HomeJogjapolitan

Etika Penelitian Selama Pandemi Covid-19 Perlu Dipahami

Oleh:Bernadheta Dian Saraswati
03 Desember 2021 - 15:47 WIB

Kunjungan perwakilan Forum for Ethical Review Committees in the Asian & Western Pacific Region (FERCAP) 2021 ke kantor Harian Jogja, Jumat (3/12/2021). - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Harianjogja.com, JOGJA—Virus SARS-CoV2 atau lazim dikenal dengan nama Corona terus menjadi objek penelitian para peneliti dunia. Selama dua tahun pandemi Covid-19, virus ini terus memunculkan varian baru. Teranyar ada Omicron.

Komisi Etik Penelitian sebagai badan atau komisi yang bertanggung jawab untuk melindungi hak, kesehatan dan kesejahteraan manusia yang menjadi subjek penelitian, juga menanggung dampak hiruk pikuk penelitian dalam menanggulangi pandemi ini. Komisi Etik harus bisa bekerja lebih cepat tanpa mengurangi kewaspadaan dalam me-review atau menilai protokol penelitian.

Permasalahan utama yang dihadapi Komisi Etik pada masa pandemi ini adalah tuntutan untuk bekerja lebih cepat tanpa mengurangi kualitas. Komisi ini juga sering dituntut untuk lebih waspada dalam menilai protokol vaksin atau obat baru mengingat keperluan untuk segera digunakan terkadang menghiraukan langkah-langkah esensial dalam penelitian yang dapat membahayakan.

Masalah-masalah itu akan dibahas dalam Forum for Ethical Review Committees in the Asian & Western Pacific Region (FERCAP) 2021, pada 8-11 Desember 2021. Untuk kali pertama, Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan tahunan tersebut.

Melalui FERCAP 2021, para peserta bisa belajar dan bertukar pengalaman tentang tantangan dan hambatan yang dihadapi berbagai komisi etik penelitian di seluruh wilayah Asia Pasifik Barat serta bagaimana mengatasinya. Peserta juga akan bersama-sama merumuskan langkah-langkah untuk mengoptimalkan kinerja komisi etik di masa depan.

Madarina Julia, Ketua Penyelenggara FERCAP 2021 mengatakan konferensi ini merupakan pertemuan rutin kalangan institusi kesehatan baik civitas akademika maupun rumah sakit dari beberapa negara. "Dari luar negeri sendiri biasanya diikuti 300-an peserta," kata Madarina saat berkunjung ke kantor Harian Jogja, Jumat (3/12/2021.

Harapannya, dengan diselenggarakannya forum ini di Indonesia, para peneliti ataupun praktisi etika penelitian dari berbagai universitas, rumah sakit, atau organisasi-organisasi yang berkaitan dengan penelitian pada subjek manusia bisa turut berpartisipasi. Kegiatan ini juga menjadi salah satu upaya untuk mempromosikan budaya pelaksanaan penelitian beretika yang akan memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

Indonesia menjadi tuan rumah untuk kedua kalinya dan bagi UGM untuk pertama kali. Mengingat pandemi Covid-19 masih berlangsung, konferensi dilaksanakan secara daring untuk menekan angka penularan Covid-19.

Pemimpin Redaksi Harian Jogja, Anton Wahyu Prihartono berharap hasil riset para peneliti di dunia kesehatan, utamanya berkaitan dengan Covid-19, dapat juga dinikmati masyarakat awam untuk menghilangkan berita yang simpang siur maupun hoaks seputar Covid-19. "Harapannya informasi bisa disebarkan ke masyarakat," kata dia.

Tag: Penelitian Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
Akademisi Bikin Petisi Tolak Peleburan Eijkman Ke BRIN 2 weeks ago
Sudah Dilebur dengan BRIN, Ini Sejarah dan Profil Lembaga Eijkman 3 weeks ago

Berita Pilihan

Ini Penyebab Klithih Menurut Sosiolog UGM Cukai Naik, Rokok Murah Jadi Pilihan Volume Sampah di Pantai Selatan Bantul Diprediksi Naik 15 Persen Disinfektan Udara Buatan Dosen UMY Ini Bisa Hemat Investasi Faskes hingga Ratusan Juta  Sudah 79 Tahun, Mbah Wahidi Masih Kuat Menjual Burger Keliling Sleman
Berita Terbaru
Tol Jogja Dapat Jatah Dana Lahan Terbesar dari Pemerintah Tahun Ini 6 minutes ago
Update: Naik Lagi, Positif Covid-19 DIY Tambah 26, 1 Orang Meninggal Dunia   36 minutes ago
Pembangunan Tol Jogja-Bawen Libatkan Pekerja Lokal, Ini yang Dibutuhkan 45 minutes ago
Keren! Begini Penampakan Lapak PKL Malioboro di Eks Bioskop Indra 1 hour ago
Pemkot Jogja Terima Rp796 Juta dari Lelang Kendaraan 1 hour ago

Terpopuler

Hadiri Jagongan Kalurahan, Kanjeng Yudanegara Diskusi dengan Warga Girikerto Turi KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul
Penasaran dengan Kebakaran, 2 Pemotor Tabrakan dengan Mobil Pemadam 1 hour ago
Setelah Menunggu 18 Tahun, Keinginan Sultan Memindah PKL Malioboro Terwujud 2 hours ago
Pabrik Wig Kulonprogo Terbakar, Pemadaman Terhalang Jalan & Stok Air 2 hours ago
Tukang Parkir Nuthuk Bus Wisata Rp350.000 Didenda Rp2 Juta 3 hours ago
Partai Ummat DIY Tegaskan Perekrutan Caleg Tanpa Mahar 3 hours ago