Jogjapolitan

Erupsi Semeru, Bantul Kirimkan Relawan dan Sembako ke Lumajang

Penulis: Ujang Hasanudin
Tanggal: 07 Desember 2021 - 11:57 WIB
Dua truk pengangkut relawan dan bantuan sembako untuk korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang dari Bantul diberangkatkan Senin (6/12/2021). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Harianjogja.com, BANTUL-Pemerintah Kabupaten Bantul memberangkatkan sejumlah relawan ke Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, untuk membantu korban letusan Gunung Semeru di kabupaten setempat. Selain memberangkatkan relawan, Pemkab Bantul juga mengirimkan paket sembako dan kebutuhan sehari-hari untuk masyarakat di sana.

Relawan yang diberangkatkan ke Lumajang terdiri dari Palang Merah Indonesia (PMI), Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB), dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), “Hari ini kita berangkatkan relawan dari Bantul menuju Lumajang teriring harapan dan doa para relawan dari Bantul ini diberi keselamatan, kesehatan untuk membantu saudara-saudara kita di Lumajang,” kata Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, seusai melepas keberangkatan relawan dan truk isi sembako di halaman kantor BPBD Bantul, Senin (6/12/2021).

Halim mengatakan per 6 Desember 2021, berdasarkan informasi yang dia terima, warga Lumajang yang ditemukan dalam kondisi meninggal dunia sebanyak 14 orang dan dimungkinkan masih bertambah karena saat ini masih terus dilakukan pencarian akibat letusan Gunung Semeru.

Melihat intensitas dan eskalasi erupsi yang demikian kuat di Lumajang maka pihaknya merasa harus ambil bagian. Haus ada delegasi dari Bantul yang diberangkatkan ke Lumajang. Apalagi Bantul dikenal sebagai pusat relawan maka diputuskan bahwa Lumajang memanggil relawan Bantul melakukan sesuatu untuk meringankan beban masyarakat Lumajang utamanya yang terdampak erupsi Gunung Semeru.

“Para relawan dari Bantul ini nantinya akan lebih banyak melakukan asesmen selama dua hingga tiga hari, sehingga hasil asesmen tadi nantinya akan dijadikan acuan bagi Pemkab Bantul untuk memberikan bantuan kemanusian tahap berikutnya,” ujar Halim.

Baca juga: Revitalisasi Jalan Sudirman Jogja Tak Lama Lagi Rampung

Halim juga meminta para relawan saat melakukan aksi kemanusiaan di Lumajang tidak merepotkan masyarakat maupun pemerintah setempat. Ia yakin para relawan bekerja ikhlas membantu dan hal itu terbukti dengan pengalaman gempa di Bantul pada 2006 silam.

Sementara Ketua Tim Relawan Bantul For Semeru sekaligus Ketua FPRB Bantul, Waljito mengatakan bantuan tahap pertama dari berbagai elemen masyarakat di Bantul ini berupa sembako, pakaian, selimut, popok untuk bayi dan pembalut untuk wanita, peralatan mandi hingga kebutuhan lainnya yang sekiranya saat ini mendesak dibutuhkan oleh masyarakat Lumajang yang terdampak erupsi Gunung Semeru.

“Bantuan kemanusian ini kita bawa dengan dua truk milik Mbah Jaya Center dan truk milik Grup-2 Koppasus Kandang Menjangan, Surakarta. Selain itu 13 relawan yang nantinya akan melakukan asesmen di Lumajang, Jawa Timur,” ujar Waljito.

Selain menyerahkan bantuan kemanusian ke posko utama erupsi Gunung Semuru nantinya para relawan akan melakukan asesmen dan hasil asesmen nantinya akan kita serahkan ke Pemkab Bantul untuk ditindaklanjuti, “Mohon doa dan restunya semoga kita bisa memberikan hal yang terbaik dan tidak merepotkan warga maupun pemerintah Lumajang,”ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Distribusi Bantuan Korban Gempa di Pulau Bawean Terus Dilakukan
8 Korban Bencana Angin Puting Beliung Kulonprogo Terima Bantuan
Perpanjangan Status Siaga Darurat Bencana, Pemda DIY Tunggu Kabupaten dan Kota

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. 26 Pelaku Prostitusi Ditangkap Polres Klaten saat Operasi Pekat Candi 2024
  2. Menilik Kesuksesan Kaliwedi Sragen Kembangkan Agrowisata hingga Waterboom
  3. BPJPH Bersama Industri dan Designer Luncurkan Indonesia Global Halal Fashion
  4. MWA UNS Solo Bentuk Panitia Pemilihan Rektor Periode 2024-2029, Ini Susunannya

Berita Terbaru Lainnya

Sambut Pemudik dan Wisatawan Libur Lebaran 2024, Begini Persiapan Pemkab Gunungkidul
Info Stok Darah dan Lokasi Donor Darah di DIY Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024
Pilur Serentak 2024 di Bantul Terancam Batal, Ini Alasannya
Dalam Gugatan di MK Kubu AMIN dan Ganjar Permasalahkan TPS di Sleman, Begini Penjelasan KPU
BREAKING NEWS: Bocah 13 Tahun Hanyut di Sungai Oyo
KPU dan Bawaslu Kulonprogo Siap Hadapi Gugatan NasDem di MK soal Sengketa Pemilu 2024
Kena Tarif Nuthuk Saat Libur Lebaran di Bantul, Laporkan ke Instagram @jelajahbantul.id
Libur Lebaran 2024, Dispar Bantul Tambah Petugas TPR
Upaya Dongkrak Kunjungan Wisata saat Libur Lebaran 2024 di Jogja Terganjal Masalah Sampah
Berikut Top News Harianjogja.com, Jumat 29 Maret 2024