HomeJogjapolitan

HUT RSUD Prambanan, 12 Tahun Melayani dengan Hati

Oleh:Media Digital
23 Januari 2022 - 07:07 WIB

Direktur RSUD PrambananWisnu Murti Yani di sela kegiatan donor darah memperingati HUT ke-12 rumah sakit tersebut, Sabtu (22/1/2022) - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

SLEMAN- Dalam rangka memperingati HUT Ke-12, RSUD Prambanan kembali mengadakan Donor Darah, Sabtu (22/1). Masyarakat antusias mengikuti aksi sosial tersebut.

Ketua Panitia Kegiatan HUT 12 RSUD Prambanan Tri Susanto menyampaikan aksi donor darah tersebut merupakan rangkaian hari jadi RSUD Prambanan. Aksi tersebut merupakan kegiatan rutin setiap rumah sakit merayakan ulang tahun. "Alhamdulillah, masyarakat antusias mengikuti aksi sosial ini. Dari target hanya 25 kantong, hingga siang sudah terdapat 50 peserta yang mendaftar," katanya di sela kegiatan.

Sebelum kegiatan donor darah digelar, perayaan HUT ke 12 RSUD Prambanan dimulai dengan potong tumpeng dan pembagian nasi kuning kepada seluruh pegawai dan pengunjung rumah sakit. Panitia juga menggelar lomba video reels tentang testimoni pelayanan rumah sakit. "Kami juga akan menggelar Seminar Kesehatan dengan tema Kegawatdaruratan Maternal pada 26 Februari," kata pria yang akrab disapa Trito ini.

Kegiatan donor darah tersebut dibuka langsung oleh Direktur RSUD Prambanan Wisnu Murti Yani mengatakan kegiatan donor darah tersebut digelar rutin saat perayaan HUT RSUD Prambanan setiap tahun bekerjasama dengan PMI Sleman. "Ini bentuk pelayanan di luar gedung salah satunya pengabdian kami untuk membantu ketersediaan darah untuk kebutuhan masyarakat," katanya. 

Vaksinasi Booster

Pengabdian lainnya yang dilakukan RSUD Prambanan, kata Wisnu, dengan membuka layanan vaksinasi dosis ketiga atau booster bagi masyarakat. Semua jenis vaksin untuk booster disediakan, baik variasi heterolog maupun homolog. "Heterolog misalnya dulu Sinovac-Sinovac diberikan Pfizer setengah dosis untuk booster atau Homolog Sinovac-Sinovac diberikan Sinovac.

Tapi, variasi Heterolog memberikan efikasi yang besar," katanya.

Untuk mencegah pencampuran vaksin yang bervariasi, rumah sakit tersebut menjadwal pemberian vaksinasi booster. Hari Senin-Kamis semuanya diberikan jenis vaksin Pfizer. Adapun jenis Astra Zaneca diberikan pada Kamis minggu kedua. Tanggal-tanggal tertentu diberikan jenis Moderna. "Masyarakat bisa mendaftar lebih dulu melalui pendaftaran online, bisa juga langsung mendaftar ke rumah sakit," katanya.

RSUD Prambanan setiap hari menyediakan 80 pemberian vaksinasi dosis ketiga ini bagi masyarakat usia 18 tahun ke atas. Hanya saja, untuk sementara pemberian vaksinasi booster ini diprioritaskan kalangan lansia dulu kemudian guru dan pelayan publik sebelum menyasar masyarakat umum. "Selain vaksinasi kami juga memelihara kesehatan dan mencegah masyarakat dari penyakit kronis seperti diabetes meletus (DM) dalam wadah Persadia (persatuan pasien DM Prambanan)," katanya. 

RSUD Prambanan, lanjutnya, tidak hanya melayani masyarakat di dalam gedung tetapi juga di luar gedung. Mereka memiliki program PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit) di mana tim kesehatan menyasar keluarga pasien RSUD Prambanan. "Kalau sudah menjadi pasien kami, balik ke rumah, kami boleh memantau dan mengedukasi sebagai tanggungjawab kami. Kami juga punya layanan home care bagi pasien yang masih belum sembuh," katanya.  (**)

Tag: layanan kesehatan Editor: Bhekti Suryani

Artikel Terkait
Libur Lebaran, Layanan Gawat Darurat Tetap Operasi 24 Jam 2 weeks ago
Layanan Kesehatan Ibu-Anak di Bantul Siaga 24 Jam saat Libur Lebaran 3 weeks ago
Pantura Barat Jawa Tengah Kini Punya Laboratorium Kateterisasi Jantung 1 month ago
Layanan Telemedisin untuk Pasien Isoman Covid-19 Makin Luas, Ini Cara Mengaksesnya 3 months ago
Daftar 17 Layanan Telemedis dan Obat Gratis bagi Pasien Isoman 3 months ago

Berita Pilihan

Cakupan Jaminan Kesehatan di Sleman Tembus 95,79%, Lampaui Nasional Pedagang Daging di Kulonprogo Jualannya Turun, Imbas PMK? DPC PDIP Kota Jogja: Ibu Mega Inspiratif & Membanggakan Rakyat Indonesia Kota Jogja Kelola Sampah dengan Sambal Pedas Terasi Kompetisi Digital Bisa Percepat Penerapan Sekolah Pintar
Berita Terbaru
200.000 Anak Muda Diajak Belajar Teknologi Digital Secara Gratis 18 minutes ago
Cek Jadwal KRL Jogja-Solo, Termalam 20.22 WIB dari Lempuyangan 1 hour ago
Menguatkan Ruang dan Kesempatan Kelompok Difabel dalam Pesta Demokrasi 2 hours ago
Tidak Ada Klithih Apabila Remaja Berteater 3 hours ago
Panitia Muswil VII Buka Pendaftaran Calon Ketua MPW Pemuda Pancasila DIY 4 hours ago

Terpopuler

Hari Pendidikan Nasional, Ini Kata Bupati Bantul... Informasi Stok Darah di PMI DIY 18 Mei 2022 12.232 Peserta Ikuti UTBK UGM Presiden Izinkan Lepas Masker, tapi Begini Kebijakan DIY ... Rumah Warga Gunungkidul Disewa Rp17 Juta untuk Syuting KKN Desa Penari
Dinas Kominfo DIY dan KPID Siapkan Masyarakat Beralih ke Siaran TV Digital 5 hours ago
Wali Kota Jogja: Jangan Euforia Pelonggaran Masker 12 hours ago
Selamat! Pemkab Sleman Raih Penghargaan Anugerah Kearsipan 2022 13 hours ago
Kekerasan Jalanan di Jogja Diyakini Tak Ada apabila Remaja Berteater 14 hours ago
Tahun Lalu, BPJS Ketenagakerjaan Jogja Cairkan Klaim Rp407 Miliar 15 hours ago