HomeJogjapolitan

Terima Ganti Rugi Rp2,4 Miliar dari Tol Jogja Bawen, Pensiunan Guru Bertekad Kembalikan Tanah Menjadi Tanah

Oleh:Abdul Hamied Razak
24 Januari 2022 - 19:37 WIB

Pensiunan guru Sunardi menjadi salah seorang miliader baru dari Banyurejo setelah menerima uang ganti rugi Tol Jogja Bawen, Senin (24/1/2022). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Harianjogja.com, SLEMAN—Sunardi, pensiunan guru warga Banyurejo, Tempel, Sleman, menerima uang ganti rugi Tol Jogja Bawen senilai Rp2,4 miliar. Dia tak akan membelanjakan uangnya untuk kebutuhan konsumtif, tetapi membeli tanan pengganti.

Sunardi adalah satu dari 80 warga Banyurejo yang mulai menerima uang ganti rugi Tol Jogja Bawen, Senin (24/1/2022). Meskipun jadi miliarder baru, Sunardi tak akan royal. Dia menggunakan uang ganti rugi tersebut untuk membeli tanah baru.

BACA JUGA: Tol Jogja-Bawen: Desa Paling Ujung DIY Terima Ganti Rugi Rp120 Miliar

“Tanah kembali ke tanah, rumah kembali ke rumah. Itu yang akan saya lakukan,” kata Sunardi.

Sunardi menerima Rp2,4 miliar lahan  seluas1.171 meter persegi. Ia mengaku sudah memiliki calon lahan baru untuk menggantikan lahan lama yang terdampak pembangunan jalan tol. “Bahkan sudah saya bayar DP, agar uangnya enggak ke mana-maka," kata Sunardi.

Hal senada disampaikan Titi Purwati. Istri pensiunan TNI, Mayor (Pur) Lagimin, sudah tinggal membayar lahan baru yang sudah disepakati untuk lahan pertanian. Ia menerima uang ganti rugi sebesar Rp3,69 miliar untuk lahan sawah seluas 1.732 meter persegi. “Sudah ada rencana membeli sawah baru, tinggal bayar luasnya 4.000 meter persegi. Yang tergusur lahan sawah ya saya kembalikan lagi ke sawah agar bisa digarap lagi oleh warga lokal. Jadi mereka tetap bisa bekerja,” katanya.

Sebanyak 80 warga dari 228 pemilik bidang di Kalurahan Banyurejo Kapanewon Tempel mulai menerika uang ganti kerugian pembangunan Tol Jogja Bawen, Senin (24/1/2022).

Tahap pertama dicairkan ganti rugi Rp59,4 miliar. Sementara, total nilai ganti rugi Tol Jogja Bawen untuk pemilik lahan di Banyurejo sebanyak Rp127,2 miliar. “Paling besar menerima Rp4,5 miliar dengan luas 2.500 meter persegi. Ini tanah sawah," kata PPK Satker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Tol Jogja-Bawen Wijayanto, di sela-sela kegiatan.

Setelah seluruh pembayaran ganti rugi bagi warga pemilik lahan beres, Satker akan membayarkan uang ganti rugi untuk objek atau bidang yang memiliki karakteristik khusus seperti tanah kas desa, tanah wakaf dan juga tanah instansi ataupun yayasan.

BACA JUGA: Jadwal Operasi Tol Jogja-Solo, Ruas Ring Road Digarap Terakhir

PGS Direktur Utama Oemi Vierta Moerdika menjelaskan PT JJB tetap berkomitmen melaksanakan target konstruksi Seksi 1 Tol Jogja-Bawen ruas Jogja-SS Banyurejo tahun 2022. Saat ini, proses pembebasan lahan di Banyurejo mulai dilaksanakan. Sementara, di Magelang Jawa Tengah mulai digelar kegiatan konsultasi publik.

“Saat ini PT JJB masih menyelesaikan finalisasi desain Rencana Teknik Akhir (RTA). Kami juga menunggu [pembahasan] rencana pelaksanaan groundbreaking dari BPJT dan Kementerian,” katanya.

Tag: jalan tol Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
Proyek Jalan Tol Jogja-YIA Tersendat Lagi, Ini Penyebabnya 1 week ago
Jasa Marga Kembali Perpanjang One Way, Ini Titik Pemberlakuannya 1 week ago
Sistem Satu Arah di Jalan Tol Ditutup Bertahap 2 weeks ago
Para Pemudik, Ini Daftar Lengkap Rest Area Tol Trans Jawa 3 weeks ago
Daftar 2.500 Km Jalan Tol yang Beroperasi Saat Periode Mudik Lebaran 3 weeks ago

Berita Pilihan

Cakupan Jaminan Kesehatan di Sleman Tembus 95,79%, Lampaui Nasional Pedagang Daging di Kulonprogo Jualannya Turun, Imbas PMK? DPC PDIP Kota Jogja: Ibu Mega Inspiratif & Membanggakan Rakyat Indonesia Kota Jogja Kelola Sampah dengan Sambal Pedas Terasi Kompetisi Digital Bisa Percepat Penerapan Sekolah Pintar
Berita Terbaru
Proyek TPST Piyungan Transisi Senilai Rp25 Miliar Dibatalkan, Ada Apa? 4 minutes ago
Bakpia Mendadak Trending, Keberadaan Varian Kukus Diributkan 24 minutes ago
Hafiz Ungkap Tips Mempertahankan Hafalan 1 hour ago
UNY Latih Alumni Siswa Calon Ayah-Ibu Mahir Arsip Keluarga 1 hour ago
Mengenal Pangan Lokal untuk Kesehatan 1 hour ago

Terpopuler

Bus Rombongan Takziah Terguling di Gamping, Satu Meninggal Bus Sekolah di Gunungkidul Penuh, Ada Siswa Menangis Tak Kebagian 1 Penumpang Tewas Akibat Bus Terguling di Sleman, Ini Videonya... Tega, Pemuda di Kulonprogo Tipu Teman SMP Rp50 Juta Belasan Warga Sleman Gagal Berangkat Haji Tahun Ini Gegara Terganjal Usia
Merapi Muntahkan Lagi Awan Panas Sejauh 2,5 Kilometer 2 hours ago
200.000 Anak Muda Diajak Belajar Teknologi Digital Secara Gratis 2 hours ago
Cek Jadwal KRL Jogja-Solo, Termalam 20.22 WIB dari Lempuyangan 3 hours ago
Menguatkan Ruang dan Kesempatan Kelompok Difabel dalam Pesta Demokrasi 5 hours ago
Tidak Ada Klithih Apabila Remaja Berteater 6 hours ago