HomeJogjapolitan

Nol Kematian Akibat Covid-19 di Bantul Sudah Sering Terjadi, Masyarakat Tetap Harus Waspada

Oleh:Catur Dwi Janati
16 Oktober 2021 - 06:57 WIB

Ilustrasi. - Freepik

Harianjogja.com, BANTUL--Angka kematian akibat Covid-19 di Kabupaten Bantul terus merosot. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul mencatat, angka zero kematian lebih sering muncul dalam sepekan ketimbang kasus kematian.

Kepala Pelaksana BPBD Bantul, Dwi Daryanto menyebutkan angka kematian di Bantul memang tengah berangsur menurun saat ini. Beberapa pekan terakhir, Dwi malah mencatat zero kematian bisa terjadi tiga sampai empat hari dalam sepakan bahkan terkadang bisa lebih.

"Zero kematian pernah terjadi. Sekarang banyak zeronya, kematiannya sudah sangat jauh berkurang. Sepekan bisa tiga sampai empat hari zero, bisa lebih kadang-kadang. Kadang-kadang sepekan zero kematian, pernah terjadi seperti itu," terangnya pada Jumat (15/10/2021).

Kondisi ini jauh berbanding terbalik pada periode Juli kemarin. Pada waktu itu, dalam sehari di Bantul bisa 20 orang meninggal karena Covid-19. Kini kematian akibat Covid-19 hanya muncul sesekali dalam sepekan. "Kematiannya sudah sangat hauh berkurang, kemarin hanya dua. Hari ini nanti ada satu terinformasi di Pendowoharjo," ujarnya.

BACA JUGA: Mahasiswa Korban Smackdown Polisi Dikabarkan Memburuk

Meski telah menurun, Dwi menjelaskan tim rukti jenazah dan pemakaman jenazah tetap bersiap bila sewaktu-waktu dibutuhkan. "Tetap siaga kapan pun diperlukan," tambahnya.

Menurut catatan Dwi hampir seluruh kalurahan telah memiliki tim pemakaman jenazah. "Tetapi kalau tim rukti paling baru separuhnya, karena beda rukti sama pemakaman," ungkapnya.

Di tengah turunnya kasus kematian Covid-19 Dwi mengingatkan masyarakat untuk tetap menegakkan protokol kesehatan. "Masyarakat tidak abai, tidak lalai tetap mengedepankan protokol kesehatan. Karena ini menjadi sebuah kebiasaan, menjadi sebuah budaya yang harus kita patuhi," tandasnya.

Tag: Corona Jogja Editor: Bhekti Suryani

Artikel Terkait

Berita Pilihan

Foto-foto Gagahnya Gunung Merapi pada Minggu Sore, Warganet: Mahaguru Menyapa DeJubah Hadirkan Gamis Pria dengan Kualitas Premium Vaksinasi Covid-19 Door to Door, BIN Kulonprogo Fasilitasi Warga di Perbukitan Harga Minyak Goreng di Gunungkidul Masih Tinggi Ketar-Ketir Desa wisata Sambut PPKM Level 3
Berita Terbaru
Ribut di Kaliurang, 4 Pemuda di Sleman Keroyok Korban dengan Pisua Lipat 1 hour ago
Waktu Sudah Mepet, Pemasukan Wisata di Gunungkidul Masih Kurang Rp2 Miliar 1 hour ago
Penularan Covid-19 di 4 SMA/SMK Sleman Dianggap Selesai 1 hour ago
Ini Langkah Cepat BRI Sikapi Kasus Skimming di Jogja 2 hours ago
Libur Akhir Tahun, Semua Bus Masuk Jogja Tetap Diperiksa di Terminal Giwangan 2 hours ago

Terpopuler

Hadiri Jagongan Kalurahan, Kanjeng Yudanegara Diskusi dengan Warga Girikerto Turi KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul
DamoGO Bantu Memecahkan Masalah Limbah Pangan 2 hours ago
Vaksinasi Booster Dosis Ketiga Sudah Terlaksana di Sleman 3 hours ago
Update 30 November 2021: Covid-19 DIY Tambah 20, Terbanyak Bantul 4 hours ago
Vaksin Booster di Bantul Mulai Sasar Sukarelawan 4 hours ago
Tersangka Pembunuhan Perempuan di Jakal Ternyata Anak-Anak, Korban Diperkosa Sebelum Tewas 5 hours ago