Jogjapolitan

Bantaran Sungai di Giwangan Jogja Semakin Mempesona!

Penulis: Sirojul Khafid
Tanggal: 18 Januari 2022 - 19:57 WIB
Heroe Poerwadi (tengah) saat meninjau bantaran sungai di Giwangan, Umbulharjo, Jogja, Minggu (16/1/2022) - Ist/Kelurahan Giwangan

Harianjogja.com, JOGJA– Bantaran Sungai Tekik semakin tertata rapi dan indah. Bantaran sungai yang berada di Kampung Ngaglik, Giwangan, Umbulharjo, Jogja ini semakin mudah diakses dengan pembangunan berupa paving block, pagar besi berderet, serta lampu penerangan jalan. Proyek ini hasil penataan Program Kota Tanpa Kumuh – Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT) tahun 2021 yang dilaksanakan masyarakat sekitar.

Koordinator Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kelurahan Giwangan, Rowi Sutaryo, mengatakan Giwangan mendapatkan alokasi bantuan Rp2 miliar untuk penataan kawasan kumuh di RT 7, 8 dan 9 wilayah RW 03 Giwangan dan RT 35 wilayah RW 12 Ngaglik. Penataan kawasan kumuh juga menggunakan dana swadaya masyarakat yang mencapai sekitar Rp22 juta.

“Pelaksanaan pembangunan dilakukan oleh warga masyarakat sekitar. Jadi program ini diusulkan, dikerjakan, dan dipelihara oleh masyarakat sendiri. Dengan program ini betul-betul dirasakan masyarakat,” kata Rowi, Minggu (16/1/2022).

Menurut Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, Program Kotaku terus berjalan dari tahun ke tahun. Selain menjadi program baku dari Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat untuk mengatasi kekumuhan berkaitan dengan sanitasi dan persoalan lingkungan, dalam APBD Kota Jogja juga diprioritaskan untuk pembenahan rumah.

"Yang paling penting pembangunan Kotaku, di samping mengurangi kekumuhan harus ada ada beutifikasi (keindahan) dan aksesibilitas ekonomi dan sosial agar lingkungan semakin tertata. Lingkungan semakin sehat dan nyaman, akses sosial, dan ekonomi juga meningkat,” kata Heroe.

BACA JUGA: 2.000 PKL Malioboro Direlokasi Pekan Depan, Pemda DIY: Tempat Baru Lebih Nyaman

Dengan penataan wilayah, akses ekonomi dan sosial menjadi fokus yang nantinya bisa dikembangkan. Salah satunya memperlebar definisi tempat wisata, yang sebelumnya berupa Malioboro dan sejenisnya, kini bisa berada di bantaran sungai dan kampung-kampung.

“Program Kotaku bagian dari penataan kawasan kumuh, tapi yang paling penting Kotaku ini adalah membuka akses. Makanya mendorong Program Kotaku harus ada beutifikasi yang bisa menarik orang. Semoga dengan diresmikan Kotaku di Giwangan bisa meningkatkan akses masyarakat untuk kepentingan sosial dan ekonomi,” terangnya.

Program Kotaku-DFAT 2021 yang dilaksanakan di Kelurahan Giwangan tahun 2021 berupa pembangunan jaringan perpipaan pembuangan air limbah sepanjang 811 meter dan drainase lingkungan sepanjang 674 meter. Termasuk jalan paving blok dengan pelengkapnya yaitu talud, pagar pembatas, dan lampu penerangan jalan di ruas sepanjang 626 meter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

1,5 Juta Kendaraan Diprediksi Masuk Kota Jogja Selama Libur Lebaran 2024, Warga Dibolehkan Buka Lahan Parkir
Kehabisan Bensin Saat Mudik? Pertamina Tawarkan Solusi Layanan Pesan Antar BBM
Jelang Lebaran 2024, Pemkot Jogja Cek Kesiapan SPBU
Masak Bareng di Tugu Jogja, Puluhan Chef Bagikan 1.500 Porsi Nasi Kebuli untuk Buka Puasa

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Tepergok Curi Burung Murai Batu di Masaran Sragen, 2 Pemuda Ditangkap Polisi
  2. Perbaikan Sistem PPDS
  3. Diduga Tersetrum, Petani Sukodono Sragen Meninggal di Ladang
  4. Roundup Dugaan Pembunuhan di Sukoharjo, dari Bekas Luka Hingga Motor Terjual

Berita Terbaru Lainnya

Top 7 News Harianjogja.com Sabtu 20 April 2024: Normalisasi Tanjakan Clongop hingga Kuota CPNS
Hore! Gunungkidul Dapat Tambahan Pupuk Hingga 18.000 Ton
Polres Bantul Ingatkan Menerbangkan Balon Udara Membahayakan Penerbangan
Viral Balon Udara Tiba-tiba Mendarat di Runway Bandara YIA
Pemkab Sleman Sosialisasikan Program Kampung Hijau
Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 4 hours ago
Jadwal Pemadaman Listrik Sabtu 20 April 2024: Giliran Sleman dan Kota Jogja, Cek Lokasinya!
Prediksi Cuaca Jogja dan Sekitarnya Sabtu 20 April 2024: Hujan Ringan!
Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu
Jadwal Kereta Bandara YIA Sabtu 20 April 2024, Harga Tiket Rp20 Ribu