HomeJogjapolitan

Vaksinasi Covid-19 Door to Door, BIN Kulonprogo Fasilitasi Warga di Perbukitan

Oleh:Hafit Yudi Suprobo
26 November 2021 - 05:27 WIB

Sebanyak 400 warga di kalurahan Tuksono, kapanewon Sentolo, Kulonprogo, menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 secara door to door yang dilaksanakan oleh Badan Intelijen Negara Kulonprogo pada Kamis (25/11/2021). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Harianjogja.com, KULONPROGO-Sebanyak 400 warga di kalurahan Tuksono, kapanewon Sentolo, Kulonprogo, menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 secara door to door yang dilaksanakan oleh Badan Intelijen Negara Kulonprogo pada Kamis (25/11/2021).

Koordinator Vaksinasi door to door BIN Kulonprogo, Wuri Atmaja, mengatakan vaksinasi Covid-19 secara door to door yang dilaksanakan oleh jawatannya untuk memfasilitasi sejumlah warga khususnya lansia dan penyandang disabilitas dalam mendapatkan vaksinasi Covid-19.

"Vaksinasi Covid-19 yang dilakukan oleh BIN juga untuk mendorong terciptanya Herd Immunity atau kekebalan kelompok di wilayah Kulonprogo. Upaya ini juga merupakan tindak lanjut dari arahan Sri Sultan HB X untuk mempercepat percepatan pencapaian vaksinasi Covid-19 di wilayah DIY," kata Wuri saat dikonfirmasi pada Kamis (25/11/2021).

Vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan oleh BIN Kulonprogo dengan menggunakan merek vaksin Sinovac tersebut sebagai upaya untuk memfasilitasi warga yang berada di wilayah pedesaan maupun perbukitan. Sehingga warga kesulitan dalam mengakses vaksinasi Covid-19.

"Akhirnya, kami jemput bola dengan melakukan vaksinasi Covid-19. Berdasarkan catatan kami, ada sejumlah lansia yang tidak bisa mendapatkan vaksinasi Covid-19 dikarenakan tensi tinggi dan riwayat penyakit yang tidak memungkinkan untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19," ungkap Wuri.

Dikatakan Wuri, untuk menarik minat masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19, sejumlah hadiah atau door prize disiapkan oleh BIN Kulonprogo. Hadiah tersebut disiapkan bagi warga yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19. Pembagiannya dengan cara diundi.

"Masyarakat yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 diharapkan tetap menjaga protokol pencegahan penularan Covid-19. Serta menghindari kegiatan yang berpotensi menimbulkan paparan Covid-19. Terlebih, sebentar lagi akan ada libur Nataru. Jadi, masyarakat harus waspada," terang Wuri.

Raptowiyono Mugiyo, 70, warga kalurahan Wonobroto, kapanewon Sentolo, mengatakan vaksinasi Covid-19 yang didapatkannya berasal dari informasi dukuh setempat. Mugiyo mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis pertama.

"Saya tidak merasakan apa-apa. Tahu-tahu sudah disuntik saja. Untuk dosis kedua, nanti akan diberitahukan oleh pak dukuh. Vaksinasi Covid-19 oleh BIN membantu kami yang rumahnya notabene jauh-jauh dan di wilayah perbukitan," ungkap Mugiyo. 

Tag: Vaksinasi Editor: Bernadheta Dian Saraswati

Artikel Terkait
Vaksin Covid-19 Rutin Setahun Sekali Lebih Efektif daripada Booster 1 day ago
Peneliti Uji Coba Vaksinasi Covid-19 lewat Hidung Bukan Suntikan 2 days ago
Dua Ormas di Bantul Diterjunkan Pemerintah untuk Vaksinasi Covid-19 3 days ago
Viral Siswa SD Disuntik Vaksin Kosong, Menkes: Berdosa 4 days ago
Viral Siswa SD Disuntik Vaksin Kosong 4 days ago

Berita Pilihan

Ini Penyebab Klithih Menurut Sosiolog UGM Cukai Naik, Rokok Murah Jadi Pilihan Volume Sampah di Pantai Selatan Bantul Diprediksi Naik 15 Persen Disinfektan Udara Buatan Dosen UMY Ini Bisa Hemat Investasi Faskes hingga Ratusan Juta  Sudah 79 Tahun, Mbah Wahidi Masih Kuat Menjual Burger Keliling Sleman
Berita Terbaru
Tol Jogja Dapat Jatah Dana Lahan Terbesar dari Pemerintah Tahun Ini 4 minutes ago
Update: Naik Lagi, Positif Covid-19 DIY Tambah 26, 1 Orang Meninggal Dunia   35 minutes ago
Pembangunan Tol Jogja-Bawen Libatkan Pekerja Lokal, Ini yang Dibutuhkan 44 minutes ago
Keren! Begini Penampakan Lapak PKL Malioboro di Eks Bioskop Indra 1 hour ago
Pemkot Jogja Terima Rp796 Juta dari Lelang Kendaraan 1 hour ago

Terpopuler

Hadiri Jagongan Kalurahan, Kanjeng Yudanegara Diskusi dengan Warga Girikerto Turi KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul
Penasaran dengan Kebakaran, 2 Pemotor Tabrakan dengan Mobil Pemadam 1 hour ago
Setelah Menunggu 18 Tahun, Keinginan Sultan Memindah PKL Malioboro Terwujud 2 hours ago
Pabrik Wig Kulonprogo Terbakar, Pemadaman Terhalang Jalan & Stok Air 2 hours ago
Tukang Parkir Nuthuk Bus Wisata Rp350.000 Didenda Rp2 Juta 3 hours ago
Partai Ummat DIY Tegaskan Perekrutan Caleg Tanpa Mahar 3 hours ago