HomeJogjapolitan

Gunungkidul Hapus Denda PBB Hingga Akhir Tahun

Oleh:Herlambang Jati Kusumo
07 Desember 2021 - 06:37 WIB

Ilustrasi - reepik

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menghapus sanksi administrasi berupa denda atas tunggakan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2), mulai Rabu (1/12/2021) sampai dengan Jumat (31/12/2021).

Kepala Bidang Bina Penagihan, Pelayanan, dan Pengendalian, Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Gunungkidul, Supriyatin mengatakan kebijakan tersebut mengacu pada Peraturan Bupati No.108/2021.

“Diharapkan dapat meringankan beban masyarakat dalam pembayaran pajak, mengingat saat ini kondisi perekonomian sedang lesu, akibat pandemi Covid-19,” ucap Supriyatin, Senin (6/12/2021).

Dia mengatakan penghapusan denda ini telah sesuai dengan ketetapan yang ada mulai 1995 sampai 2021 ini. Pembayaran pajak sendiri bisa dilakukan di seluruh tempat pembayaran pajak yang telah tersedia dan bekerj asama dengan pemerintah.

Supriyatin menyebut objek pajak yang menunggak dari periode 2014-2020 sebanyak 298.163 objek pajak dengan jumlah Rp16 miliar lebih.

“Kami hanya bisa melihat berapa jumlah objek pajak yang belum terbayarkan. Tahun 2020 lalu  kami menghapuskan tunggakan pajak karena telah kedaluwarsa yaitu untuk tahun 2009 sampai dengan 2013," ujarnya.

Dia mengatakan petugas dari BKAD Gunungkidul telah berusaha melakukan penagihan ke wilayah, agar wajib pajak segera melakukan pelunasan. Namun, Supriyatin tidak memungkiri, dalam berjalannya ada sejumlah kendala.

“Ada kesalahan nama, alamat, NJOP, luasan lahan. Kemudian, dobel ketetapan, hingga adanya wajib pajak yang berada di luar kota, dan kalurahan tidak mengetahui keberadaannya. Ada juga wajib pajak yang keberatan dengan ketetapan. Ada tidak mau bayar,” kata Supriyatin.

Tag: pajak Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
Dilanjutkan, Ini Skema Insentif Terbaru Pajak Kendaraan Bermotor 15 minutes ago
Baru 15 Hari Tax Amnesty Jilid II, Rp443 Miliar Harta Luar Negeri Masuk Indonesia 2 days ago
Warga Sleman Menunggak PBB hingga Rp10,9 Miliar 1 week ago
Pajak Turun, Ini 5 Sedan Termurah di Indonesia  1 week ago
Mulai 1 Januari 2022, Ini Kebijakan Pajak Penghasilan Terbaru 2 weeks ago

Berita Pilihan

Ini Penyebab Klithih Menurut Sosiolog UGM Cukai Naik, Rokok Murah Jadi Pilihan Volume Sampah di Pantai Selatan Bantul Diprediksi Naik 15 Persen Disinfektan Udara Buatan Dosen UMY Ini Bisa Hemat Investasi Faskes hingga Ratusan Juta  Sudah 79 Tahun, Mbah Wahidi Masih Kuat Menjual Burger Keliling Sleman
Berita Terbaru
Masuki Siklus 6 Tahunan, Kasus DBD Kulonprogo Diprediksi Melonjak 2 hours ago
BERITA JOGJA HARI INI: Warga Diminta Kurangi Mobilitas 5 hours ago
Tangisan Warnai Keberangkatan Jemaah Umrah dari Bandara YIA 12 hours ago
Dishub DIY: Skuter Listrik Tak Boleh di Sembarang Tempat 14 hours ago
Berhasil Tangkap Perampok, 6 Polisi Bantul Dapat Penghargaan 14 hours ago

Terpopuler

Hadiri Jagongan Kalurahan, Kanjeng Yudanegara Diskusi dengan Warga Girikerto Turi KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul
Satu Sampel Pasien Covid-19 Sleman Negatif Varian Omicron 14 hours ago
Bantaran Sungai di Giwangan Jogja Semakin Mempesona! 15 hours ago
Tanah Tak Bisa Dipakai karena Proyek Tol Jogja-Solo, Warga Purwomartani Bingung 16 hours ago
Warga Sleman Pertanyakan Nasib Sertifikat dan Ganti Rugi Tol Jogja-Solo 16 hours ago
Masih Banyak Trotoar Jadi Tempat Parkir, Ini Respons Dishub Jogja 17 hours ago