HomeJogjapolitan

HUT Ke-70 Kulonprogo Jadi Momentum Pengendalian Covid-19

Oleh:Hafit Yudi Suprobo
15 Oktober 2021 - 20:57 WIB

Rapat Paripurna DPRD Kulonprogo dalam rangka HUT ke-70 Kabupaten Kulonprogo, Jumat (15/10/2021). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Harianjogja.com, KULONPROGO—Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Kabupaten Kulonprogo harus menjadi momentum bagi Gugus Tugas Penanganan Covid-19 untuk mengawasi kegiatan masyarakat yang berpotensi memunculkan klaster penularan Covid-19 seperti yang terjadi di beberapa wilayah di DIY.

Bupati Kulonprogo, Sutedjo mengimbau masyarakat di Bumi Binangun untuk tidak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan penularan Covid-19 di segala kegiatan, baik di lingkup keluarga maupun masyarakat di dalam sebuah komunitas.

BACA JUGA: Persiapan Pembukaan Wisata di Gunungkidul, Bus Pariwisata Bakal Diperiksa di Sejumlah Lokasi

"Jadi, jangan abai dan merasa kalau saat ini sudah aman. Ancaman Covid-19 ini masih ada. Kami tidak ingin masyarakat abai. Kami tidak ingin klaster persebaran Covid-19 muncul di Kulonprogo," kata Sutedjo saat mengikuti Rapat Paripurna DPRD Kulonprogo dalam rangka HUT ke-70 Kabupaten Kulonprogo, Jumat (15/10/2021).

Selain pengawasan, upaya antisipasi yang dilakukan Gugus Tugas yakni percepatan vaksinasi Covid-19. Merujuk data vaksinasi Covid-19 dari Gugus Tugas pada Kamis (14/10/2021), capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama di Bumi Binangun sudah mencapai 77,8% sekitar 266.705 orang. "Untuk dosis kedua mencapai 53,4 persen atau 182.908 orang. Sedangkan dosis ketiga mencapai 2.995 orang atau sekitar 0,87 persen. Jumlah ini termasuk kategori tinggi. Namun, Pemkab tidak berhenti melakukan upaya percepatan vaksinasi Covid-19," kata Sutedjo.

Menurut Sutedjo, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo masih fokus menggelar vaksinasi Covid-19 dosis kedua. Saat ini, vaksinasi massal difokuskan untuk masyarakat yang belum menerima dosis kedua. "Untuk vaksinasi dosis pertama tetap dilayani. Harapannya, dosis pertama bisa segera menembus 100 persen. Untuk sasaran saat ini sampai ke level padukuhan," katanya.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Fajar Gegana mengatakan  jajarannya terus memantau kegiatan masyarakat, terutama untuk mengantisipasi terjadinya klaster penularan Covid-19, termasuk di sekolah yang diberikan izin untuk menggelar pembelajaran tatap muka (PTM).

"Ketika terjadi penularan Covid-19 di lingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah, siswa yang keluarganya yang terpapar tidak boleh masuk. Ini antisipasi yang kami lakukan. Kami juga selalu mendampingi dan memantau siswa apakah dalam keadaan sakit atau sehat," kata Fajar.

 

Tag: Virus Corona, kulonprogo Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
Masyarakat Sudah Jual Lahan tetapi Belum Ada Pabrik Pasir Besi, Pemkab Kulonprogo Sentil PT Jogja Magasa Iron 1 year ago
Diterjang Banjir Kiriman, Truk Molen Terjebak di Sungai Progo 2 years ago
Kulonprogo Proyeksikan Pendapatan Rp1,76 Triliun di APBD 2020 2 years ago
APBD 2020 Kulonprogo Disahkan 29 November 2019 2 years ago
Pendaftaran Calon Wakil Bupati Kulonprogo Dibuka 2 years ago

Berita Pilihan

Informasi Stok Darah di PMI DIY 7 Desember 2021 Perbaikan Empat Titik Longsor di Bantul Habiskan Setengah Miliar Kalurahan Antikorupsi di Bantul: Tekan Rasuah dengan Perkuat Partisipasi Publik Kasus DBD di Kota Jogja Turun dari Tahun Sebelumnya Rayakan HUT ke-2, Aveta Hotel Malioboro Rayakan Berbagai Kegiatan Bersama Masyarakat
Berita Terbaru
Erupsi Semeru, Bantul Kirimkan Relawan dan Sembako ke Lumajang 20 minutes ago
Rencana Penataan Kawasan Stadion Kridosono dan Stasiun Tugu Ditunda 50 minutes ago
Tingkat Kemiskinan 2021 di Kulonprogo Diharapkan Turun 1 hour ago
Informasi Stok Darah di PMI DIY 7 Desember 2021 1 hour ago
Jelang PPKM Level 3, Dishub Gunungkidul Mulai Lakukan Hal Ini.. 1 hour ago

Terpopuler

Hadiri Jagongan Kalurahan, Kanjeng Yudanegara Diskusi dengan Warga Girikerto Turi KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul
Perbaikan Empat Titik Longsor di Bantul Habiskan Setengah Miliar 2 hours ago
Hari Ini, PMI DIY Kirim Bantuan untuk Masyarakat Terdampak Erupsi Semeru 2 hours ago
Jelang Nataru, Bantul Siapkan Operasi Pasar 3 hours ago
Transformasi Informasi Lewat Srawung Kariyo Bakul 4 hours ago
Gunungkidul Dorong Pengembangan 18 Desa Wisata 4 hours ago