HomeJogjapolitan

UPN Veteran Yogyakarta Gelar Wisuda Luring Terbatas Perdana

Oleh:Lajeng Padmaratri
23 Januari 2022 - 22:12 WIB

UPNVY menggelar wisuda luring terbatas pertama kali selama pandemi di Gedung Auditorium UPNVY, Sabtu (22/1/2022). - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri

Harianjogja.com, SLEMAN—Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVY) kembali menyelenggarakan wisuda secara luring pada Sabtu (22/1/2022). Kampus ini untuk pertama kalinya menyelenggarakan upacara wisuda luring terbatas setelah pandemi Covid-19 melanda dua tahun terakhir.

UPNVY menggelar wisuda untuk Program Diploma, Sarjana, Magister dan Doktor Periode II Tahun Akademik 2021/2022 di Gedung Auditorium UPNVY. Sebelumnya, wisuda dilangsungkan secara daring.

Lantaran dilaksanakan secara luring terbatas, maka hanya wisudawan yang dapat memasuki ruangan upacara tanpa pendampingan orang tua seperti saat wisuda luring biasanya. Seluruh peserta wisuda mengikuti protokol kesehatan yang ketat, termasuk skrining dengan rapid test Antigen.

Rektor UPNVY, Profesor Moh. Irhas Effendi dalam sambutannya menuturkan UPNVY pada periode ini dapat meluluskan 694 mahasiswa yang terdiri dari 239 wisudawan dari Fakultas Teknologi Mineral; 169 dari Fakultas Teknik Industri; 63 dari Fakultas Pertanian; 109 dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis; dan 115 dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

"Atas nama civitas academica UPNVY kami mengucapkan selamat kepada wisudawan dan wisudawati yang telah berhasil mengarungi studi di kampus ini. Mudah-mudahan ilmu yang saudara peroleh, pengalaman yang saudara miliki, dapat bermanfaat untuk diri sendiri, keluarga, bangsa, dan negara," tutur Irhas.

Ia menambahkan sebanyak 14 wisudawan menerima penghargaan Karya Cendekia sebagai lulusan yang berprestasi. Ia berharap wisudawan mampu memanfaatkan peluang dan menghadapi tantangan, serta dapat menjunjung tinggi nama baik almamater dengan penuh integritas.

Dalam kesempatan ini, Irhas juga menyampaikan capaian UPNVY yang telah diperoleh selama 2021, salah satunya UPNVY telah berubah status menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PKK BLU).

Selain itu, Kampus Bela Negara ini juga menambah dua guru besar baru yaitu Profesor Mochamad Nur Cholis dan Profesor Moh. Irhas Effendi. Adapun Profesor Mochamad Nur Cholis telah dikukuhkan pada Desember 2021 sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Tanah UPNVY.

Di bidang kehumasan, UPNVY juga memperoleh penghargaan dari Kemendikbud sebagai yang terbaik pertama dalam kategori majalah serta peringkat kedua dalam siaran dan konferensi pers untuk PTN satuan kerja. "Pada awal tahun ini kami juga sedang bersiap melakukan reakreditasi institusi. Semoga akreditasi kita segera mencapai yang terbaik untuk kebaikan proses pembelajaran ke depan," katanya.

Tag: pendidikan Editor: Yudhi Kusdiyanto

Artikel Terkait
Beri Kuliah Umum di UNS, Menteri Investasi/ Kepala BKPM RI : Saya Dulu “Konglomelarat” 6 hours ago
Hari Pendidikan Nasional, Ini Kata Bupati Bantul... 1 day ago
ASPD Hari Pertama di Bantul, 28 Siswa Tidak Hadir 1 day ago
Syawalan KYM Berhadiah Umroh 1 day ago
Kompetisi Digital Bisa Percepat Penerapan Sekolah Pintar 5 days ago

Berita Pilihan

Cakupan Jaminan Kesehatan di Sleman Tembus 95,79%, Lampaui Nasional Pedagang Daging di Kulonprogo Jualannya Turun, Imbas PMK? DPC PDIP Kota Jogja: Ibu Mega Inspiratif & Membanggakan Rakyat Indonesia Kota Jogja Kelola Sampah dengan Sambal Pedas Terasi Kompetisi Digital Bisa Percepat Penerapan Sekolah Pintar
Berita Terbaru
Bakpia Mendadak Trending, Keberadaan Varian Kukus Diributkan 20 minutes ago
Hafiz Ungkap Tips Mempertahankan Hafalan 1 hour ago
UNY Latih Alumni Siswa Calon Ayah-Ibu Mahir Arsip Keluarga 1 hour ago
Mengenal Pangan Lokal untuk Kesehatan 1 hour ago
Merapi Muntahkan Lagi Awan Panas Sejauh 2,5 Kilometer 2 hours ago

Terpopuler

Bus Rombongan Takziah Terguling di Gamping, Satu Meninggal Bus Sekolah di Gunungkidul Penuh, Ada Siswa Menangis Tak Kebagian 1 Penumpang Tewas Akibat Bus Terguling di Sleman, Ini Videonya... Tega, Pemuda di Kulonprogo Tipu Teman SMP Rp50 Juta Belasan Warga Sleman Gagal Berangkat Haji Tahun Ini Gegara Terganjal Usia
200.000 Anak Muda Diajak Belajar Teknologi Digital Secara Gratis 2 hours ago
Cek Jadwal KRL Jogja-Solo, Termalam 20.22 WIB dari Lempuyangan 3 hours ago
Menguatkan Ruang dan Kesempatan Kelompok Difabel dalam Pesta Demokrasi 4 hours ago
Tidak Ada Klithih Apabila Remaja Berteater 6 hours ago
Panitia Muswil VII Buka Pendaftaran Calon Ketua MPW Pemuda Pancasila DIY 6 hours ago