News

Zainudin Amali Ungkap 4 Kriteria Pendamping Airlangga di 2024

Penulis: Sunartono
Tanggal: 23 Januari 2022 - 23:47 WIB
Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP Partai Golkar yang juga Menpora Zainudin Amali (kanan) di sela-sela pelaksanaan Konsolidasi Pemenangan Pilpres 2024 DPD Golkar DIY di Hotel Saphir, Kota Jogja, Minggu (23/1/2022) malam. - Harian Jogja/Sunartono

Harianjogja.com, JOGJA—Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP Partai Golkar Zainudin Amali mengungkap sejumlah kriteria calon pendamping Airlangga Hartarto yang akan maju dalam Pilpres 2024 mendatang. Meski demikian, Golkar masih meraba-raba nama yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.

Zainudin menyatakan kriteria pertama orang yang bakal mendampingi Airlangga adalah sama-sama memiliki chemistry agar bisa saling mengisi.

“Selanjutnya [kriteria kedua] punya basis massa yang kuat untuk bisa menambah apa yang sudah kami punya [basis massa Golkar]," katanya di sela-sela Konsolidasi Pemenangan Pilpres 2024 DPD Golkar DIY di Hotel Saphir, Kota Jogja, Minggu (23/1/2022) malam.

Kriteria ketiga bagi Golkar adalah memahami tugas dan tanggung jawab sebagai calon wapres. “Jangan sampai tiba-tiba ada yang sebagai cawapres tetapi bergaya seperti capres, tentu tidak akan baik bagi perjuangan kami nantinya," ucap pria yang menjabat sebagai Menpora ini.

Meski belum dapat menyebutkan nama, lanjut dia, syarat orang yang akan mendampingi Airlangg adalah memiliki visi yang sama tentang ke-Indonesia-an.

"Kalau ada perbedaan cara memandang Indonesia tentu tidak bisa, karena Golkar adalah partai tengah, sangat menjunjung pluralisme, NKRI, pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Itu jadi syarat utama bagi kami untuk memilih calon pasangan," katanya.

Rasa percaya diri Golkar mampu memenangkan Airlangga menurutnya bukan tanpa dasar. Alasannya, karena saat ini sudah mulai bermunculan sukarelawan pendukung Airlangga yang justru berdiri dari luar partai. Mereka membentuk kelompok kecil melalui berbagai macam sektor dan kegiatan.

Zainudin mengklaim Golkar menjadi partai yang punya pengalaman paling banyak dan telah melewati berbagai macam sistem pemilu. Menurutnya adanya dinamika politik jelang pemilu sudah biasa dirasakan. "Kami tidak kaget dengan berbagai dinamika karena Golkar sudah cukup berpengalaman dalam mengarungi masalah," ucapnya.

Konsolidasi tertutup itu dihadiri oleh Ketua DPD Golkar DIY Gandung Pardiman serta anggota fraksi dari Partai Golkar seluruh DIY serta jajaran pengurus serta kader dan sayap partai.

Berita Terkait

Pengamat Prediksi Nasdem Gabung Koalisi Indonesia Bersatu
Airlangga Bangun Koalisi Indonesia Bersatu, Kader Gerindra Beri Pujian
Ridwan Kamil Beri Dukungan Airlangga Jadi Capres
Temui Airlangga, Ridwan Kamil Tegaskan Bakal Balas Budi Terhadap Golkar

Berita Lainnya

  1. Petugas Pengumpul Zakat di Karanganyar Bakal Diberangkatkan Umrah
  2. Muka Tanah di Semarang Ambles 0,8-13,5 Cm/Tahun, Jadi Pemicu Banjir Rob
  3. Final Liga Champions: Secuil Kisah dari Paris 41 Tahun Silam
  4. Jokowi Beri Tugas Baru Lagi, Ini Sederet Jabatan Luhut Pandjaitan

Berita Terbaru Lainnya

Banyak Pasokan dari Luar, Masyarakat Diimbau Selektif Pilih Hewan Kurban
DIY Sentuh Nol Kasus Covid-19, Sultan Ingatkan Pandemi Belum Berakhir
Makin Longgar, Kewajiban Pakai Masker Hanya Berlaku di Ruang Kelas
Disdikpora Kulonprogo Dorong Pengembangan Seni dan Olahraga
Kasus Korupsi Lurah Karangawen Gunungkidul Mulai Disidangkan
Berkat Affandi, Profesi Seniman Eksis di Indonesia
Potensi Antarkomunitas Relawan di Mlati Sleman Akan Disinergikan
Dugaan Pelanggaran Tying Minyak Goreng PT LBS Naik ke Tahap Penyelidikan
Jadwal KRL Jogja-Solo Hari Ini, Ada Jam 11.55 WIB dari Tugu
24 Mei 2022: Pagi Cerah, Bagaimana Cuaca Jogja Siang hingga Malam?