HomeJogjapolitan

Gunungkidul Dorong Pengembangan 18 Desa Wisata

Oleh:Herlambang Jati Kusumo
07 Desember 2021 - 07:27 WIB

Sejumlah warga membuat jalur keluar masuk wisatawan di kawasan wisata Air Terjun Sri Getuk, Kalurahan Bleberan, Kapanewon, Playen, belum lama ini. - Istimewa/Dokumen Desa Wisata Bleberan

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pariwisata (Dinpar) Gunungkidul mendorong pengembangan 18 desa wisata yang sudah ditetapkan dengan Keputusan Bupati.

“Kami mendorong agar desa wisata ini bisa maju berkembang sesuai dengan potensi dan karakteristiknya masing-masing. Masing-masing desa wisata tersebut memiliki potensi,” ucap Sekretaris Dinas Pariwisata (Dinpar) Gunungkidul, Hary Sukmono, Minggu (5/12).

Adapun 18 desa wisata tersebut, Desa Wisata Putat, Pacarejo, Ngestirejo, Mulo, Bleberan, Nglanggeran, Pampang, Ngalang, Umbulrejo, Jelok Beji, Kampoeng, Girisuko, Beji, Sidoharjo, Karangtengah, Candirejo, Katongan, Tepus.

Hary mengatakan hal yang menjadi perhatian dalam pengembangan desa wisata yaitu menyangkut dinamika kehidupan masyarakat, dalam memanfaatkan dan mengembangkan potensi yang ada di desa tersebut.

“Kemudian, dalam mengemas dan menjual potensi tersebut dengan melibatkan elemen-elemen di masyarakat setempat, sehingga bisa menghadirkan wisatawan,” ucap Hary.

Hary tidak memungkiri dalam pengembangan Desa Wisata, terdapat tantangan tersendiri. Seperti salah satunya kapasitas SDM dalam mengelola potensi desa tersebut, sehingga bisa menjadi atraksi wisata yang berkarakter lokal dan unik.

“Berkelanjutan serta tetap menjaga kelestarian fungsi lingkungan. Kami juga memetakan lagi dinamika di masing-masing desa wisata tersebut sebagai bagian dari pembinaan yang kami lakukan,” ujarnya.

Hary mengharapkan dengan pengembangan desa wisata ini, dapat semakin dikenal masyarakat luas. Hingga akhirnya dapat menuju pada pertumbuhan ekonomi masyarakat, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Tag: desa wisata Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
Ini 5 Desa Wisata Terbaik untuk Dikunjungi di Indonesia, Salah Satunya Ada di Jogja 3 weeks ago

Berita Pilihan

Ini Penyebab Klithih Menurut Sosiolog UGM Cukai Naik, Rokok Murah Jadi Pilihan Volume Sampah di Pantai Selatan Bantul Diprediksi Naik 15 Persen Disinfektan Udara Buatan Dosen UMY Ini Bisa Hemat Investasi Faskes hingga Ratusan Juta  Sudah 79 Tahun, Mbah Wahidi Masih Kuat Menjual Burger Keliling Sleman
Berita Terbaru
Gerbang Teras Malioboro Ditutup, Pansus dan PKL Malioboro Tidak Bisa Meninjau 4 minutes ago
Tol Jogja Dapat Jatah Dana Lahan Terbesar dari Pemerintah Tahun Ini 24 minutes ago
Update: Naik Lagi, Positif Covid-19 DIY Tambah 26, 1 Orang Meninggal Dunia   54 minutes ago
Pembangunan Tol Jogja-Bawen Libatkan Pekerja Lokal, Ini yang Dibutuhkan 1 hour ago
Keren! Begini Penampakan Lapak PKL Malioboro di Eks Bioskop Indra 1 hour ago

Terpopuler

Hadiri Jagongan Kalurahan, Kanjeng Yudanegara Diskusi dengan Warga Girikerto Turi KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul
Pemkot Jogja Terima Rp796 Juta dari Lelang Kendaraan 1 hour ago
Penasaran dengan Kebakaran, 2 Pemotor Tabrakan dengan Mobil Pemadam 2 hours ago
Setelah Menunggu 18 Tahun, Keinginan Sultan Memindah PKL Malioboro Terwujud 2 hours ago
Pabrik Wig Kulonprogo Terbakar, Pemadaman Terhalang Jalan & Stok Air 3 hours ago
Tukang Parkir Nuthuk Bus Wisata Rp350.000 Didenda Rp2 Juta 3 hours ago