Jogjapolitan

Vaksinasi Covid-19 Door to Door, BIN Kulonprogo Fasilitasi Warga di Perbukitan

Penulis: Hafit Yudi Suprobo
Tanggal: 26 November 2021 - 05:27 WIB
Sebanyak 400 warga di kalurahan Tuksono, kapanewon Sentolo, Kulonprogo, menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 secara door to door yang dilaksanakan oleh Badan Intelijen Negara Kulonprogo pada Kamis (25/11/2021). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Harianjogja.com, KULONPROGO-Sebanyak 400 warga di kalurahan Tuksono, kapanewon Sentolo, Kulonprogo, menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 secara door to door yang dilaksanakan oleh Badan Intelijen Negara Kulonprogo pada Kamis (25/11/2021).

Koordinator Vaksinasi door to door BIN Kulonprogo, Wuri Atmaja, mengatakan vaksinasi Covid-19 secara door to door yang dilaksanakan oleh jawatannya untuk memfasilitasi sejumlah warga khususnya lansia dan penyandang disabilitas dalam mendapatkan vaksinasi Covid-19.

"Vaksinasi Covid-19 yang dilakukan oleh BIN juga untuk mendorong terciptanya Herd Immunity atau kekebalan kelompok di wilayah Kulonprogo. Upaya ini juga merupakan tindak lanjut dari arahan Sri Sultan HB X untuk mempercepat percepatan pencapaian vaksinasi Covid-19 di wilayah DIY," kata Wuri saat dikonfirmasi pada Kamis (25/11/2021).

Vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan oleh BIN Kulonprogo dengan menggunakan merek vaksin Sinovac tersebut sebagai upaya untuk memfasilitasi warga yang berada di wilayah pedesaan maupun perbukitan. Sehingga warga kesulitan dalam mengakses vaksinasi Covid-19.

"Akhirnya, kami jemput bola dengan melakukan vaksinasi Covid-19. Berdasarkan catatan kami, ada sejumlah lansia yang tidak bisa mendapatkan vaksinasi Covid-19 dikarenakan tensi tinggi dan riwayat penyakit yang tidak memungkinkan untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19," ungkap Wuri.

Dikatakan Wuri, untuk menarik minat masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19, sejumlah hadiah atau door prize disiapkan oleh BIN Kulonprogo. Hadiah tersebut disiapkan bagi warga yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19. Pembagiannya dengan cara diundi.

"Masyarakat yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 diharapkan tetap menjaga protokol pencegahan penularan Covid-19. Serta menghindari kegiatan yang berpotensi menimbulkan paparan Covid-19. Terlebih, sebentar lagi akan ada libur Nataru. Jadi, masyarakat harus waspada," terang Wuri.

Raptowiyono Mugiyo, 70, warga kalurahan Wonobroto, kapanewon Sentolo, mengatakan vaksinasi Covid-19 yang didapatkannya berasal dari informasi dukuh setempat. Mugiyo mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis pertama.

"Saya tidak merasakan apa-apa. Tahu-tahu sudah disuntik saja. Untuk dosis kedua, nanti akan diberitahukan oleh pak dukuh. Vaksinasi Covid-19 oleh BIN membantu kami yang rumahnya notabene jauh-jauh dan di wilayah perbukitan," ungkap Mugiyo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Imunisasi Serentak IBI DIY untuk Memperluas Cakupan
Ribuan Anak di Tamanmartani Sleman Dijadwalkan Vaksinasi Booster Difteri
Ada Kasus Antraks, Ribuan Dosis Vaksin di BB Vet Wates Justru Tak Terpakai sampai Kedaluwarsa
Ratusan Ternak di Gayamharjo Sleman Mulai Divaksin Antraks

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Merasa Dirugikan, Vendor Penyedia Snack Pelantikan KPPS Gugat KPU Sleman di PN
  2. Gong Yoo dan Song Hye Kyo bakal Bintangi Drama Baru
  3. Meresahkan! Mafia Tanah di Semarang Ditangkap Korbannya saat Sedang Rekreasi
  4. Kudus Sukun Badak Hadapi Jakarta STIN BIN, Ini Jadwal Lengkap Proliga Besok

Berita Terbaru Lainnya

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi
Pendaftaran Kandidat Pilkada lewat Golkar Kulonprogo Tutup, Ada 6 Balon Bupati dan 6 Balon Wakil
AHY Pasang Target LavAni Pertahankan Gelar Juara di Proliga 2024
Calon Perseorangan Pilkada DIY 2024 Harus Mengantongi Ini
Bawaslu Bantul Awasi Pembentukan PPK Pilkada
PPP Incar Posisi Calon Wakil Wali Kota Jogja
Mengalami Era Baru Koneksi Internet dengan Izzi Life dari Life Media
Menangkan PDIP di Pilkada, Ganjar Pranowo Siap Keliling Indonesia Tanpa Diminta
Digugat Vendor Snack Pelantikan KPPS yang Sempat Viral, Ini Tanggapan KPU Sleman
Penanggulangan Kemiskinan Optimalkan Kader Khusus, Pendampingan Warga Miskin Makin Intensif