HomeJogjapolitan

Hari Ini, PMI DIY Kirim Bantuan untuk Masyarakat Terdampak Erupsi Semeru

Oleh:Bernadheta Dian Saraswati
07 Desember 2021 - 09:57 WIB

Ilustrasi Palang Merah Indonesia - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah

Harianjogja.com, JOGJA-Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) bersama dengan PMI Kabupaten/Kota, dan Dinas Sosial DIY mengirimkan bantuan untuk masyarakat terdampak bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Selasa (7/12/2021), pukul 09.00 WIB. Pengiriman berangkat dari Markas PMI DIY, Gamping, Sleman.

“PMI DIY bersama PMI Kabupaten/Kota dan Dinas Sosial DIY akan mengirimkan sejumlah 14 personel. Mereka akan fokus untuk membantu membersihkan abu vulkanik pada rumah penduduk maupun fasilitas publik lainnya. Adapun peralatan yang akan dibawa adalah lima mobil pikap yang yang dilengkapi dengan alat spraying, mesin pompa diesel, dan bak air,” tutur GBPH. H. Prabukusumo selaku Ketua PMI DIY, Selasa. 

Dalam pelaksanaannya di lokasi bencana, personel tetap mengutamakan protokol kesehatan untuk menghindari penularan Covid-19. Selain armada pikap, tim juga akan membawa bantuan berupa uang sejumlah 100 juta rupiah, sabun mandi sejumlah 6.480 pcs, masker sebanyak 24.000 pcs, kain pel sejumlah 1.250 lembar, sabun cuci dompet blacu sebanyak 1.500 pcs, serta 50 pcs rompi PMI.

“Dinas Sosial DIY juga akan bersama dengan PMI mengerahkan dua mobil truk. Beberapa yang akan dikirim dari Dinas Sosial adalah air mineral sejumlah 1500 botol [kemasan 1,5 liter] dan paket sembako. Sementara, uang seratus juta rupiah adalah hasil donasi konsumen apotek K24 yang telah terkumpul di PMI DIY”, jelas Gusti Prabu dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Senin (6/12/2021).

Baca juga: Rentetan Awan Panas Merapi Terjadi pada Senin Sore, Ini Penyebabnya

Gusti Prabu mengatakan pengiriman bantuan dan personel ini sekaligus untuk melakukan kaji cepat kebutuhan di lokasi terdampak. Rencananya, hasil pendataan ini akan dijadikan acuan PMI DIY untuk menyusun operasional selanjutnya.

Untuk melengkapi respons yang akan diberikan, PMI DIY sudah berkoordinasi dengan PMI Pusat, PMI Provinsi Jawa Timur, PMI Kabupaten Lumajang, dan PMI Kabupaten/Kota se-DIY.

Dalam bekerja untuk kemanusiaan, PMI tidak bisa berdiri sendiri tanpa dukungan dan peran aktif dari masyarakat, maka PMI DIY juga membuka donasi untuk bergerak bersama masyarakat meringankan masyarakat yang terdampak bencana erupsi Gunung Semeru melalui rekening Bank Mandiri Cab Sudirman nomor 137.00074.49594 atas nama Penanggulangan Bencana PMI Provinsi DIY.

“Kami berharap bantuan ini dapat membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana erupsi Gunung Semeru”, pungkas Gusti Prabu.

Untuk membangun semangat persaudaraan serta kepedulian terhadap kemanusiaan, PMI membutuhkan jejaring yang luas, diantaranya dengan mengajak insan pers baik media cetak maupun elektronik untuk berperan serta mendiseminasikan dan mewartakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan yang dilakukan PMI. 

Tag: bantuan sosial Editor: Nina Atmasari

Artikel Terkait
BLT UMKM 2022 untuk PKL hingga Nelayan Segera Cair, Ini Syarat Terbaru 5 days ago
Ini Daftar 5 Bansos Pemerintah yang Akan Diberikan pada 2022 1 week ago
Puluhan Ribu Pelaku Usaha Gunungkidul Dapat Suntikan Dana 3 weeks ago
Catat! Ini Daftar Bansos yang Berlanjut Tahun Depan 3 weeks ago
YEC.CO.ID Sasar Warga Modinan dalam CSR Akhir Tahun 3 weeks ago

Berita Pilihan

Ini Penyebab Klithih Menurut Sosiolog UGM Cukai Naik, Rokok Murah Jadi Pilihan Volume Sampah di Pantai Selatan Bantul Diprediksi Naik 15 Persen Disinfektan Udara Buatan Dosen UMY Ini Bisa Hemat Investasi Faskes hingga Ratusan Juta  Sudah 79 Tahun, Mbah Wahidi Masih Kuat Menjual Burger Keliling Sleman
Berita Terbaru
Sultan HB X Pastikan PKL Malioboro Pindah Mulai 26 Januari 2022 1 hour ago
Honorer Dihapus Tahun Depan, Pemerintahan Bantul Bisa Terganggu 1 hour ago
Bikin Video Porno, Pemuda Patuk Gunungkidul Ditangkap Polisi 1 hour ago
Klithih Orang yang Akan Berolahraga di Alun-Alun Selatan, 5 Pemuda Ditangkap 2 hours ago
Mengenal Qzruh, Geng Legendaris Kota Jogja yang Masih Eksis Sampai Sekarang 2 hours ago

Terpopuler

Hadiri Jagongan Kalurahan, Kanjeng Yudanegara Diskusi dengan Warga Girikerto Turi KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul
Merasa Dipelototi, Rombongan Pelajar Terlibat Pengeroyokan di Jalan Magelang 3 hours ago
Ditangkap karena Bikin Bakso Ayam Tiren, Pelaku: Saya Senang 4 hours ago
Bayi Meninggal Penuh Darah Dibuang di Masjid Brajan Tamantirto 4 hours ago
Kronologis Penggerebekan Rumah Produksi Bakso Berbahan Ayam Bangkai 5 hours ago
Update Stok Darah di DIY Hari Ini 24 Januari 2022. Anda Membutuhkan? 6 hours ago