News

200.000 Anak Muda Diajak Belajar Teknologi Digital Secara Gratis

Penulis: Bernadheta Dian Saraswati
Tanggal: 19 Mei 2022 - 11:07 WIB
Digital ilustrasi / Freepik

Harianjogja.com, JOGJA-Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G. Plate, mengundang 200.000 anak muda bertalenta di bidang teknologi digital untuk mengikuti program Academy Digital Talent Scholarship secara gratis.

Menurutnya pelatihan pendidikan literasi digital ini diperuntukan bagi generasi millenial yang memiliki ketertarikan dalam teknologi digital. Selama mengikuti pelatihan, peserta akan diajarkan tentang keamanan siber, kecerdasan buatan, big data, komputasi awan, virtual reality. Pelatihan ini dalam rangka memenuhi kebutuhan talenta digital nasional.

“Lebih dari 200 ribu kuota talent scholarship tahun 2022 ini diberikan cuma-cuma bagi seluruh peserta,” kata Menkominfo saat membuka Talkshow Digital Expert yang bertajuk Unpacking The Metaverse: Akselerasi Literasi Digital dalam Menyambut Masa Depan, di Grha Sabha Pramana UGM, Rabu (18/5/202), dalam rilis yang diterima Harianjogja.com.

Menurut Menteri, teknologi informasi dan komunikasi merupakan tulang punggung dalam pengembangan teknologi digital dalam menjawab tantangan kekinian. Bila sebelumnya teknologi jaringan 2G terdahulu sebatas kemampuan teknologi pada telepon genggam bergerak, lalu hadir teknologi 3G menghubungkan telepon genggam ke internet. “Setelah itu digantikan 4G yang memberikan layanan broadband dan komputer pada genggaman kita, kini masuk ke era jaringan 5G yang memiliki kecepatan dan kualitas internet lebih tinggi, latensi yang lebih rendah dan konsums-u energi lebih efisien,” paparnya.

Baca juga: Kompetisi Digital Bisa Percepat Penerapan Sekolah Pintar

Ia menyebutkan teknologi 5G di tanah air tengah dibangun secara bertahap yang saat ini sudah tersedia di 13 kota di Indonesia. Adanya pengalihan siaran TV analog ke digital pada november tahun ini serta alokasi frekuensi 700 MHz, diharapkan memperluas pemanfaatan teknologi 5G. “Diproyeksikan peralihan ke 5G pemanfaatan spektrum 700 MHz akan memberikan manfaat dengan penciptaan 4,6 juta pekerjaan baru di bidang 5G dan memberikan dampak ekonomi sebesar Rp 784 triliun dalam tahun 2030,” jelasnya.

Sementara Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., dalam pidato sambutannya mengatakan banyak pihak saat ini memberikan perhatian pada perkembangan teknologi metaverse dimana memungkinkan manusia melakukan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di dunia nyata dapat dilakukan di ruang virtual. Sebagai salah satu perguruan tinggi, kata Rektor, UGM memiliki komitmen untuk mendukung transformasi digital dengan menyiapkan talenta SDM yang memiliki kecakapan digital yang unggul dan UGM sendiri gencar mendorong program akselerasi literasi digital.

Sejak tahun 2021, UGM sudah menyelenggarakan kelas kecerdasan digital tidak hanya untuk mahasiswa UGM sendiri namun melibatkan mahasiswa dari perguruan tinggi lain. “Kelas yang dikelola Center for Digital Society Fisipol UGM, mahasiswa didorong kemampuan penguasaan teknologi digital khususnya literasi digital dan mindset digital serta filosofi pengembangan teknologi kecerdasan digital,” katanya.

Tidak hanya itu, lanjut Rektor, melalui kegiatan penerjunan Kuliah Kerja Nyata, para mahasiswa UGM banyak melaksanakan tema program pengembangan literasi digital di tingkat masyarakat pedesaan dan terpencil di berbagai pelosok di seluruh Indonesia. *

Berita Terkait

Di Hadapan Delegasi G20, Menteri Kominfo Perkenalkan Jogja
Cek Link Berikut Untuk Tahu Kelurahan yang Dapat Bantuan STB
Kominfo Akan Blokir Medsos yang Promosikan Investasi Ilegal

Video Terbaru

Advertisement

Berita Lainnya

  1. DPR: Perlu Pengawasan Ketat Penggunaan MyPertamina
  2. Tersangka Penjebolan Keraton Kartasura Tidak Ditahan, Cuma Wajib Lapor
  3. Kemenko Perekonomian Goes to Campus Bahas Akses Permodalan UMKM
  4. Konsumen Bisa Cetakan QR Code untuk Transaksi Beli Pertalite dan Solar

Berita Terbaru Lainnya

Sudah 2 Bulan Tak Ada SIM Keliling di Bantul, Ternyata Ini Penyebabnya
Laboratorium Kalibrasi Perlu Diakreditasi, Ini Manfaatnya..
PPDB Telah Usai, Gunungkidul Tetap Terima Siswa Baru
Update Stok Darah di DIY Akhir Juni 2022

Update Stok Darah di DIY Akhir Juni 2022

Jogjapolitan | 4 hours ago
Akhir Juni, Cek Jadwal KRL Jogja-Solo

Akhir Juni, Cek Jadwal KRL Jogja-Solo

Jogjapolitan | 4 hours ago
Mengakhiri Juni 2022, Bagaimana Cuaca DIY Hari Ini?
DIY Sukses Tekan Angka Stunting

DIY Sukses Tekan Angka Stunting

Jogjapolitan | 7 hours ago
149 Seniman Meriahkan Jogja Violin Festival 2022
Ada Tembang Cinta dan Ingkar Janji dalam Macapat Senja Malioboro
Kasus Covid-19 Diperkirakan Naik di Juli, Bagaimana Nasib Event Wisata di DIY?