Advertisement

Untidar Jalin Kerja Sama Riset dengan Sejong University

Media Digital
Sabtu, 02 Desember 2023 - 20:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Untidar Jalin Kerja Sama Riset dengan Sejong University Tim dari Universitas Tidar Kota Magelang melakukan kolaborasi riset bersama di Sejong University, Seoul, Korea Selatan. (IST)

Advertisement

MAGELANG—Universitas Tidar Kota Magelang melakukan kolaborasi riset dan publikasi bersama di jurnal internasional bereputasi dengan perguruan tinggi Sejong University, Seoul, Korea Selatan.

Sebanyak tiga orang yang mengikuti kegiatan ini adalah Ir. Ibrahim Nawawi, S.T., M.T., IPM (Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran Universitas Tidar), Muhammad Rifqi Maarif, S.T., M.Eng. (Dosen Prodi S1 Teknik Mesin), dan Kurnia Fahmy Ilmawan, S.Si., M.Sc. ( Dosen Prodi S1 Pariwisata).

Advertisement

Muhammad Rifqi Maarif menjelaskan dalam kegiatan ini, para peneliti dari Universitas Tidar tersebut berdiskusi dengan peneliti dari Sejong University untuk mengeksplorasi topik-topik penelitian yang potensial untuk dikolaborasikan antara dua universitas.

"Kami juga melakukan tuning dan finalisasi artikel ilmiah untuk dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi, melakukan pengembangan kerja sama penelitian dan pengembangan dengan Faculty of Tourism Sejong University," katanya, Kamis (30/11/2023).

Data dari Kemdikbud RI, College of Hospitality and Tourism Management Sejong University berada di peringkat teratas di Korea, serta peringkat ke-46 dalam Peringkat Universitas Dunia berdasarkan Subjek tahunan 2023, dirilis oleh QS Quacquarelli Symonds.

Universitas Tidar baru membuka prodi Pariwisata sebab Magelang dekat dengan Candi Borobudur sebagai salah satu World Heritage. Maka Untidar perlu berkolaborasi dengan Fakultas/Jurusan Pariwisata terbaik di Asia/Dunia untuk pengembangan keilmuan dan penelitian.

Luaran dari kegiatan ini adalah terwujudnya dua publikasi artikel ilmiah dengan dosen Untidar sebagai first/corresponding author di Jurnal Internasional bereputasi (Q1/Q2). "Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kolaborasi penelitian dan publikasi yang sebelumnya telah diinisiasi dan berhasil dipublikasikan tiga artikel ilmiah di jurnal internasional bereputasi (Q1/Q2)," jelas Muhammad Rifqi Maarif.

Ia menambahkan kegiatan meningkatkan kinerja dan mutu dalam mencapai IKU-UNTIDAR khusus nya IKU 3 (Dosen berkegiatan di Universitas Peringkat QS-100 by Subject), IKU 5 (Penerapan riset dosen, karya dosen dipublikasikan di Jurnal Internasional Bereputasi), IKU 6 (Program studi di Untidar bermitra dengan mitra kelas dunia yakni program studi dari Perguruan Tinggi QS-100).

Tim dari Universitas Tidar telah berangkat ke Seoul pada Sabtu (25/11/2023). Mereka melaksanakan rangkaian kegiatan hingga Jumat (1/12/2023) dan akan tiba di Magelang lagi pada Minggu (3/12/2023). (***)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Meresahkan! Vandalisme di Malioboro Jogja Kian Menggila, 10 Toko Jadi Objek Coret-coret

Jogja
| Rabu, 08 Mei 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement