Jogjapolitan

200.000 Anak Muda Diajak Belajar Teknologi Digital Secara Gratis

Penulis: Bernadheta Dian Saraswati
Tanggal: 19 Mei 2022 - 11:07 WIB
Digital ilustrasi / Freepik

Harianjogja.com, JOGJA-Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G. Plate, mengundang 200.000 anak muda bertalenta di bidang teknologi digital untuk mengikuti program Academy Digital Talent Scholarship secara gratis.

Menurutnya pelatihan pendidikan literasi digital ini diperuntukan bagi generasi millenial yang memiliki ketertarikan dalam teknologi digital. Selama mengikuti pelatihan, peserta akan diajarkan tentang keamanan siber, kecerdasan buatan, big data, komputasi awan, virtual reality. Pelatihan ini dalam rangka memenuhi kebutuhan talenta digital nasional.

“Lebih dari 200 ribu kuota talent scholarship tahun 2022 ini diberikan cuma-cuma bagi seluruh peserta,” kata Menkominfo saat membuka Talkshow Digital Expert yang bertajuk Unpacking The Metaverse: Akselerasi Literasi Digital dalam Menyambut Masa Depan, di Grha Sabha Pramana UGM, Rabu (18/5/202), dalam rilis yang diterima Harianjogja.com.

Menurut Menteri, teknologi informasi dan komunikasi merupakan tulang punggung dalam pengembangan teknologi digital dalam menjawab tantangan kekinian. Bila sebelumnya teknologi jaringan 2G terdahulu sebatas kemampuan teknologi pada telepon genggam bergerak, lalu hadir teknologi 3G menghubungkan telepon genggam ke internet. “Setelah itu digantikan 4G yang memberikan layanan broadband dan komputer pada genggaman kita, kini masuk ke era jaringan 5G yang memiliki kecepatan dan kualitas internet lebih tinggi, latensi yang lebih rendah dan konsums-u energi lebih efisien,” paparnya.

Baca juga: Kompetisi Digital Bisa Percepat Penerapan Sekolah Pintar

Ia menyebutkan teknologi 5G di tanah air tengah dibangun secara bertahap yang saat ini sudah tersedia di 13 kota di Indonesia. Adanya pengalihan siaran TV analog ke digital pada november tahun ini serta alokasi frekuensi 700 MHz, diharapkan memperluas pemanfaatan teknologi 5G. “Diproyeksikan peralihan ke 5G pemanfaatan spektrum 700 MHz akan memberikan manfaat dengan penciptaan 4,6 juta pekerjaan baru di bidang 5G dan memberikan dampak ekonomi sebesar Rp 784 triliun dalam tahun 2030,” jelasnya.

Sementara Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., dalam pidato sambutannya mengatakan banyak pihak saat ini memberikan perhatian pada perkembangan teknologi metaverse dimana memungkinkan manusia melakukan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di dunia nyata dapat dilakukan di ruang virtual. Sebagai salah satu perguruan tinggi, kata Rektor, UGM memiliki komitmen untuk mendukung transformasi digital dengan menyiapkan talenta SDM yang memiliki kecakapan digital yang unggul dan UGM sendiri gencar mendorong program akselerasi literasi digital.

Sejak tahun 2021, UGM sudah menyelenggarakan kelas kecerdasan digital tidak hanya untuk mahasiswa UGM sendiri namun melibatkan mahasiswa dari perguruan tinggi lain. “Kelas yang dikelola Center for Digital Society Fisipol UGM, mahasiswa didorong kemampuan penguasaan teknologi digital khususnya literasi digital dan mindset digital serta filosofi pengembangan teknologi kecerdasan digital,” katanya.

Tidak hanya itu, lanjut Rektor, melalui kegiatan penerjunan Kuliah Kerja Nyata, para mahasiswa UGM banyak melaksanakan tema program pengembangan literasi digital di tingkat masyarakat pedesaan dan terpencil di berbagai pelosok di seluruh Indonesia. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Kemkominfo Tambah Penyuluh Informasi Publik, Ini Tugasnya
Dugaan Data DPT Pemilu 2024 Bocor, Ini Instruksi Menkominfo kepada Ditjen Aptika
Kemenkominfo Ajak Pemuda Papua jadi Pemrakrsa untuk Jaga Demokrasi dengan Tingkatkan Kemampuan Cegah Hoaks di Ruang Digital
Terkait Masa Depan Satria-2, Satgas Kominfo: Tunggu Laporan Direksi Bakti

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Berkas Kasus Dugaan Korupsi Hibah KONI Kudus Tunggu Hitungan Kerugian Negara
  2. Diisukan Maju Calon Ketum Golkar, Bahlil Merespons Begini
  3. Apesnya Philippe Troussier, 2 Kali Dipecat setelah Kalah dari Timnas Indonesia
  4. Golkar Menang Banyak! Bisa Usung Calon Sendiri di Pilkada 2024 di 7 Daerah Ini

Berita Terbaru Lainnya

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa
Peragaan Jalan Salib Gereja Baciro Angkat Persoalan Sampah di DIY
Tak Lagi Ngecer, Nelayan Kulonprogo Kini Bisa Membeli BBM ke SPBU
Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Disiapkan Polres Bantul Untuk Atasi Kemacetan saat Libur Lebaran
Libur Panjang Paskah, Daop 6 Jogja Operasikan 5 KA Jarak Jauh Tambahan
Stok Cabai Melimpah, Harga Cabai di Sleman Anjlok Ancam Petani
Selama Libur Lebaran, Dishub Bantul Bakal Tempatkan Petugas Jaga di Sejumlah Jalur Tengkorak
Daftar Tarif Tol Trans Jawa untuk Mudik Lebaran 2024, Jakarta-Jogja Rp507 Ribu
Jadwal Buka Puasa untuk wilayah Jogja dan Sekitarnya Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024
Cek SPBU Kulonprogo, Polres Pastikan Sanksi Tegas untuk Pom Bensin Curang