HomeJogjapolitan

Level PPKM Turun, Masyarakat Diminta Tetap Disiplin Prokes

Oleh:Hafit Yudi Suprobo
08 September 2021 - 09:27 WIB

Bupati Kulonprogo, Sutedjo. - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Harianjogja.com, WATES--Pemerintah Kabupaten Kulonprogo mengimbau masyarakat agar tidak lengah seiring dengan turunnya level PPKM di wilayah DIY dari sebelumnya level empat kini menjadi level tiga. Penurunan level PPKM menjadi level tiga diminta untuk tetap dibarengi dengan kedisiplinan menjalankan protokol Covid-19.

Bupati Kulonprogo Sutedjo mengatakan masyarakat di wilayah Bumi Binangun diimbau tidak menurunkan kedisiplinan dalam menjalankan protokol pencegahan penularan Covid-19 baik saat berada di rumah, lingkungan kerja, maupun kegiatan masyarakat.

"Masyarakat jangan lengah dan kami minta untuk tetap mematuhi protokol pencegahan penularan Covid-19. Kami tidak berharap ada penambahan kasus tinggi lagi di wilayah kabupaten Kulonprogo. Kami berharap masyarakat tetap memakai masker dan cuci tangan," ujar Sutedjo pada Selasa (7/9/2021).

Selain kedisiplinan dalam menjalankan protokol pencegahan penularan Covid-19, masyarakat juga terus didorong untun mendaftarkan diri baik melalui kalurahan maupun kapanewon untuk bisa mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 yang terus digencarkan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo.

"Upaya vaksinasi Covid-19 diharapkan mampu menciptakan kekebalan terhadap Covid-19. Herd immunity (kekebalan kelompok) juga harapannya segera tercipta di kabupaten Kulonprogo. Terlebih, protokol pencegahan penularan Covid-19 senantiasa dijaga," kata Sutedjo.

"Pemerintah Kabupaten Kulonprogo terus memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya untuk senantiasa taat pada aturan 5M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas," sambung Sutedjo.

Merujuk pada data dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo pada Senin (6/9/2021),  total kasus positif Covid-19 di kabupaten Kulonprogo menjadi 20.500.

"Kasus kematian akibat Covid-19 di kabupaten Kulonprogo mencapai 417. Total pasien positif Covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri di kabupaten Kulonprogo mencapai 544," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo Baning Rahayujati pada Senin (6/9/2021).

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo mencatat kasus positif Covid-19 harian di kabupaten Kulonprogo sejak dua minggu terakhir berada di bawah 100 kasus. Meskipun, angka kasus positif Covid-19 masih fluktuatif. Namun, berada di bawah angka 100.

"Keterisian bangsal RS penanganan Covid-19 di kabupaten Kulonprogo mencapai 26,28 persen dari kapasitas tempat tidur sebanyak 121 unit. Sedangkan, keterisian antrean atau IGD mencapai 28,47 persen," ujar Baning.

"Penurunan itu tidak lepas dari upaya Pemkab Kulonpogo dalam menekan jumlah kematian pasien ketika isoman. Dengan menambah BOR di RS bagi pasien bergejala berat dan mendirikan tempat isolasi terpusat (isoter) di Rusunawa Giripeni untuk pasien bergejala ringan ke sedang," sambung Baning.

Tag: Corona Jogja Editor: Sunartono

Artikel Terkait
Data 5 Januari 2022: Covid-19 DIY Masih Landai, Hanya Tambah 2 Kasus Sehari 2 weeks ago
Pemerintah Klaim Omicron Belum Terdeteksi di DIY 3 weeks ago
Perlu Diketahui, Gejala Covid Omicron Lebih Cepat Muncul Dibandingkan Varian Lain 3 weeks ago
Data 22 Desember 2021: Covid-19 di DIY Landai, Hanya Tambah 3 Kasus Sehari 1 month ago

Berita Pilihan

Ini Penyebab Klithih Menurut Sosiolog UGM Cukai Naik, Rokok Murah Jadi Pilihan Volume Sampah di Pantai Selatan Bantul Diprediksi Naik 15 Persen Disinfektan Udara Buatan Dosen UMY Ini Bisa Hemat Investasi Faskes hingga Ratusan Juta  Sudah 79 Tahun, Mbah Wahidi Masih Kuat Menjual Burger Keliling Sleman
Berita Terbaru
Setahun Terjadi 1.309 Kasus Kekerasan dalam Pacaran 6 hours ago
PKL Malioboro Pindah 26 Januari, Ini Respons Pedagang 9 hours ago
Update Covid-19 DIY 24 Januari 2022: Kasus Positif Tambah 12 9 hours ago
Harga Tanah Sudah Mahal, Penerima Ganti Rugi Tol Jogja Bawen Kesulitan Cari Tanah Pengganti 10 hours ago
Terima Ganti Rugi Rp2,4 Miliar dari Tol Jogja Bawen, Pensiunan Guru Bertekad Kembalikan Tanah Menjadi Tanah 10 hours ago

Terpopuler

Hadiri Jagongan Kalurahan, Kanjeng Yudanegara Diskusi dengan Warga Girikerto Turi KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul
Wisata Seni dan Budaya Bakal Hadir di Kampung Cokrodirjan Jogja 10 hours ago
Sekolah di Kota Jogja Mulai PTM 100 Persen, Ini Teknisnya 10 hours ago
Sultan Jogja Tegaskan PTM Tetap Jalan Meski Puncak Omicron Datang Akhir Februari 11 hours ago
Harga Rumah Subsidi Jogja Jadi Tantangan, Gunungkidul Paling Realistis 11 hours ago
Sultan Jogja: Tidak Usah Membesar-besarkan Omicron 11 hours ago