HomeJogjapolitan

Keren! Begini Penampakan Lapak PKL Malioboro di Eks Bioskop Indra

Oleh:Sunartono
25 Januari 2022 - 17:02 WIB

Lapak tempat baru PKL Malioboro di eks Gedung Bioskop Indra. - Istimewa/Pemkot Jogja

Harianjogja.com, JOGJA—Lapak baru pedagang kaki lima (PKL) yang semula menempati jalur pedestrian Malioboro menarik netizen karena modelnya yang tak biasa. Model lapak yang berada di eks Gedung Bioskop Indra bergaya semi industrial seperti layaknya kafe.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) DIY Srie Nurkyatsiwi mengatakan model lapak yang disediakan untuk PKL Malioboro di eks Bioskop Indra menarik. Lapa-lapak ini dibuat dengan gaya semi industrial, dengan kombinasi antara besi dengan kayu. Model lapak juga dibuat menyesuaikan kebutuhan PKL seperti adanya tempat menyimpan stok barang. Eks Gedung Bioskop Indra berada di barat Pasar Beringharjo.

BACA JUGA: Setelah Menunggu 18 Tahun, Keinginan Sultan Memindah PKL Malioboro Terwujud

“Karena bangunan [eks Gedung Bioskop Indra] juga industrial sehingga harus disesuaikan. Di bawahnya ada rak atau storage untuk menaruh dagangan stok,” katanya kepada Harianjogja.com, Selasa (25/1/2022).

Ia menambahkan lapak yang berada di lantai pertama dan lantai kedua eks Gedung Bioskop Indra akan ditempati PKL yang menjual fashion, kerajinan, dan makanan kering. Warung makan atau restoran siap saji disediakan di gedung sisi lain karena berkaitan dengan fasilitas butuh air bersih lebih banyak.

“Lantai pertama dan kedua yang pasti kering, craft, fashion, dan kuliner kering. Artinya bukan yang masak atau siap saji, kalau makanan siap saji [sejenis warung lesehan] di gedung sisi lain. Untuk itu mesti sudah diberikan sarana saluran air, cuci tangan,” katanya.

BACA JUGA: Tukang Parkir Nuthuk Bus Wisata Rp350.000 Didenda Rp2 Juta

Ia menambahkan pemindahan awal pada Rabu (26/1/2022) berupa wilujengan sebagai syukuran awal akan menempati lokasi baru. Saat ini, pendaftaran PKL masih berlangsung, dilanjutkan dengan pengundian pemilihan tempat yang akan dilakukan oleh komunitas PKL.

“Ini nanti digelar dialog, kalau orang Jawa mungkin syukuran akan menempati tempat baru agar diberikan berkah. Kami sudah berproses sejak 22 Januari untuk pendaftaran, mendaftarkan data mereka. Sudah ada sosialisasi, mendaftarkan data mereka, mereka ada komunitas maupun individu. Setelah wilujengan, bertahap akan berlangsung perpindahan,” katanya.

Tag: PKL Malioboro Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
Pedagang Teras Malioboro Mengeluh Sepi Pembeli, Kadang Barang Tak Ada yang Laku 3 weeks ago
Dua Bulan Pindah, Omzet Pedagang Malioboro Masih Seret 1 month ago
Malioboro Sudah Bersih dari PKL! Begini Penampakannya.. 3 months ago
Belanja di Emperan Tinggal Kenangan, Malioboro Kini Sudah Bebas dari PKL 3 months ago
Teras Toko di Malioboro Diduga Disewakan ke PKL Liar 3 months ago

Berita Pilihan

Cakupan Jaminan Kesehatan di Sleman Tembus 95,79%, Lampaui Nasional Pedagang Daging di Kulonprogo Jualannya Turun, Imbas PMK? DPC PDIP Kota Jogja: Ibu Mega Inspiratif & Membanggakan Rakyat Indonesia Kota Jogja Kelola Sampah dengan Sambal Pedas Terasi Kompetisi Digital Bisa Percepat Penerapan Sekolah Pintar
Berita Terbaru
Merapi Muntahkan Lagi Awan Panas Sejauh 2,5 Kilometer 26 minutes ago
200.000 Anak Muda Diajak Belajar Teknologi Digital Secara Gratis 46 minutes ago
Cek Jadwal KRL Jogja-Solo, Termalam 20.22 WIB dari Lempuyangan 2 hours ago
Menguatkan Ruang dan Kesempatan Kelompok Difabel dalam Pesta Demokrasi 3 hours ago
Tidak Ada Klithih Apabila Remaja Berteater 4 hours ago

Terpopuler

Informasi Stok Darah di PMI DIY 18 Mei 2022 12.232 Peserta Ikuti UTBK UGM Presiden Izinkan Lepas Masker, tapi Begini Kebijakan DIY ... Rumah Warga Gunungkidul Disewa Rp17 Juta untuk Syuting KKN Desa Penari Bus Rombongan Takziah Terguling di Gamping, Satu Meninggal
Panitia Muswil VII Buka Pendaftaran Calon Ketua MPW Pemuda Pancasila DIY 5 hours ago
Dinas Kominfo DIY dan KPID Siapkan Masyarakat Beralih ke Siaran TV Digital 5 hours ago
Wali Kota Jogja: Jangan Euforia Pelonggaran Masker 12 hours ago
Selamat! Pemkab Sleman Raih Penghargaan Anugerah Kearsipan 2022 13 hours ago
Kekerasan Jalanan di Jogja Diyakini Tak Ada apabila Remaja Berteater 15 hours ago