Jogjapolitan

Bupati Sleman Apresiasi Kerja Keras Insan Kesehatan

Penulis: Media Digital
Tanggal: 02 Desember 2021 - 05:37 WIB
Kegiatan Gebyar Husada dalam puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57 di Grha Sarina Vidi, Rabu (30/11/2021). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo berterima kasih dan memberikan penghargaan kepada seluruh insan kesehatan di seluruh Kabupaten Seman. Berkat kerja keras dan kerja sama seluruh pihak, penanganan pandemi Covid-19 dapat dilalui dengan baik.

Pujian ini disampaikan Kustini pada Gebyar Husada yang merupakan puncak rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 di Sleman. Kustini juga menyatakan Pemkab berkomitmen menjadikan peringatan HKN sebagai momentum untuk bangkit meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Kami mengajak seluruh insan kesehatan tetap semangat memberikan pelayanan. Momentum HKN ini diharapkan menjadi penyemangat bagi tenaga kesehatan untuk terus memberikan kontribusi terbaik bagi sektor kesehatan di Sleman. HKN harus menjadi momentum untuk bangkit meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," katanya di sela-sela kegiatan Gebyar Husada, Peringatan Puncak Hari Kesehatan Nasional secara hibrida dengan konsep luring di Grha Sarina Vidi, Rabu (30/11/2021).

Menurut Kustini, berbagai capaian positif di sektor kesehatan telah diraih Kabupaten Sleman di antaranya penurunan angka stunting menjadi 6,92% turun dibandingkan pada 2020, pelaksana terbaik Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Rumah Tangga Kategori Kabupaten 2021, Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) kategori Enabling Environment dan STBM berkelanjutan Lima Pilar Kabupaten, Indeks Keluarga Sehat (IKS) tertinggi pada Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK), dan Tenaga Kesehatan Teladan (dokter dan nutrisionis) tingkat nasional.

"Kami sangat mengapresiasi, karena meskipun di tengah pandemi insan kesehatan di Sleman tetap mengukir prestasi tingkat nasional. Semoga ini menjadi awal pulihnya berbagai sektor di Sleman agar kembali sehat dan kembali tumbuh," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman, Cahya Purnama, mengatakan Sleman menjadi salah satu daerah yang berhasil menurunkan lonjakan kasus Covid-19. Meski demikian, penurunan kasus harus tetap diwaspadai. Kuncinya tetap menjaga protokol kesehatan, konsisten dalam upaya 3T (testing, tracing, dan treatment) serta percepatan vaksinasi.

"Kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan di setiap kegiatan dan peningkatan kapasitas 3T serta percepatan vaksinasi Covid-19 penting untuk mengendalikan pandemi," kata Cahya.

Pada kegiatan bertema Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku, Cahya menerangkan jajarannya berupaya untuk terus mengedepankan kegiatan promotif dan preventif, melalui beberapa program di antaranya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat; Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK); Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM);  Pencegahan Rawan Stunting Hilangkan Gizi Buruk Tingkatkan Ekonomi Rakyat atau Pecah Ranting Hiburane Rakyat; dan Wollbachia Nyamuk Aman Cegah DBD di Kabupaten Sleman atau Si Wolly Nyaman. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Ikan Sarden sampai Teri Efektif Cegah 750 ribu Kematian pada 2050
Bupati Bantul Tegaskan Pelayanan Kesehatan Selama Lebaran Tetap Berlangsung
Hati-Hati, 3 Penyakit Ini Berpotensi Dialami Pemudik
Baru pekan ke-14 pada 2024, Sudah Ada 455 Kematian Karena DBD

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Parpol Mulai Menjaring Bakal Calon Bupati Bantul, Ini 3 Nama Kandidat dari PKS
  2. Antrean SIM di Boyolali Membeludak seusai Libur Lebaran, Mayoritas Perpanjangan
  3. Salam-salaman antar-ASN, Tradisi yang Terus Lestari di Pemkab Sragen Sejak Dulu
  4. Pelaku Pembunuhan Mayat di Polokarto Sukoharjo Ditangkap Polisi, Satu Buron 

Berita Terbaru Lainnya

Empat Tahun Ditiadakan karena Covid-19, Open House Lebaran Sultan HB X Hari Ini Dihadiri Ribuan Orang
Selama Libur Lebaran 2024, 750 Ribu Kendaraan Keluar Masuk Kabupaten Bantul
Di Jogja, Lama Kemacetan Maksimal Hanya 10 Menit Selama Libur Lebaran
BPBD DIY Catat Sejumlah Kejadian Selama Libur Lebaran, Berikut Daftarnya
Arus Mudik Lebaran 2024, Konsumsi Pertamax Series Meningkat Tajam hingga 94 Persen di DIY dan Jateng
Tiga Kader PKS Masuk Bursa Calon Bupati di Pilkada Bantul, Berikut Nama-namanya
KAI Wisata Layani 45.813 Pelanggan Selama Libur Lebaran 2024
Puncak Arus Balik, KAI Daop 6 Jogja Berangkatkan  28.186 Penumpang
Sebagian Besar Wilayah DIY Hari Ini Cerah Berawan
Jadwal dan Rute yang Dilewati Trans Jogja

Jadwal dan Rute yang Dilewati Trans Jogja

Jogjapolitan | 8 hours ago