HomeJogjapolitan

Sekitar 140 Bus Wisata Mencoba Masuk Jogja pada Akhir Pekan

Oleh:Sirojul Khafid
19 Oktober 2021 - 12:27 WIB

Suasana di Jalan Malioboro, Kota Jogja, Minggu (5/9/2021). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Harianjogja.com, JOGJA–Sekitar 140 bus pariwisata mencoba masuk kawasan Jogja pada akhir pekan lalu. Menurut Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, bus-bus pariwisata ini parkir di beberapa ruas jalan yang berada di daerah perbatasan antara Kota Jogja dengan kabupaten di sekitarnya. Sementara wisatawan masuk ke Kota Jogja menggunakan taksi online.

Salah satu tujuan wisatawan yaitu kawasan Malioboro. Dalam beberapa akhir pekan sebelumnya, kawasan Malioboro hingga Titik Nol Kilometer terpantau cukup padat oleh wisatawan. "Ada juga [bus] yang masuk ke tempat oleh-oleh yang memiliki parkir luas. Tetapi jumlahnya tidak banyak," kata Heroe, Senin (19/10/2021).

Melihat pengalaman ini, Pemerintah Kota Jogja berencana melakukan simulasi one gate system. Hal ini utamanya untuk mengatur arus masuk bus pariwisata sebagai antisipasi banyaknya bus yang mencoba masuk ke Jogja, khususnya saat akhir pekan. Padahal saat ini destinasi wisata belum sepenuhnya dibuka.

"Karena kondisinya sudah seperti ini, banyak bus pariwisata yang mencoba masuk ke Jogja, maka mau tidak mau kami harus mulai bicara mengenai implementasi one gate system," kata Heroe. "Seluruh bus pariwisata wajib masuk ke Terminal Giwangan untuk melakukan pemeriksaan dan memastikan seluruh wisatawan sudah divaksin."

Baca juga: PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Sampai 1 November, Wisata Air Bisa Dibuka

Bus pariwisata kemudian didistribusikan ke beberapa tempat khusus parkir (TKP) yang ada di Kota Jogja. Sehingga jumlah bus dan wisatawan yang masuk dapat dikendalikan dan ada pembatasan. Setelah melalui beberapa pembahasan, kini konsep one gate system sudah matang dan siap diimplementasikan.

"Saat diterapkan, maka TKP yang sampai saat ini masih tutup, akan kembali dioperasionalkan untuk menerima bus pariwisata," kata Heroe yang juga Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jogja.

Untuk saat ini, sejumlah TKP di seputar Kawasan Malioboro seperti TKP Abu Bakar Ali, Senopati, dan Ngabean masih tutup. Dengan adanya pengaturan ini, Heroe berharap upaya pengendalian penambahan kasus Covid-19 bisa lebih maksimal.

Tag: wisata Editor: Bernadheta Dian Saraswati

Artikel Terkait
6 Tips Solo Traveling, Salah Satunya Boleh Bohong 1 year ago
Dari Bandara Sampai Pelabuhan untuk Pariwisata Super Premium Labuan Bajo 1 year ago
Besok Rabu 22 Januari 2020, Pendakian Gunung Sindoro Dibuka Kembali 1 year ago
Patung Gajah Bercorak Zebra di Objek Wisata Jurug Diprotes 1 year ago
Wisatawan di Bromo Tengger Semeru Tak Sebanyak Sebelumnya, Mengapa? 1 year ago

Berita Pilihan

Foto-foto Gagahnya Gunung Merapi pada Minggu Sore, Warganet: Mahaguru Menyapa DeJubah Hadirkan Gamis Pria dengan Kualitas Premium Vaksinasi Covid-19 Door to Door, BIN Kulonprogo Fasilitasi Warga di Perbukitan Harga Minyak Goreng di Gunungkidul Masih Tinggi Ketar-Ketir Desa wisata Sambut PPKM Level 3
Berita Terbaru
Ribut di Kaliurang, 4 Pemuda di Sleman Keroyok Korban dengan Pisua Lipat 2 hours ago
Waktu Sudah Mepet, Pemasukan Wisata di Gunungkidul Masih Kurang Rp2 Miliar 2 hours ago
Penularan Covid-19 di 4 SMA/SMK Sleman Dianggap Selesai 2 hours ago
Ini Langkah Cepat BRI Sikapi Kasus Skimming di Jogja 3 hours ago
Libur Akhir Tahun, Semua Bus Masuk Jogja Tetap Diperiksa di Terminal Giwangan 3 hours ago

Terpopuler

Hadiri Jagongan Kalurahan, Kanjeng Yudanegara Diskusi dengan Warga Girikerto Turi KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul
DamoGO Bantu Memecahkan Masalah Limbah Pangan 3 hours ago
Vaksinasi Booster Dosis Ketiga Sudah Terlaksana di Sleman 4 hours ago
Update 30 November 2021: Covid-19 DIY Tambah 20, Terbanyak Bantul 5 hours ago
Vaksin Booster di Bantul Mulai Sasar Sukarelawan 5 hours ago
Tersangka Pembunuhan Perempuan di Jakal Ternyata Anak-Anak, Korban Diperkosa Sebelum Tewas 6 hours ago