HomeJogjapolitan

Wira Desa UPN Veteran Yogyakarta Memberdayakan Warga Girirejo, Imogiri

Oleh:Yudhi Kusdiyanto
15 Oktober 2021 - 23:57 WIB

Acara sosialisasi pengembangan produk dan keamanan pangan di Kalurahan Girirejo, Kapanewon Imogiri, Bantul. - Istimewa

Harianjogja.com, BANTUL—Tim Wira Desa UPN Veteran Yogyakarta (UPNVY) menggelar sosialisasi pengembangan produk dan keamanan pangan di Kalurahan Girirejo, Kapanewon Imogiri, Bantul. Kegiatan ini mengusung tema Semangat Wirausaha di Desa Girirejo, Imogiri.

Sebelum acara digelar, pada Senin (13/9/2021) Tim Wira Desa UPNVY yang beranggotakan Ahmad Nur Rohim dan Ardya Rahmawati Laras Septi, keduanya mahasiswa Agroteknologi 2018; Alfian Nur Rahman, mahasiswa Agribisnis 2018; Dewi Anggraeni Sekarwati, mahasiswi Agroteknologi 2019; Khairul Asrori, mahasiswa Teknik Kimia 2018; dan Shaffira Ayuning B, mahasiswi Manajemen 2019, dengan pembimbing Oliver Samuel lebih dulu melakukan sosialisasi umum dan pemberian materi psikologi ekonomi.

Dalam acara sosialisasi, salah satu materi disampaikan oleh Dwi Martuti Rahayu, owner Won.dis Cokelat, sementara, Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi dan UMKM Bantul, Agus Sulistyana menyampaikan materi mengenai wirausaha kreatif dan produktif di era digital.

Beberapa materi yang disampaikan di antaranya langkah sederhana berwirausaha, memanfaatkan teknologi dalam berwirausaha, strategi pemasaran, strategi pemasaran minim anggaran, bauran pemasaran dan tata cara permohonan izin legalitas usaha. “Bagi seorang pemula yang ingin berwirausaha dapat mulai melakukan langkah sederhana berwirausaha dengan menentukan visi dan misi, melakukan analisis, menetapkan strategi, mengelola seluruh sumber daya yang dimiliki dengan baik, dan melakukan perencanaan dengan matang,” kata Agus, seperti dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Jumat (15/10/2021).

Menurut Agus, selain itu, yang tak kalah penting yakni menata seluruh unsur manajemen dengan rapi, mengarahkan sumber daya untuk produktif, melakukan pengawasan dengan ketat, sekaligus reward and punishment. “Jangan lupa, di era seperti sekarang ini, kita harus pandai memanfaatkan teknologi yang sudah ada untuk berwirausaha,” kata Agus.

Acara dihadiri oleh perwakilan dari UMKM ceriping pisang, wedhang uwuh, bakso tusuk dan keris. Dalam kegiatan sosialisasi, diserahkan peralatan produksi dari UPNVY yang diwakili oleh Oliver Samuel Simanjutak.

Tag: pendidikan Editor: Yudhi Kusdiyanto

Artikel Terkait
Kampus UNY Dibangun di Semanu, Warga Pacarejo Tak Ingin Jadi Penonton 1 year ago
Penghapusan Ujian Nasional Dinilai Tingkatkan Kepercayaan bagi Sekolah 1 year ago
Mulai Tahun Ini, Ujian Sekolah Berstandar Nasional Ditiadakan 1 year ago
Nadiem Makarim Minta Maaf soal Sistem Pendidikan di Indonesia 1 year ago
Siswa SMP Dikeluarkan karena Beri Ucapan Selamat Ultah kepada Teman, Ini Pembelaan Sekolah 1 year ago

Berita Pilihan

Kasus DBD di Kota Jogja Turun dari Tahun Sebelumnya Rayakan HUT ke-2, Aveta Hotel Malioboro Rayakan Berbagai Kegiatan Bersama Masyarakat BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta Kembali Perluas Kerja Sama FKRTL Foto-foto Gagahnya Gunung Merapi pada Minggu Sore, Warganet: Mahaguru Menyapa DeJubah Hadirkan Gamis Pria dengan Kualitas Premium
Berita Terbaru
KPK Terus Usut Dugaan Korupsi Pembangunan Mandala Krida 28 minutes ago
Pakai Jersey Hijau, Warga Purwomartani Dikeroyok Kelompok Suporter di Gondokusuman 58 minutes ago
Kasus DBD di Kota Jogja Turun dari Tahun Sebelumnya 1 hour ago
PAN Sleman Gelar LKAD dan Pelatihan Management Saksi Pemilu 1 hour ago
Libur Akhir Semester Ganjil 2021 Ditiadakan 2 hours ago

Terpopuler

Hadiri Jagongan Kalurahan, Kanjeng Yudanegara Diskusi dengan Warga Girikerto Turi KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul
Status Tanah Sekolah Bermasalah, DPRD Minta Disdikpora Mendata Jumlah Pasti 4 hours ago
Rayakan HUT ke-2, Aveta Hotel Malioboro Rayakan Berbagai Kegiatan Bersama Masyarakat 4 hours ago
BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta Kembali Perluas Kerja Sama FKRTL 5 hours ago
17 Kalurahan Disasar Penanaman Pohon untuk Pengembangan Wisata Menoreh 5 hours ago
Diterjang Lahar Hujan, Jaringan Air Bersih di Kali Boyong Putus 8 hours ago