HomeJogjapolitan

Tak Hanya Jago Urusan Kebakaran, Damkar Kota Jogja Juga Super Hero dalam Melepas Cincin

Oleh:Bernadheta Dian Saraswati
15 Oktober 2021 - 14:07 WIB

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Jogja memadamkan kebakaran. - HODinas Kebakaran Kota Jogja

Harianjogja.com, JOGJA-Masih ada yang menganggap tugas pegawai Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) hanya berkutat pada persoalan kebakaran. Entah itu memadamkan kebakaran rumah pribadi, kantor, gudang, sampah maupun ruang publik. 

Namun nyatanya petugas damkar juga siap pasang badan melayani masalah non kebakaran. Mereka berada di balik kisah penyelamatan yang terkadang sulit dilakukan orang-orang pada umumnya. 

Seperti yang dilakukan Damkar Kota Jogja belum lama ini. Seorang perempuan yang kesulitan melepaskan cincin dari jarinya, akhirnya beres di tangan petugas. Dengan keahlian yang dimiliki, petugas dengan cekatan melepaskan cincin itu hanya dengan bantuan benang. Tak lebih dari 10 menit, cincin yang sudah sesak di jari perempuan itu bisa terlepas. 

Video penyelamatan itu diunggah di akun Instagram Damkar Kota Jogja @damkarjogjaistimewa. "Rabu (13/10/21) Anggota #DamkarJogja berhasil mengevakuasi cincin di salah satu jari Seorang ibu-ibu bernama Ika. Evakuasi dilakukan anggota dari Mako Induk dengan waktu +- 10 menit. "Damkar Sahabat Masyarakat"," tulis @damkarjogjaistimewa. 

Tidak hanya melepaskan cincin, Damkar Kota Jogja juga pernah melayani evakuasi ular di dalam mesin cuci, evakuasi sarang tawon vespa di salah satu atap rumah warga, evakuasi kucing yang terjebak di plafon rumah, dan masih banyak lagi. 

Dalam postingan di Twitternya @damkarjogja113 pada hari ini,  Jumat (15/10/2021), petugas juga menunjukkan foto saat proses penyelamatan hewan yang tercebur ke sumur. Terlihat seorang petugas memanjat bambu dari dalam sumur. Ia menggendong binatang yang sudah berhasil ia selamatkan untuk kembali ke atas. 

"Apapun yang bernyawa, pantas mendapat pertolongan," tulis Damkar Kota Jogja dalam captionnya. 

Meski menuliskan slogan "Apapun yang bernyawa, pantas mendapat pertolongan", Damkar pada kenyataannya juga melayani penyelamatan benda mati, contohnya flashdisk. "Flashdisk yang isinya file skripsi terjatuh ke selokan jalan juga pernah kita tolong. Kita bantu ambil," tutur Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jogja, Octo Noor Arafat kepada Harianjogja.com, Jumat. 

Ia mengatakan, saat ini Damkar Kota Jogja sudah menjadi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan. Tugas dari penyelamatan sangat bervariasi. "Termasuk mengevakuasi laka lantas yang mengakibatkan kendaraan yang jatuh ke parit, terbalik, maupun evakuasi korban di dalamnya, sekarang sudah menjadi tugas untuk damkar. Selain itu, pernah juga kami mengevakuasi orang yang terjebak di dalam rumah karena kunci rumah korban rusak dan korban tidak bisa keluar dari rumah," jelas Octo. 

Octo mengatakan, damkar siap melayani masyarakat yang membutuhkan pertolongan. Masyarakat dapat menghubungi call center (0274) 587101, 542885, 2922848 atau nomor ponsel di 08112828113. Bisa juga mengirimkan email dengan alamat dpkp@jogjakota.go.id atau mendatangi kantor damkar di Jl.kenari no.56 kompleks Balai Kota Jogja. 

Sumber: Instagram, Twitter Tag: Bantuan bencana Editor: Bernadheta Dian Saraswati

Artikel Terkait
PMI DIY Kirim 100 Rompi untuk Bantu Relawan di Jakarta 1 year ago
5 Warga Magelang Terima Bantuan Masing-Masing Rp17,5 Juta dari BUMD 1 year ago
Warga Malaysia Ternyata Juga Ikut Membantu Korban Gempa di Palu 2 years ago
Sangkal Terima Triliunan, Pemkot Palu Beberkan Bantuan Luar Negeri untuk Bencana Hanya Segini ... 2 years ago
Kapolri dan Ketum Bhayangkari Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir Konawe 2 years ago

Berita Pilihan

Foto-foto Gagahnya Gunung Merapi pada Minggu Sore, Warganet: Mahaguru Menyapa DeJubah Hadirkan Gamis Pria dengan Kualitas Premium Vaksinasi Covid-19 Door to Door, BIN Kulonprogo Fasilitasi Warga di Perbukitan Harga Minyak Goreng di Gunungkidul Masih Tinggi Ketar-Ketir Desa wisata Sambut PPKM Level 3
Berita Terbaru
Ribut di Kaliurang, 4 Pemuda di Sleman Keroyok Korban dengan Pisua Lipat 1 hour ago
Waktu Sudah Mepet, Pemasukan Wisata di Gunungkidul Masih Kurang Rp2 Miliar 1 hour ago
Penularan Covid-19 di 4 SMA/SMK Sleman Dianggap Selesai 1 hour ago
Ini Langkah Cepat BRI Sikapi Kasus Skimming di Jogja 2 hours ago
Libur Akhir Tahun, Semua Bus Masuk Jogja Tetap Diperiksa di Terminal Giwangan 2 hours ago

Terpopuler

Hadiri Jagongan Kalurahan, Kanjeng Yudanegara Diskusi dengan Warga Girikerto Turi KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul
DamoGO Bantu Memecahkan Masalah Limbah Pangan 2 hours ago
Vaksinasi Booster Dosis Ketiga Sudah Terlaksana di Sleman 3 hours ago
Update 30 November 2021: Covid-19 DIY Tambah 20, Terbanyak Bantul 4 hours ago
Vaksin Booster di Bantul Mulai Sasar Sukarelawan 4 hours ago
Tersangka Pembunuhan Perempuan di Jakal Ternyata Anak-Anak, Korban Diperkosa Sebelum Tewas 5 hours ago