Advertisement

Tingkatkan Promosi Daerah, Pelaku Wisata dan Ekraf Magelang Dilatih Fotografi dan Videografi

Media Digital
Selasa, 24 Oktober 2023 - 20:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Tingkatkan Promosi Daerah, Pelaku Wisata dan Ekraf Magelang Dilatih Fotografi dan Videografi Para peserta dan narasumber Pelatihan Fotografi dan Videografi bagi pengelola Daya Tarik Wisata (DTW) dan pelaku ekonomi kreatif berfoto di pelataran Ketep Pass Sawangan Kabupaten Magelang, Selasa (24/10 - 2023). (IST)

Advertisement

MAGELANG—Promosi pariwisata melalui foto dan video berperan penting untuk menarik wisatawan. Karenanya, Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang memberikan Pelatihan Fotografi dan Videografi bagi pengelola Daya Tarik Wisata (DTW) dan pelaku ekonomi kreatif di wilayah ini.

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang, Mulyanto mengungkapkan geliat pariwisata di Kabupaten Magelang saat ini sedang menuju percepatan. Karenanya, seluruh elemen pelaku pariwisata bekerja bersama untuk menangkap setiap peluang yang menumbuhkan pariwisata.

Advertisement

"Kabupaten Magelang memiliki potensi pariwisata berupa panorama alam yang indah. Di sini juga ada Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Borobudur yang menjadi magnet wisata seluruh dunia. Jadi bagaimana keindahan itu kita munculkan agar wisatawan tertarik untuk datang," katanya, saat membuka kegiatan pelatihan yang diselenggarakan di DTW Ketep Pass, Sawangan, Kabupaten Magelang, Selasa (24/10/2023).

Dinparpora Kabupaten Magelang terus mendorong para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif bisa memberdayakan potensi yang ada di wilayahnya untuk menciptakan ekosistem pariwisata. Melalui produk foto dan video, mereka akan bisa memunculkan keindahan-keindahan Kabupaten Magelang tersebut. Selain menjadi sarana promosi untuk menarik wisatawan, dokumentasi ini juga akan menjadi kenang-kenangan pada anak cucu nanti.

"Sesuatu hal yang menarik akan mendatangkan wisatawan untuk datang. Kita harus bisa memberdayakan potensi ini agar wisatawan tidak hanya datang tetapi juga tinggal lebih lama dan menginap di Kabupaten Magelang," tambah Mulyanto.

Salah satu pemateri pelatihan, Ringgo Ismoyo yang merupakan Ketua Genpi Jawa Tengah mengatakan videografi merupakan media merekam kejadian dalam satu gambar berbentuk video dan suara. Ia mengajarkan teknik framing untuk membuat foto dan video menjadi lebih menarik.

"Jadi gambar tidak hanya berisi objek, bisa gunakan bunga atau daun untuk framing saat memotret di luar ruang. Praktek itu berdasarkan inisiatif dan kreativitas kita. Inilah yang dinamakan content creative, bagaimana seseorang membuat kreativitas berdasarkan kepercayaan dirinya," jelas Ringgo.

Kepala Bidang Pemasaran dan Ekonomi Kreatif Dinparpora Kabupaten Magelang sekaligus ketua panitia kegiatan, Zumrotun Rini mengungkapkan pariwisata dan ekonomi kreatif telah memberikan kontribusi yang besar dalam menyediakan lapangan pekerjaan dan pendapatan bagi masyarakat di Kabupaten Magelang. 

“Karenanya, pemberdayaan dan pengembangan yang berkelanjutan perlu dilakukan agar pariwisata tidak hanya tumbuh dari aspek jumlah tetapi juga kualitas dan daya saing produk beserta brand-nya. Salah satu pembentuk daya saing adalah foto dan video di media sosial atau marketplace,” tuturnya.

Kegiatan pelatihan ini diikuti 50 pengelola DTW dan pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Magelang. Pemateri menghadirkan narasumber dari unsur pemerintah dan praktisi. Dari materi yang disampaikan, peserta diharapkan bisa meningkatkan promosi dalam pemasaran produk ekonomi kreatif, memberikan daya tarik bagi pembeli sehingga meningkatkan penjualan produk pariwisata dan ekonomi kreatif.

Salah satu peserta kegiatan, Kukuh Adi Wicaksana dari VW Wisata Magelang mengungkapkan pelatihan ini sangat bermanfaat karena dapat menambah wawasan serta teknik dalam pengambilan video dan cara pengeditan video sehingga bisa membuat karya yang menarik perhatian netizen.

“Saat melayani wisatawan, kami sering diminta mengambilkan foto atau video untuk mereka. Dengan membuatkan foto dan video yang bagus, tentu bisa menjadi sarana promosi,” katanya. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Target Pembayaran PBB-P2 Kulonprogo Tercapai Rp5,3 Miliar

Kulonprogo
| Jum'at, 03 Mei 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement