Jogjapolitan

Muhammadiyah Bangun Sekolah di Australia

Penulis: Yosef Leon
Tanggal: 29 Desember 2021 - 19:27 WIB
Logo Muhammadiyah. - Ist

Harianjogja.com, JOGJA- Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah secara resmi mengumumkan perluasan dan pengembangan program Internasionalisasi Muhammadiyah dengan membangun Muhammadiyah Australia College (MAC). MAC nantinya akan berlokasi di 1-3 Killarney Drive Melton Victoria Australia dan pemerintah setempat melalui Victorian Registration and Qualifications Authority (VRQA) Department Education Victoria telah menerbitkan izin pada 21 Desember 2021 lalu.

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir mengatakan, program Internasionalisasi Muhammadiyah merupakan salah satu hasil yang dikeluarkan dalam Muktamar Muhammadiyah ke-47 tahun 2015 di Makassar lalu. Upaya ini merupakan komitmen pihaknya dalam ikut serta berpartisipasi pada program kemanusiaan di ranah global, secara khusus mengembangkan amal usaha strategis di luar negeri.

"MAC nantinya berbentuk sekolah dengan jenis Primary/Co-educational yaitu dari jenjang taman kanak-kanak sampai sekolah dasar. Pendirian MAC melengkapi babak baru komitmen Muhammadiyah untuk membangun peradaban bersama yang mencerahkan," kata Haedar dalam refleksi akhir tahun pada Rabu (29/12/2021).

BACA JUGA: Bisa Merusak Fungsi Otak, Jangan Beri Minuman Ini ke Anak Anda

Ia menyebut, pendirian MAC juga melengkapi sejumlah program Muhammadiyah yang telah terbentuk di ranah internasional. Diantaranya yakni mendirikan Markaz Dakwah dan TK ABA di Cairo, Usaha Ekonomi PCIM Malaysia, Universiti Muhammadiyah Malaysia (UMAM), dan lainnya. "MAC ini dimaksudkan sebagai perluasan gerakan mencerdaskan kehidupan bangsa dan pengembangan pendidikan di ranah global yang berfungsi strategis mewujudkan kemajuan dan persatuan antarbangsa," katanya.

Haedar menambahkan, usaha pendirian MAC yang ditempuh oleh PP Muhammadiyah yang bekerja sama dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCIM) Australia serta tim khusus serta para pihak lainnya. Upaya ini telah dimulai sejak Desember 2017 lalu dengan membeli lahan seluas 10 hektare di 585 Belgrave Hallam Road, Narre Warren East VIC 3804 Melboume sebagai tonggak awal proses menggagas dan persiapan mendirikan MAC yang menjadi Pusat Gerakan Komunitas PCIM Australia.

Pada November 2020, PP Muhammadiyah membeli lahan dengan luas satu hektare lebih berlokasi di 1-3 Killarney Drive, Melton, Victoria, Australia 3337. PCIM Australia selanjutnya memroses izin registrasi MAC ke VRQA Department Education Victoria Australia. PCIM Australia juga melakukan pertemuan dengan berbagai elemen masyarakat Indonesia dan non-Indonesia yang ada di Victoria untuk mencari masukan tentang proses registrasi guna menyusun langkah-langkah sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Setelah mempersiapkan pemenuhan persyaratan untuk registrasi sekolah baru dan mendapat feedback dari VQRA, pada tanggal 21 Desember 2021 terbit surat izin operasional
dari VRQA Department Education Victoria untuk MAC. Sejak 21 Desember 2021 tersebut maka MAC telah resmi dan sah secara hukum untuk beroperasi di Australia," pungkas Haedar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Usai Putusan MK, Haedar Nashir Puji Sikap Kenegarawanan Paslon AMIN dan GAMA
Haedar Ajak Umat Muslim Bangun Keseimbangan dalam Hidup
Perayaan Idulfitri Persyarikatan Muhammadiyah Tahun Ini Diprediksi Tak Berbeda dengan Pemerintah
Perkuat Ideologi Bermuhammadiyah untuk Guru & Karyawan KB & TK ABA, PCA Ngampilan Gelar Pesantren Ramadhan 1445 H

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Ganjar Enggan Maju Pilkada 2024,Tapi akan Turun untuk Menangkan Calon dari PDIP
  2. Konten Deepfake Kian Meresahkan, Pemerintah Harus Ambil Komando Memerangi
  3. Nilai UKT Maba 2024 Capai Rp52 Juta, BEM Unsoed Desak Rektorat Lakukan Evaluasi
  4. Berlaga Sabtu, Tim Thomas dan Uper Mulai Jalani Latihan Perdana Hari Ini

Berita Terbaru Lainnya

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi
Pendaftaran Kandidat Pilkada lewat Golkar Kulonprogo Tutup, Ada 6 Balon Bupati dan 6 Balon Wakil
AHY Pasang Target LavAni Pertahankan Gelar Juara di Proliga 2024
Calon Perseorangan Pilkada DIY 2024 Harus Mengantongi Ini
Bawaslu Bantul Awasi Pembentukan PPK Pilkada

Bawaslu Bantul Awasi Pembentukan PPK Pilkada

Jogjapolitan | 58 minutes ago
PPP Incar Posisi Calon Wakil Wali Kota Jogja
Mengalami Era Baru Koneksi Internet dengan Izzi Life dari Life Media
Menangkan PDIP di Pilkada, Ganjar Pranowo Siap Keliling Indonesia Tanpa Diminta
Digugat Vendor Snack Pelantikan KPPS yang Sempat Viral, Ini Tanggapan KPU Sleman
Penanggulangan Kemiskinan Optimalkan Kader Khusus, Pendampingan Warga Miskin Makin Intensif