HomeJogjapolitan

Membangkitkan Sastra di Kalangan Anak Muda Lewat Kompetisi

Oleh:Sunartono
19 Oktober 2021 - 07:57 WIB

Kegiatan rangkaian kegiatan Kompetisi Bahasa dan Sastra di Kota Jogja. - Ist.

Harianjogja.com, JOGJA--Kalangan pemuda menjadi salah satu objek pembinaan sastra Jawa agar tetap lestari. Melalui kompetisi menyasar anak muda diharapkan menjadi salah satu kebangkitan sastra. Dinas Kebudayaan DIY menggelar Kompetisi Bahasa dan Sastra 2021 secara berjenjang dari kabupaten dan kota seluruh DIY.

“Tujuan kegiatan itu untuk membangkitkan sastra di kalangan generasi muda. Sesuai dengan fungsinya, salah satunya adalah pembinaan bahasa dan sastra, Dinas Kebudayaan DIY berupaya membina generasi milenial untuk memiliki potensi literasi di bidang sastra Indonesia,” kata Kepala Seksi Bahasa dan Sastra Dinas Kebudayaan DIY Setya Amrih Prasaja, Senin (18/10/2021).

Selain itu, lanjutnya, untuk memberikan ruang pembinaan bahasa, sastra kalangan generasi muda. Kompetisi ini berlangsung 18-25 Oktober 2021 yang terbagi jenjang usia pelajar SD, SMP, SMA dan umum. Peserta yang berkompetisi di Dinas Kebudayaan DIY merupakan hasil tiga besar dari masing-masing cabang lomba yang telah dilaksanakan Dinas Kebudayaan kabupaten/kota.

“Target pelaksanaan kompetisi ini untuk menumbuhkan memberikan ruang ekspresi secara luas kepada generasi muda di DIY untuk berkompetisi dalam berbagai mata lomba yang telah disediakan. Di antaranya, lomba sesorah, lomba macapat, lomba maca cerkak, lomba maca geguritan, lomba pranatacara, lomba alih aksara Jawa dan stand up comedy berbahasa Jawa,” ujarnya.

Kegiatan Pembinaan Bahasa, Sastra dan aksara Jawa di DIY akan menjadi salah satu titik perhatian, di mana Festival Sastra 2021 satu rangkaian dengan kegiatan itu. Berbeda dengan perhelatan serupa di 2019 silam yang lebih luas, pada 2021 ini kegiatan Festival Sastra lebih menyasar generasi muda usia SMA.

“Proses regenerasi sastra harus terus berlangsung, salah satunya melalui kegiatan Festival Sastra ini. Apalagi DIY menjadi salah satu barometer perkembangan bahasa, sastra dan aksara Jawa. Banyak ahli bahasa, sastrawan serta pegiat aksara Jawa di DIY,” katanya.

Kegiatan tahun ini lebih ditekankan pada kemampuan peserta di bidang penulisan dan pementasan. Melalui workshop kepenulisan, peserta terpilih dibimbing menuangkan ide gagasannya menjadi tiga bentuk genre sastra yaitu puisi, cerpen, dan naskah lakon pendek.

“Selain workshop menulis, ada pula pementasan dengan pemain sebagian besar anak-anak. Cerita yang diangkat diambil dari salah satu karya sayembara penulisan dongeng,” ujarnya.

Tag: karya sastra, pendidikan, Kebudayaan Editor: Sunartono

Artikel Terkait
Kampus UNY Dibangun di Semanu, Warga Pacarejo Tak Ingin Jadi Penonton 1 year ago
Penghapusan Ujian Nasional Dinilai Tingkatkan Kepercayaan bagi Sekolah 1 year ago
Mulai Tahun Ini, Ujian Sekolah Berstandar Nasional Ditiadakan 1 year ago
Nadiem Makarim Minta Maaf soal Sistem Pendidikan di Indonesia 1 year ago
OPINI: Kampung Budaya Ruh Keistimewaan Jogja 1 year ago

Berita Pilihan

Foto-foto Gagahnya Gunung Merapi pada Minggu Sore, Warganet: Mahaguru Menyapa DeJubah Hadirkan Gamis Pria dengan Kualitas Premium Vaksinasi Covid-19 Door to Door, BIN Kulonprogo Fasilitasi Warga di Perbukitan Harga Minyak Goreng di Gunungkidul Masih Tinggi Ketar-Ketir Desa wisata Sambut PPKM Level 3
Berita Terbaru
Ribut di Kaliurang, 4 Pemuda di Sleman Keroyok Korban dengan Pisua Lipat 2 hours ago
Waktu Sudah Mepet, Pemasukan Wisata di Gunungkidul Masih Kurang Rp2 Miliar 2 hours ago
Penularan Covid-19 di 4 SMA/SMK Sleman Dianggap Selesai 2 hours ago
Ini Langkah Cepat BRI Sikapi Kasus Skimming di Jogja 3 hours ago
Libur Akhir Tahun, Semua Bus Masuk Jogja Tetap Diperiksa di Terminal Giwangan 3 hours ago

Terpopuler

Hadiri Jagongan Kalurahan, Kanjeng Yudanegara Diskusi dengan Warga Girikerto Turi KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul
DamoGO Bantu Memecahkan Masalah Limbah Pangan 3 hours ago
Vaksinasi Booster Dosis Ketiga Sudah Terlaksana di Sleman 4 hours ago
Update 30 November 2021: Covid-19 DIY Tambah 20, Terbanyak Bantul 5 hours ago
Vaksin Booster di Bantul Mulai Sasar Sukarelawan 5 hours ago
Tersangka Pembunuhan Perempuan di Jakal Ternyata Anak-Anak, Korban Diperkosa Sebelum Tewas 6 hours ago