HomeJogjapolitan

Persiapan Pembukaan Wisata di Gunungkidul, Bus Pariwisata Bakal Diperiksa di Sejumlah Lokasi

Oleh:David Kurniawan
15 Oktober 2021 - 16:37 WIB

Arus lalu lintas menuju kawasan Pantai Baron, Selasa (25/12/2018). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Pemkab Gunungkidul belum bisa memastikan kapan uji coba pembukaan detinasi wisata. Meski demikian, upaya persiapan untuk menyambut pembukaan terus dilakukan.

Salah satunya menyiapkan lokasi untuk pemeriksaan awal bagi bus-bus pariwisata yang akan masuk ke destinasi wisata di Bumi Handayani. Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan, pemeriksaan awal bus pariwisata dilakukan untuk mengurangi potensi antrean di Tempat Pemungutan Retribusi.

Adapun upaya yang dilakukan dengan menyiapkan tiga lokasi di luar destinasi untuk pemeriksaan. Ketiga tempat yang disiapkan berada di Terminal Semin, Terminal Selang dan Rest Area Bunder.

“Jadi kami lakukan antisipasi agar tidak terjadi kemacetan di TPR, maka bus pariwisata diimbau untuk melakukan scrining awal di kawasan tertentu yang telah disediakan,” kata Hary kepada wartawan, Jumat (15/10/2021).

Dia menjelaskan, di lokasi pemeriksaan awal ini, penumpang bus pariwisata bisa melakukan scan QR Code aplikasi PeduliLindungi di tiga kawasan tersebut. Setelah proses ini selesai, bus akan diberi tanda diperbolehkan masuk kawasan wisata pantai dan tinggal membayar tiket masuk.

BACA JUGA: Simak! Cara Aman Agar Terhindar dari Kejahatan Digital

“Jadi tinggal bayar saja karena pengecekan persyaratan untuk masuk wisata sudah dilakukan di lokasi pemeriksaan awal,” katanya.

Selain itu, sambung dia, hasil koordinasi dengan dinas perhubungan, akses bagi bus pariwisata akan dibuat satu jalur. “Jalurnya nanti bisa melalui TPR Baron atau Jalur Jalan Lintas Selatan,” katanya.

Hary menambahkan, untuk kesiapan dari sisi pengelola wisata, dinas pariwisata juga telah memberikan sejumlah pelatihan. “Upaya pendampingan dan pelatihan kepada pelaku wisata terus dilakukan agar semakin berkembang,” ungkapnya.

Pemkab Gunungkidul sendiri mengajukan 9 kawasan wisata untuk uji coba terbatas. Adapun destinasi wisatanya adalah Kawasan Pantai Baron sampai Seruni (ada 6 pantai), Gua Pindul, Kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran, Kawasan Pantai Wediombo (3 Kawasan Pantai), Kalisuci Cavetubing, Bejiharjo Edupark, Gunung Gentong, Gunung Ireng, dan Telaga Jonge. “Untuk pengajuan sudah dikirimkan pada 8 Oktober 2021 lalu,” kata Hary.

Sebelumnya, Bupati Gunungkidul secara khusus meminta kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno agar destinasi wisata di Bumi Handayani bisa segera dibuka. Menurut dia, berbagai persiapan sudah dilakukan, salah satunya melengkapi persyaratan berupa sertifikasi CHSE dan QR code untuk aplikasi Lindungi Peduli.

“Kami berharap bisa segera dibuka karena pembukaan juga menjadi salah satu bagian dari upaya pemulihan ekonomi,” katanya.

Tag: Pariwisata Gunungkidul Editor: Bhekti Suryani

Artikel Terkait
Target PAD Meleset, Tingkat Kunjungan Wisata Gunungkidul Meningkat 1 year ago
Peringati HUT-ke39, Puluhan Anggota Satpam Reresik Pantai Ngrawe 1 year ago
2019, PAD Sektor Pariwisata Gunungkidul Tak Penuhi Target 1 year ago
Siung dan Baron Dinilai Paling Rawan, Personel Tim SAR Ditambah 1 year ago
Pengendara Motor Matik Diimbau Tidak Naik ke Embung Batara Sriten 1 year ago

Berita Pilihan

Informasi Stok Darah di PMI DIY 7 Desember 2021 Perbaikan Empat Titik Longsor di Bantul Habiskan Setengah Miliar Kalurahan Antikorupsi di Bantul: Tekan Rasuah dengan Perkuat Partisipasi Publik Kasus DBD di Kota Jogja Turun dari Tahun Sebelumnya Rayakan HUT ke-2, Aveta Hotel Malioboro Rayakan Berbagai Kegiatan Bersama Masyarakat
Berita Terbaru
Erupsi Semeru, Bantul Kirimkan Relawan dan Sembako ke Lumajang 42 minutes ago
Rencana Penataan Kawasan Stadion Kridosono dan Stasiun Tugu Ditunda 1 hour ago
Tingkat Kemiskinan 2021 di Kulonprogo Diharapkan Turun 1 hour ago
Informasi Stok Darah di PMI DIY 7 Desember 2021 1 hour ago
Jelang PPKM Level 3, Dishub Gunungkidul Mulai Lakukan Hal Ini.. 2 hours ago

Terpopuler

Hadiri Jagongan Kalurahan, Kanjeng Yudanegara Diskusi dengan Warga Girikerto Turi KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul
Perbaikan Empat Titik Longsor di Bantul Habiskan Setengah Miliar 2 hours ago
Hari Ini, PMI DIY Kirim Bantuan untuk Masyarakat Terdampak Erupsi Semeru 2 hours ago
Jelang Nataru, Bantul Siapkan Operasi Pasar 4 hours ago
Transformasi Informasi Lewat Srawung Kariyo Bakul 5 hours ago
Gunungkidul Dorong Pengembangan 18 Desa Wisata 5 hours ago