Advertisement

DPRD Umumkan Akhir Masa Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Magelang

Media Digital
Selasa, 28 November 2023 - 07:07 WIB
Ujang Hasanudin
DPRD Umumkan Akhir Masa Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Magelang Ketua DPRD Kabupaten Magelang, Saryan Adiyanto, menandatangani Keputusan DPRD tentang usul pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Magelang dalam rapat paripurna, Senin (27/11). - Istimewa

Advertisement

MAGELANG—Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Magelang mengumumkan akhir masa jabatan Bupati Magelang dan Wakil Bupati Magelang serta mengusulkan pemberhentiannya. Pengumuman tersebut dituangkan dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Magelang yang digelar di Gedung DPRD, Senin (27/11).

Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Magelang, Saryan Adiyanto, jajaran pimpinan dan dihadiri 43 anggota DPRD sehingga memenuhi kuorum dari total anggota sebanyak 50 orang.

Advertisement

Bupati Magelang, Zaenal Arifin, hadir secara langsung beserta para pimpinan OPD di Pemerintah Kabupaten Magelang, Forkopimda, pimpinan BUMD hingga para camat di Kabupaten Magelang. 

Saryan Adiyanto menyebutkan berdasarkan Undang-Undang No.23/2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana diubah beberapa kali dengan terakhir Undang-Undang 9/2015 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang 23/2015 tentang Pemerintahan Daerah. Pasal 78 ayat (2) huruf a diatur bahwa kepala daerah dan atau wakil kepala daerah diberhentikan karena berakhir masa jabatannya.

BACA JUGA: Raperda APBD 2024 Kabupaten Magelang Disepakati, Pendapatan Daerah Ditarget Rp2,6 Triliun

"Memperhatikan surat Bupati Magelang nomor 131/3127/81.01/2023 tanggal 2 November 2023 perihal proses akhir masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Magelang bahwa masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Magelang akan berakhir pada tanggal 31 Desember 2023," jelas Saryan Adiyanto.

Selanjutnya pasal 79 ayat (1) Undang-Undang No.23/2014 bahwa pemberhentian kepala daerah dan atau wakil kepala daerah diumumkan oleh pimpinan DPRD dalam rapat paripurna dan diusulkan oleh DPRD kepada Presiden melalui Menteri dan atau Gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat untuk mendapat penetapan.

Setelah pengumuman masa akhir jabatan dan usulan pemberhentian tersebut mendapat persetujuan dari anggota DPRD, Wakil Ketua DPRD, Mahmud membacakan pengumuman tersebut. Selanjutnya, Ketua DPRD meminta agar usulan tersebut segera dikirim kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Jawa Tengah. Pengumuman tersebut kemudian ditetapkan dalam Keputusan DPRD.

Untuk diketahui, Zaenal Arifin dan Edi Cahyana resmi menjabat Bupati dan Wakil Bupati Magelang masa jabatan 2019-2024  setelah dilantik oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada 29 Januari 2019, di Gedung Grhadika Bhakti Praja, kompleks Setda Provinsi Jawa Tengah.

Dalam sambutannya, Bupati Magelang, Zaenal Arifin menyampaikan permohonan maaf apabila dalam masa kepemimpinan terdapat kelemahan dan kekurangan, yang akan menjadi catatan untuk perbaikan di masa yang akan datang.

"Pembangunan dalam kepemimpinan kami diarahkan untuk terwujudnya masyarakat Kabupaten Magelang yang Sejahtera, Berdaya Saing dan Amanah [Sedaya Amanah]. Meskipun memasuki akhir masa jabatan, kami berupaya menuntaskan sejumlah program yang telah ditetapkan, dan kami mohon dukungan agar tercapai sesuai target," katanya.

Upaya Pemkab Magelang meningkatkan kesejahteraan masyarakat, lanjut Zaenal, dapat dilihat di antaranya dari pencapaian Indikator Kinerja Utama 2022, di antaranya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tercapai 70,85, Inflasi sebesar 6,49%, pengeluaran per kapita riil yang disesuaikan tercapai Rp10,01 juta perkapita per tahun dan angka kemiskinan 11,09%. Berdasarkan laporan Inspektorat Jawa Tengah, indikator kinerja daerah pada RPJMD Kabupaten Magelang 2019-2024 mendapat predikat sangat baik. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dua TPS 3R Belum Beroperasi, Sampah di Kota Jogja Diolah Swasta Pakai Sistem Tipping Fee

Jogja
| Kamis, 02 Mei 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement