HomeJogjapolitan

Waktu Sudah Mepet, Pemasukan Wisata di Gunungkidul Masih Kurang Rp2 Miliar

Oleh:David Kurniawan
30 November 2021 - 19:57 WIB

Pengunjung sedang bermain di kawasan Pantai Kukup, Kalurahan Kemadang, Tanjungsari, Jumat (14/5/2021). - Harian Jogja - David Kurniawan

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Dinas Pariwisata Gunungkidul harus bekerja ekstra keras demi memenuhi target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi tiket masuk kawasan wisata. Pasalnya, dalam waktu satu bulan harus menutupi kekurangan sekitar Rp2 miliar agar target bisa terpenuhi.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan total kunjungan hingga akhir Oktober ini sebanyak 1,3 juta orang. Total PAD yang diperoleh dari retribusi tiket masuk mencapai Rp9,9 miliar.

Meski demikian, ia mengakui capaian itu belum memenuhi target PAD yang dibebankan pemkab di 2021 sebesar Rp12 miliar. Ini berarti masih ada kekurangan hingga Rp2 miliar lebih yang harus dipenuhi di sisa hari di akhir tahun.

BACA JUGA: Tersangka Pembunuhan Perempuan di Jakal Ternyata Anak-Anak, Korban Diperkosa Sebelum Tewas

“Masih belum memenuhi target, tapi kami berusaha mencapainya hingga tahun berakhir,” kata Hary, Selasa (30/11/2021).

Selain waktu mepet tugas dinas pariwisata menjadi semakin berat karena kebijakan dari Pemerintah Pusat. Rencananya, mulai 24 Desember hingga 2 Januari 2022 akan diberlakukan PPKM level tiga.

Hary pun berharap cuaca dapat mendukung sehingga kunjungan tetap stabil agar bisa memenuhi target yang telah dibebankan. “Mohon doanya,” ungkap mantan Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata ini.

Dikatakannya pandemi Covid-19 berpengaruh terhadap tingkat kunjungan. Terlebih lagi, diterapkannya PPKM darurat di awal Juli lalu, menyebabkan seluruh destinasi wisata di Gunungkidul tutup dan baru mulai dibuka pada 20 Oktober lalu.

“Makanya saat pembahasan APBD Perubahan ada revisi target. Awalnya, PAD wisata ditarget sebesar Rp18 miliar kemudian diubah menjadi Rp12 miliar,” katanya lagi.

Tag: Pendapatan Asli Daerah Editor: Bhekti Suryani

Artikel Terkait
Bank Bantul Janji Setor Kas Daerah Rp3 Miliar 3 weeks ago

Berita Pilihan

Ini Penyebab Klithih Menurut Sosiolog UGM Cukai Naik, Rokok Murah Jadi Pilihan Volume Sampah di Pantai Selatan Bantul Diprediksi Naik 15 Persen Disinfektan Udara Buatan Dosen UMY Ini Bisa Hemat Investasi Faskes hingga Ratusan Juta  Sudah 79 Tahun, Mbah Wahidi Masih Kuat Menjual Burger Keliling Sleman
Berita Terbaru
Update: Naik Lagi, Positif Covid-19 DIY Tambah 26, 1 Orang Meninggal Dunia   29 minutes ago
Pembangunan Tol Jogja-Bawen Libatkan Pekerja Lokal, Ini yang Dibutuhkan 38 minutes ago
Keren! Begini Penampakan Lapak PKL Malioboro di Eks Bioskop Indra 1 hour ago
Pemkot Jogja Terima Rp796 Juta dari Lelang Kendaraan 1 hour ago
Penasaran dengan Kebakaran, 2 Pemotor Tabrakan dengan Mobil Pemadam 1 hour ago

Terpopuler

Hadiri Jagongan Kalurahan, Kanjeng Yudanegara Diskusi dengan Warga Girikerto Turi KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul
Setelah Menunggu 18 Tahun, Keinginan Sultan Memindah PKL Malioboro Terwujud 2 hours ago
Pabrik Wig Kulonprogo Terbakar, Pemadaman Terhalang Jalan & Stok Air 2 hours ago
Tukang Parkir Nuthuk Bus Wisata Rp350.000 Didenda Rp2 Juta 3 hours ago
Partai Ummat DIY Tegaskan Perekrutan Caleg Tanpa Mahar 3 hours ago
Pemilik Mandi, Motor Digondol Teman Sendiri 4 hours ago