Jogjapolitan

Ini Deretan Kuliner Sehat nan Legendaris di Jogja

Penulis: Lajeng Padmaratri
Tanggal: 15 Januari 2022 - 10:47 WIB
Sekul Golong Set, menu kuliner sehat di Bale Raos, Jogja. - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri

Harianjogja.com, JOGJA—Jogja menyimpan banyak destinasi wisata kuliner, baik menu-menu modern maupun resep yang diturunkan secara turun-temurun nan legendaris.

Dari sekian banyak tujuan wisata kuliner di Jogja, mengunjungi restoran yang menyajikan kuliner sehat tentu menjadi pilihan di tengah pandemi. Tak hanya itu, sajian menu yang banyak menjadi buruan wisatawan adalah menu yang terbilang ikonik, yakni sajian menu tradisional ala Kraton Jogja.

BACA JUGA: Ingin Minum Teh Enak Sambil Bersantai di Jogja? Ini Tempat yang Cocok

Kabid Pemasaran Wisata Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Jogja Andrini Wiramawati memprediksi wisatawan sudah mulai datang ke Jogja untuk berwisata. “Kuliner yang ada di Kota Jogja banyak sekali, kami sedang dorong untuk ke arah wisata kuliner sehat,” kata dia, beberapa waktu lalu.

Dia menuturkan bahwa pendampingan dengan pengelola kuliner harus dilakukan. Sebab, kuliner sehat tidak hanya berkaitan dengan menu yang sehat, melainkan juga berkaitan dengan sejumlah aspek lain, seperti kebersihan tempatnya dan pelayanannya.

“Ke depan kami akan terus membina, mendampingi, dan mengembangkan para pengampu usaha jasa pariwisata, khususnya di aspek kuliner, untuk bisa menjaga Sapta Pesona Wisata [Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah, dan Kenangan],” ucap dia.

Banyaknya sajian kuliner yang terdapat di Kota Jogja pun membuat Dinas Pariwisata tengah membuat basis data untuk mengarsipkan berbagai kuliner sehat tersebut. Termasuk dengan restoran yang menyajikan menu-menu khas sekaligus menawarkan suasana yang tiada duanya.

Sekar Kedhaton

Jika mengunjungi Restoran Sekar Kedhaton, wisatawan akan merasakan suasana menikmati sajian kuliner di tengah istana. Bagaimana tidak, bangunannya yang megah dengan pilar-pilar tinggi menyiratkan para pelancong sedang mengunjungi istana raja.

Restoran ini berada di Jalan Tegal Gendu 28, Prenggan, Kotagede, Kota Jogja ini menawarkan banyak pilihan menu. Mulai dari menu ala Jawa, Indonesia, Eropa, hingga menu vegetarian yang dikemas secara modern.

“Dari sekian banyak menu, Lumpia Gudeg jadi menu unggulan kami,” kata Manager Operasional Sekar Kedhaton, Tubagus Ahmad saat ditemui, beberapa waktu lalu.

Makanan khas Jogja itu dikemas dengan cara berbeda di Restoran Sekar Kedhaton. Di sini, gudeg dijadikan isi lumpia dan disantap bersama bumbu kacang atau saus tomat. Selain berisi nangka,

BACA JUGA: 5 Tempat Asyik di Bibis Bantul: Pemandangan Indah, Kulineran Murah

Lumpia Gudeg itu juga berisi potongan daging ayam dan telur yang membuat citarasanya semakin menarik dan digemari wisatawan. Selain itu, bagi wisatawan yang menggemari makanan sehat, maka bisa mencicipi menu vegetarian di Sekar Kedhaton.

Di antaranya Veggy Fried Rice with Mushroom Satay hingga Pasta Brokoli Saus Pesto.

Bagi wisatawan, jangan lupa mengabadikan momen ketika mengunjungi resto ini. Sebab, Sekar Kedhaton menempati bangunan yang sudah berdiri sejak tahun 1800-an. Arsitekturnya memadukan unsur Jawa, Portugis, Belanda, serta Tionghoa. Berbagai ornamen di dalamnya akan membuat wisatawan merasakan pengalaman menikmati sajian di tengah istana yang megah.

“Secara menu, kami sebisa mungkin menyuguhkan sajian yang citarasanya sudah familiar di kalangan wisatawan agar bisa diterima siapapun. Namun, secara arsitektur resto, pengalaman

menyantap makanan di Sekar Kedhaton tidak bisa ditemukan di tempat lain,” ujar Bagus.

Resto ini buka setiap hari mulai pukul 11.00-21.00 WIB. Bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke resto ini, bisa menempuhnya dengan kendaraan bermotor sekitar 15 menit dari pusat Kota Jogja.

Salah satu pengunjung dari Jakarta, Irma menuturkan sangat puas mencicipi sajian di Sekar Kedhaton. “Makanannya enak, seperti makan di istana mewah,” ucap dia.

Bale Raos

Kekayaan menu masakan di Jogja tak bisa dilepaskan dari akulturasi budaya Jawa dengan Eropa.

Pengalaman menyantap makanan sekaligus menggali cerita dan sejarah di balik sajian itu pun jadi sesuatu yang bernilai unik. Hal ini yang bisa ditemukan di Bale Raos.

Restoran bernuansa Jawa yang terletak di Jalan Magangan Kulon No.1, Kraton, Kota Jogja ini menghidangkan makanan-makanan tradisional Jawa kesukaan Sri Sultan Hamengku Buwono VII hingga HB X. Semua menunya diperoleh langsung dari juru masak Kraton Jogja.

Sebagaimana masakan yang menjadi suguhan bagi raja, juru masak tentunya menggunakan bahan-bahan yang alami dan bisa dipastikan baik bagi tubuh. Tak heran jika restoran ini menjadi salah satu rujukan wisata kuliner sehat di Kota Jogja.

General Manager Bale Raos, Sumartoyo menuturkan berbagai menu yang ditawarkan di Bale Raos merupakan hasil resep juru masak Kraton Jogja yang coba dilestarikan dan dikenalkan kepada wisatawan. Sehingga, ketika menyicipi masakan, wisatawan bisa mengetahui nilai sejarah dalam setiap masakan.

Salah satunya ialah menu Beer Djawa. Minuman ini menjadi suguhan raja saat menjamu tamunya yang berasal dari Eropa.

BACA JUGA: Warung Pecel yang Dikenal Enak di Jogja & Bisa Jadi Referensi

Ketika menjamu tamu dari Eropa, Sri Sultan Hamengku Buwono VIII menyajikan Beer Djawa sebagai pengganti anggur yang biasa diminum oleh tamu di negara asalnya. Sebagai raja Kerajaan Mataram Islam, Sultan tidak meminum anggur beralkohol.

“Beer Djawa itu minuman rempah, bukan minuman beralkohol. Bahannya secang, sereh, jahe, jeruk nipis, dan sebagainya. Tidak hanya segar, tapi juga berkhasiat,” kata Sumartoyo.

Bicara kuliner sehat, Sumartoyo memastikan Bale Raos banyak menggunakan bahan-bahan tradisional seperti rempah, bahan segar, dan tidak banyak menggunakan bahan kimia.

Selain itu, ia juga memastikan dalam menunya terdapat sajian dengan asupan gizi yang lengkap, seperti Sekul Golong Set. Menu tersebut menyajikan set menu ala Kraton Jogja yang terdiri dari nasi putih, sayur bening, pecal ayam, trancam, dan telur rebus.

Selain melalui menu, Sumartoyo menuturkan aspek wisata kuliner sehat juga perlu ditinjau dari kebersihan tempat dan pelayanan. Dia memastikan seluruh aspek di Bale Raos sudah memenuhi standar CHSE untuk dapat memberikan layanan yang maksimal kepada wisatawan.

Jika berminat mencicipi sajian kesukaan raja, wisatawan bisa datang ke Bale Raos yang buka setiap hari mulai pukul 11.00-21.00 WIB. Pada akhir pekan, resto ini buka lebih awal pada pukul 10.00-22.00 WIB. Jaraknya hanya lima menit berjalan kaki dari Kraton Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter
Rayakan Hari Kemenangan dengan Syawalan Sekar Kedhaton Restaurant
Masak Bareng di Tugu Jogja, Puluhan Chef Bagikan 1.500 Porsi Nasi Kebuli untuk Buka Puasa
Menyeruput Manis dan Segarnya Es Buah Legendaris di Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Kepanduan Membangun Karakter
  2. Heboh! Balon Udara Liar dengan Api Menyala Jatuh di Gedong Ngadirojo Wonogiri
  3. Dugaan Penyebab Banjir Dubai, Curah Hujan UEA Terbesar di 75 Tahun Terakhir
  4. Amankan Industri dari Dampak Geopolitik, Kemenperin Siapkan Insentif Impor

Berita Terbaru Lainnya

Warga Dlingo Bantul Membunuh Mantan Pacar dan Buang Jenazahnya ke Pantai, Ini Pengakuannya
Hendak Tawuran, Lima Remaja Ditangkap Polisi di Bantul
Bus Terbakar di Ring Road Gamping, 10 Penumpang Berhasil Dievakuasi
Pilkada 2024, KPU Jogja Gandeng Disdukcapil Memastikan Akurasi Data Pemilih
Stok Darah dan Jadwal Donor Darah di Wilayah DIY Kamis 18 April 2024
Libur Lebaran, Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Kulonprogo Turun 26 Persen
Pengembangan Kawasan Peruntukan Industri di Bantul Terkendala, Ini Penyebabnya
Juknis Tak Kunjung Turun, Dispar Bantul Lakukan Ini Agar Pembangunan Bukit Dermo Terealisasi Tahun Ini
Bus Terbakar di Ring Road Barat Gamping Sleman
Jumlah TPS Pilkada Bantul 2024 Diperkirakan Menyusut Dibanding Pemilu, Ini Alasannya