HomeJogjapolitan

Beda Nasib dengan Bandara YIA, Kereta Bandara YIA Justru Lebih Ramai

Oleh:Rahmi Yati
07 Desember 2021 - 13:17 WIB

PT KAI (Persero) melakukan uji coba jalur rel KA Bandara YIA dengan menggunakan kereta diesel beberapa waktu lalu. - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Harianjogja.com, JOGJA - Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) masih sepi lantaran baru melayani 1,2 juta penumpang atau jauh dari target awal sebesar 10 juta penumpang per tahun. Kondisi berbeda terjadi pada kereta Bandara YIA.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Daop 6 Yogyakarta Supriyanto mengatakan sepinya YIA tidak berpengaruh terhadap operasional Kereta Api (KA) Bandara yang diresmikan pada 27 Agustus 2021.

BACA JUGA: Soal Semeru, Mbah Rono Minta Risma Tidak Perlu Marah-Marah

Menurutnya, penumpang KA Bandara YIA tersebut tidak hanya pengguna pesawat. "Penumpang KA Bandara YIA tidak melulu naik pesawat. Mungkin berangkat satu yang mengantarkan ada beberapa, sekalian piknik," kata Supriyanto, Selasa (7/12/2021).

Dia menuturkan, tidak sedikit pelanggan yang menggunakan KA Bandara hanya untuk berjalan-jalan atau sekadar piknik ke Bandara YIA. Terlebih, tidak ada aturan yang mewajibkan naik KA Bandara harus menujukkan tiket pesawat.

Dia memerinci, selama sebulan terakhir atau sejak 1 November 2021 hingga hari ini, tercatat sebanyak 46.439 orang yang menggunakan layanan KA Bandara YIA untuk 8 KA. Dari jumlah tersebut, rata-rata harian sebanyak 1.255 penumpang.

"Ada penumpang yang hanya piknik ke Bandara YIA karena tidak ada syarat naik KA Bandara YIA harus menunjukkan tiket pesawat. Itu jumlah penumpang untuk 8 KA. Mulai 27 November kamimenjalankan 20 KA," imbuhnya.

BACA JUGA: Pemerintah Batal Terapkan PPKM Level 3 Seluruh Indonesia saat Nataru

Sebelumnya, pemerhati penerbangan Alvin Lie menyebut Bandara YIA sepi penumpang meski ada KA Bandara yang bertujuan mempermudah akses masyarakat. Menurutnya kehadiran KA Bandara tersebut hanya menguntungkan bagi pekerja bandara.

Sama halnya dengan KA Bandara Soekarno-Hatta, Alvin menyebut fasilitas tersebut memang lebih dapat dirasakan manfaatnya bagi petugas bandara yang sering mondar-mandir ke bandara dan pusat kota ketimbang penumpang pesawat.

Sumber: JIBI/Bisnis.com Tag: kereta api, Bandara Kulonprogo Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
KAI Commuter & Kementerian Perhubungan Terus Upayakan Peningkatan Layanan 6 days ago
Pemkab Kulonprogo: Bandara YIA Belum Mampu Tekan Angka Kemiskinan 2 weeks ago
Ribuan Orang Batalkan Perjalanan Kereta Api Relasi Jogja selama Nataru, Ini Penyebabnya 2 weeks ago
KRL Jogja-Solo Tak Lama Lagi Menjangkau Karanganyar 3 weeks ago
Ini Fokus Utama Kulonprogo di 2022 3 weeks ago

Berita Pilihan

Ini Penyebab Klithih Menurut Sosiolog UGM Cukai Naik, Rokok Murah Jadi Pilihan Volume Sampah di Pantai Selatan Bantul Diprediksi Naik 15 Persen Disinfektan Udara Buatan Dosen UMY Ini Bisa Hemat Investasi Faskes hingga Ratusan Juta  Sudah 79 Tahun, Mbah Wahidi Masih Kuat Menjual Burger Keliling Sleman
Berita Terbaru
Gerbang Teras Malioboro Ditutup, Pansus dan PKL Malioboro Tidak Bisa Meninjau 24 minutes ago
Tol Jogja Dapat Jatah Dana Lahan Terbesar dari Pemerintah Tahun Ini 44 minutes ago
Update: Naik Lagi, Positif Covid-19 DIY Tambah 26, 1 Orang Meninggal Dunia   1 hour ago
Pembangunan Tol Jogja-Bawen Libatkan Pekerja Lokal, Ini yang Dibutuhkan 1 hour ago
Keren! Begini Penampakan Lapak PKL Malioboro di Eks Bioskop Indra 1 hour ago

Terpopuler

Hadiri Jagongan Kalurahan, Kanjeng Yudanegara Diskusi dengan Warga Girikerto Turi KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul
Pemkot Jogja Terima Rp796 Juta dari Lelang Kendaraan 2 hours ago
Penasaran dengan Kebakaran, 2 Pemotor Tabrakan dengan Mobil Pemadam 2 hours ago
Setelah Menunggu 18 Tahun, Keinginan Sultan Memindah PKL Malioboro Terwujud 3 hours ago
Pabrik Wig Kulonprogo Terbakar, Pemadaman Terhalang Jalan & Stok Air 3 hours ago
Tukang Parkir Nuthuk Bus Wisata Rp350.000 Didenda Rp2 Juta 3 hours ago