year ago
Bukan Indonesia, Vaksin Malaria Pertama di Dunia Akan Mulai Digunakan di Kenya 2 years ago
Jogja Siapkan 4.500 Vaksin Rabies Secara Gratis, Pemilik Hewan Piaraan Diimbau Mendaftar 2 years ago
Pemkot Kembali Buka Vaksinasi Satwa Gratis, Segera Daftarkan Hewan Peliharaan Anda 2 years ago
BPOM Klaim Indonesia Negara Islam yang Unggul Mengembangkan Teknologi Vaksin 2 years ago

Berita Pilihan

Unisa Jogja Tingkatkan Pengetahuan Motivator Kekep Ibu Covid-19 DIY Bertambah 100 Kasus, Terbanyak di Bantul Baru Dua Objek Wisata di Kulonprogo Kantongi Sertifikat CHSE Enam Regu Tim Gabungan Diterjunkan Mencari Selamiyo di Gunung Merapi Awal Musim Hujan, BPBD Kota Jogja Pastikan Kondisi Talut Optimal
Berita Terbaru
Belum Ada Evaluasi Mendasar Pembelajaran Tatap Muka di Jogja 2 hours ago
PeduliLindungi Akan Dipasang di Kantor Pemerintah di DIY 2 hours ago
Hari Pertama Dibuka, Objek Wisata Pinus Pengger Masih Sepi 2 hours ago
Begini Perkembangan IPL Tol Jogja-YIA 3 hours ago
Okupansi The Manohara Hotel Yogyakarta Membaik 3 hours ago

Terpopuler

Hadiri Jagongan Kalurahan, Kanjeng Yudanegara Diskusi dengan Warga Girikerto Turi KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul
Unisa Jogja Tingkatkan Pengetahuan Motivator Kekep Ibu 3 hours ago
4 Siswa Positif Corona, Pembalajaran Tatap Muka di SDN Panggang 1 Gunungkidul Dihentikan 3 hours ago
Covid-19 DIY Bertambah 100 Kasus, Terbanyak di Bantul 4 hours ago
Baru Dua Objek Wisata di Kulonprogo Kantongi Sertifikat CHSE 5 hours ago
Enam Regu Tim Gabungan Diterjunkan Mencari Selamiyo di Gunung Merapi 5 hours ago