HomeJogjapolitan

Polres Kulonprogo Akan Jemput Pasien Covid yang Isoman

Oleh:Hafit Yudi Suprobo
26 Juli 2021 - 17:37 WIB

Ilustrasi - Antara/Oky Lukmansyah

Harianjogja.com, KULONPROGO—Polres Kulonprogo bakal menjemput warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah karena Covid-19. Pasien Covid kemudian akan ditempatkan di tempat isolasi terpusat, yakni di Rusun Giripeni.

"Kalau perlu upaya paksa kami lakukan. Kami data siapa saja yang menjalani isolasi mandiri di rumah dengan pengawasan yang kurang maksimal. Langsung kami pindahkan ke tempat isolasi terpusat di sini (Rusun Giripeni)," kata Kapolres Kulonprogo AKBP Tartono AKBP Tartono, Senin (26/7/2021).

BACA JUGA: Percepat Vaksinasi, DIY Targetkan 70% Warga Divaksinasi pada September

Warga yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah menjadi fokus dari jajaran Polres Kulonprogo. Terlebih, tidak sedikit warga yang menjalani isolasi mandiri tanpa ada supervisi dari tenaga kesehatan.

"Masyarakat di DIY masih banyak yang melakukan isolasi mandiri. Pengawasan saat isolasi mandiri ini fungsi pengawasannya kurang begitu optimal. Penurunan kasus terpapar Covid-19 juga sedikit ya," kata Tartono.

Pemerintah Kabupaten Kulonprogo menjadikan Rusun Giripeni sebagai selter isolasi mandiri pasien Covid-19 yang mempunyai gejala ringan hingga sedang. Namun, jadwal operasionalnya belum ditentukan.

Bupati Kulonprogo Sutedjo mengatakan Rusun Giripeni menjadi tempat isolasi terpusat karena bangunan yang sudah siap menampung pasien positif Covid-19.

"Kemudian, ditambah soal kapasitasnya yang memadai untuk ditempati oleh pasien positif Covid-19 saat menjalani isolasi mandiri. Kami sudah siapkan sejumlah selter di rumah sakit, tapi itu untuk nakes," kata Sutedjo.

Rusun Giripeni akan disupervisi langsung oleh sejumlah nakes yang ditempatkan di rusun yang dibangun sekitar tahun 2018 tersebut. Tidak hanya nakes, kebutuhan logistik juga akan disuplai oleh Dinas Sosial Kabupaten Kulonprogo.

 

 

Tag: Virus Corona Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait

Berita Pilihan

Unisa Jogja Tingkatkan Pengetahuan Motivator Kekep Ibu Covid-19 DIY Bertambah 100 Kasus, Terbanyak di Bantul Baru Dua Objek Wisata di Kulonprogo Kantongi Sertifikat CHSE Enam Regu Tim Gabungan Diterjunkan Mencari Selamiyo di Gunung Merapi Awal Musim Hujan, BPBD Kota Jogja Pastikan Kondisi Talut Optimal
Berita Terbaru
Belum Ada Evaluasi Mendasar Pembelajaran Tatap Muka di Jogja 2 hours ago
PeduliLindungi Akan Dipasang di Kantor Pemerintah di DIY 3 hours ago
Hari Pertama Dibuka, Objek Wisata Pinus Pengger Masih Sepi 3 hours ago
Begini Perkembangan IPL Tol Jogja-YIA 3 hours ago
Okupansi The Manohara Hotel Yogyakarta Membaik 3 hours ago

Terpopuler

Hadiri Jagongan Kalurahan, Kanjeng Yudanegara Diskusi dengan Warga Girikerto Turi KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul
Unisa Jogja Tingkatkan Pengetahuan Motivator Kekep Ibu 4 hours ago
4 Siswa Positif Corona, Pembalajaran Tatap Muka di SDN Panggang 1 Gunungkidul Dihentikan 4 hours ago
Covid-19 DIY Bertambah 100 Kasus, Terbanyak di Bantul 4 hours ago
Baru Dua Objek Wisata di Kulonprogo Kantongi Sertifikat CHSE 5 hours ago
Enam Regu Tim Gabungan Diterjunkan Mencari Selamiyo di Gunung Merapi 5 hours ago