Advertisement

Duh, Diskrining Medis, Banyak ASN Pemkab Magelang Ternyata Alami Hipertensi

Nina Atmasari
Sabtu, 30 September 2023 - 02:47 WIB
Arief Junianto
Duh, Diskrining Medis, Banyak ASN Pemkab Magelang Ternyata Alami Hipertensi Sejumlah ASN menjalani skrining kesehatan di Ruang Cemerlang, lingkup Setda Kabupaten Magelang Jumat (29/9/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG—Sejumlah aparatur sipil negara (ASN) dan Non-ASN di lingkungan Setda Kabupaten Magelang diketahui mengalami hipertensi, setelah dilakukan skrining kesehatan di Ruang Cemerlang, lingkup Setda Kabupaten Magelang Jumat (29/9/2023).

Kegiatan tersebut digelar oleh Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Magelang, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan.

Advertisement

Dokter dari Puskesmas Dukun yang bertugas pada skrining kesehatan ini, Arifiana Husnulhidayati menjelaskan bahwa skrining kesehatan kali ini meliputi pengecekan gula darah, hipertensi, dan berat badan.

Dia mengatakan dari sejumlah pemeriksaan yang telah dilakukan ada beberapa peserta yang hasilnya kurang baik yaitu mengalami hipertensi. Dengan hasil tersebut maka petugas memberikan rujukan ke fasilitas kesehatan agar yang bersangkutan mendapatkan penanganan yang tepat dengan diberikan obat.

"Jadi kegiatan ini sangat baik, karena para peserta atau ASN bisa mengetahui kondisi tubuhnya dan melakukan antisipasi dini bila mana ada kondisi tubuh yang kurang baik dan bisa segera melakukan pengobatan atau perbaikan pola hidup, sehingga kondisi tubuhnya selalu dalam keadaan baik atau sehat," jelas Arfiana.

Plt Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Setda Kabupaten Magelang, Zanuar Effendi menjelaskan tujuan skrining kesehatan tersebut untuk memberikan gambaran bagi ASN di Kabupaten Magelang terkait dengan kondisi kesehatan masing-masing individu.

BACA JUGA: Pastikan PNS Wajib Netral saat Pemilu, Bawaslu dan Pemkab Bantul Bentuk Satgas

Harapannya dengan mengetahui tingkat kesehatannya masing-masing, ASN terus berusaha untuk menjaga kondisi kesehatan dalam rangka menunjang tugas dalam melayani masyarakat.

"Apabila ada yang terindikasi kurang sehat menurut analisis dokter, maka tentu diharapkan untuk bisa meningkatkan kesehatannya, baik dengan aktivitas positif seperti olahraga, menjaga pola makan, dan rutin kontrol ke dokter. Karena dengan kondisi tubuh yang sehat maka akan mempengaruhi kinerja," harap Zanuar.

Untuk diketahui, kegiatan skrining kesehatan ini diikuti oleh 170 ASN dan 76 Non ASN di lingkungan Setda Kabupaten Magelang, yang meliputi 36 OPD.

Kabid P2P Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magelang, Budi Suprastowo menyampaikan kegiatan skrining kesehatan ini dalam rangka untuk pengendalian penyakit tidak menular di antaranya diabetes melitus, hipertensi, dan obesitas (kelebihan berat badan).

Lebih lanjut, Budi menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai skrining awal. Apabila nanti ada hasil yang kurang baik seperti kadar gula dalam darah tinggi, maka akan diberikan rujukan dan diteruskan ke fasilitas kesehatan (faskes) untuk didiagnosis lebih lanjut dan diobati. "Jadi di sini hanya skrining saja, tidak mengobati," kata Budi.

Menurut Budi, kegiatan skrining ini akan dilakukan secara rutin demi kesehatan para ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilkada Kulonprogo 2024, PDI Perjuangan Jaring Tujuh Nama

Kulonprogo
| Jum'at, 17 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement