Jogjapolitan

DPMPT Kulonprogo Bantu Warga Terdampak PPKM

Penulis: Yudhi Kusdiyanto
Tanggal: 26 Juli 2021 - 19:17 WIB
Kepala DPMPT Kulonprogo, Agung Kurniawan saat menyerahkan bantuan kepada warga terdampak PPKM darurat, Senin (26/7/2021). - Istimewa

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sejak diberlakukannya PPKM Darurat, Mal Pelayanan Publik (MPP) yang dikelola oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Kulonprogo terpaksa membatasi layanan tatap muka dan mengalihkan layanan menjadi online. Dalam kondisi normal, pengunjung di MPP per hari bisa mencapai 1.000 orang. Selama pandemi, pengunjung hanya sekitar 150 orang per hari.

Kondisi ini berdampak pada merosotnya pendapatan petugas parkir, pegawai fotokopi hingga pengelola kantin di sekitar MPP. Melihat kondisi ini, seluruh karyawan MPP Kulonprogo melalui dana sosial membeli aneka sembako dan suplemen susu untuk diberikan kepada petugas parkir, pegawai foto kopi dan pengelola kantin yang terdampak.

Kepala DPMPT Kulonprogo, Agung Kurniawan penyerahan bantuan delapan paket sembako dan suplemen susu dilaksanakan seusai apel pagi, Senin (26/7/2021). Kegiatan itu merupakan kontribusi DPMPT untuk meringankan beban warga terdampak PPKM Darurat.

Agung menegaskan pandemi Covid-19 menjadi momen yang tepat untuk menggugah kepedulian sosial sekaligus berbagi kepada sesama yang membutuhkan uluran tangan. “Saat PPKM Darurat ini mobilitas atau kegiatan masyarakat dibatasi sehingga untuk mencari rezeki ada kesulitan. Oleh karena itu kami menyalurkan bantuan dengan harapan bisa membantu warga terdampak dalam memenuhi kebutuhan,” katanya.

Selama PPKM Darurat, hanya ada empat stan di MPP yang membuka layanan langsung yaitu Samsat untuk perpanjangan tahunan STNK, PDAM, Bank BPD DIY dan Bank Pasar Kulonprogo. MPP membuka layanan terbatas untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kepada masyarakat.

Meski banyak layanan yang sudah berbasis online, namun masih ada warga yang membutuhkan layanan tatap muka, sehingga kami tetap membuka layanan tatap muka dengan protokol kesehatan sangat ketat,” kata Agung.

Salah satu penerima bantuan, Johan, berterima kasih kepada seluruh jajaran DPMPT Kulonprogo yang telah memberikan bantuan kepadanya. "Bantuan sembako dan susu ini sangat membantu keluarga saya," kata warga Sendangsari, Kapanewon Pengasih, yang sehari-hari bekerja di kios fotokopi di kompleks MPP Kulonprogo, Senin. Menurutnya, selama ini dia dan rekan-rekannya menggantungkan perekonomian dari MPP, sehingga saat layanan tatap muka dibatasi, dia dan rekan-rekannya sangat terdampak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Turki Kirim 45 Ribu Ton Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina
Perwakilan Indonesia Pelajari Program Makan Siang Gratis di India
350 Anak Yatim dan Duafa di Gunungkidul Dapat Bantuan Sosial
DPW Iaspro DIY Salurkan Bantuan untuk Anak Panti Asuhan

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Diduga Tersetrum, Petani Sukodono Sragen Meninggal di Ladang
  2. Roundup Dugaan Pembunuhan di Sukoharjo, dari Bekas Luka Hingga Motor Terjual
  3. Sejarah Kebaya yang Identik dalam Perayaan Hari Kartini
  4. Ketapang

Berita Terbaru Lainnya

Viral Balon Udara Tiba-tiba Mendarat di Runway Bandara YIA
Pemkab Sleman Sosialisasikan Program Kampung Hijau
Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 3 hours ago
Jadwal Pemadaman Listrik Sabtu 20 April 2024: Giliran Sleman dan Kota Jogja, Cek Lokasinya!
Prediksi Cuaca Jogja dan Sekitarnya Sabtu 20 April 2024: Hujan Ringan!
Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu
Jadwal Kereta Bandara YIA Sabtu 20 April 2024, Harga Tiket Rp20 Ribu
YIA Catat Rekor Tertinggi 19.600 Penumpang dengan 125 Pergerakan Pesawat dalam Sehari
Jadwal KRL Solo-Jogja, Berangkat dari Palur Sabtu 20 April 2024
Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan