HomeJogjapolitan

Kebakaran Toko Plastik di Pakem, Kerugian Ditaksir Rp1,5 Miliar

Oleh:Abdul Hamied Razak
23 Januari 2022 - 20:07 WIB

Sejumlah warga mengevakuasi barang yang masih bisa diselamatkan akibat kebakaran yang menimpa sebuah toko plastik dan bahan roti di Pakem Tegal RT 37, Pakembinangun, Pakem, Minggu (23/1/2022). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Harianjogja.com, SLEMANKebakaran melahap sebuah toko plastik dan bahan roti di Pakem Tegal RT 37, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Minggu (23/1/2022), menimbulkan kerugian Rp1,5 miliar. Penyebabnya diduga akibat korsleting di bagian belakang toko.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Harian Jogja, api mulai melalap sejumlah dagangan di dalam toko di pinggir Jalan Pakem-Cangkringan tersebut sekitar pukul 06.30 WIB. Api terus menjalar dengan cepat karena barang-barang yang dijual di dalam toko mudah terbakar.

BACA JUGA: Juragan Ayam Wates Tewas di Kamar Mandi, Polisi Turun Tangan

Toko tersebut dimiliki Asmanto Manggolo, 62, dan dikelola oleh anak-anaknya. "Kebakaran terjadi pukul 06.30 WIB. Saya diberitahu ada kebakaran dan langsung ke sini," ujar Aga, salah seorang anggota keluarga Asmanto Manggolo saat ditemui Harian Jogja di lokasi kejadian.

Mengetahui api membakar bagian belakang toko, keluarga dibantu warga sekitar berupaya mengevakuasi barang-barang dari dalam toko. Sebagian dagangan bisa diselamatkan dan sebagian lainnya ludes terbakar. Aga menduga kebakaran dipicu hubungan arus pendek pada kulkas yang berada di belakang toko.  "Saat pintu depan kami buka, api berasal dari belakang terus menjalar ke depan," kata Aga.

Ia belum bisa memprediksi kerugian akibat peristiwa itu. Begitu juga dengan nasib karyawan. "Seharusnya beberapa karyawan hari ini [kemarin] masuk. Untuk sementara kami benahi dulu tokonya. Untuk kerugian kami belum bisa memperkirakan," kata Aga.

BACA JUGA: Fantastis! Parkir Bus Wisata di Jogja Raup Rp1,2 Juta Sehari

Kepala Seksi Operasional dan Investigasi Damkar Sleman, Nawa Murtiyanto mengatakan bangunan toko yang terbakar luasnya sekitar 300 meter persegi. Damkar, katanya, baru menerima informasi kebakaran sekitar pukul 06.45 WIB.

Api cepat merambat karena di dalam toko penuh dengan barang berbahan plastik dan kardus. Api dapat dipadamkan sekitar 2,5 jam kemudian. “Tidak ada korban jiwa, tetapi kerugian diperkirakan sekitar Rp1,5 miliar," kata dia.

Tag: Kebakaran Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
Gudang Mebel di Jalan Lowanu Terbakar, Pemadaman Makan Waktu Lebih dari 2 Jam 6 days ago
Korsleting Listrik, Rumah di Jalan Parangtritis Hangus Terbakar 1 week ago
Toko Kelontong di Kulonprogo Dilalap Api, Kerugian Capai Puluhan Juta Rupiah 1 month ago
Ada Dua Dugaan Asal Sumber Api Kebakaran Tunjungan Plaza Surabaya 1 month ago
Mal Tunjungan Plaza Kebakaran, Begini Penjelasan Pakuwon 1 month ago

Berita Pilihan

Cakupan Jaminan Kesehatan di Sleman Tembus 95,79%, Lampaui Nasional Pedagang Daging di Kulonprogo Jualannya Turun, Imbas PMK? DPC PDIP Kota Jogja: Ibu Mega Inspiratif & Membanggakan Rakyat Indonesia Kota Jogja Kelola Sampah dengan Sambal Pedas Terasi Kompetisi Digital Bisa Percepat Penerapan Sekolah Pintar
Berita Terbaru
UNY Latih Alumni Siswa Calon Ayah-Ibu Mahir Arsip Keluarga 17 minutes ago
Mengenal Pangan Lokal untuk Kesehatan 27 minutes ago
Merapi Muntahkan Lagi Awan Panas Sejauh 2,5 Kilometer 1 hour ago
200.000 Anak Muda Diajak Belajar Teknologi Digital Secara Gratis 1 hour ago
Cek Jadwal KRL Jogja-Solo, Termalam 20.22 WIB dari Lempuyangan 2 hours ago

Terpopuler

Presiden Izinkan Lepas Masker, tapi Begini Kebijakan DIY ... Rumah Warga Gunungkidul Disewa Rp17 Juta untuk Syuting KKN Desa Penari Bus Rombongan Takziah Terguling di Gamping, Satu Meninggal Bus Sekolah di Gunungkidul Penuh, Ada Siswa Menangis Tak Kebagian 1 Penumpang Tewas Akibat Bus Terguling di Sleman, Ini Videonya...
Menguatkan Ruang dan Kesempatan Kelompok Difabel dalam Pesta Demokrasi 4 hours ago
Tidak Ada Klithih Apabila Remaja Berteater 5 hours ago
Panitia Muswil VII Buka Pendaftaran Calon Ketua MPW Pemuda Pancasila DIY 6 hours ago
Dinas Kominfo DIY dan KPID Siapkan Masyarakat Beralih ke Siaran TV Digital 6 hours ago
Wali Kota Jogja: Jangan Euforia Pelonggaran Masker 13 hours ago