Advertisement

DPRD Ingatkan DTW di Magelang Sambut Wisatawan dengan Baik

Media Digital
Rabu, 20 Desember 2023 - 20:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
DPRD Ingatkan DTW di Magelang Sambut Wisatawan dengan Baik Ketua Komisi II DPRD, Prihadi (kiri) dan anggota Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Magelang, Sakir (Kanan).IST

Advertisement

MAGELANG—Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Magelang berharap momentum libur Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru) menjadi upaya meramaikan pariwisata Kabupaten Magelang yang terus dibangun oleh pemerintah maupun masyarakat.

Ketua Komisi II DPRD, Prihadi mengungkapkan pada libur Nataru kali ini, banyak masyarakat yang akan berwisata, termasuk ke wilayah Kabupaten Magelang. Hal ini lantaran di wilayah ini terdapat Candi Borobudur yang menjadi magnet pariwisata tidak hanya nasional tetapi juga internasional.

Advertisement

“Kabupaten Magelang menjadi salah satu wilayah tujuan wisata. DTW [daya tarik wisata] di Magelang sudah siap menyambut wisatawan. Ada Menara Langit di DTW Ketep Pass yang menjadi wahana baru bagi wisatawan untuk menikmati pemandangan tujuh gunung,” kata Prihadi, Rabu (20/12/2024).

Anggota Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Magelang ini mengatakan DTW milik Pemkab Magelang terus dibenahi dan ditambah fasilitas. Selain di Ketep Pass Sawangan tersebut, DTW Pemandian Kali Bening Secang sudah dibangun dan ditambah wahana skate board sehingga meningkatkan daya tarik bagi wisatawan.

Adapun, di DTW yang dikelola oleh masyarakat, saat ini juga terus bertambah. “Kabupaten Magelang memiliki keunggulan alam yang indah sehingga bisa menjadi daya tarik wisata. Masyarakat sudah bisa menangkap peluang ini, terbukti dari terus bertambahnya DTW berkonsep ekowisata yang memanfaatkan keindahan alam setempat,” ujar Prihadi.

Dia berharap libur Nataru menjadi momentum untuk meramaikan pariwisata di Kabupaten Magelang. Oleh sebab itu, dia mengingatkan para insan pariwisata untuk melayani wisatawan dengan baik, supaya wisatawan betah. Dengan demikian, wisatawan bisa tinggal lebih lama di Magelang dan berbelanja lebih banyak. Geliat pariwisata ini muaranya adalah pergerakan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Magelang.

Posko Pengamanan Ketua Komisi III DPRD, Sakir menambahkan pada libur Nataru, lalu lintas di Kabupaten Magelang dipastikan meningkat dan ramai yaitu pemudik yang akan merayakan Nataru ditambah warga dari luar kota yang ingin berlibur ke Magelang.

“Untuk masyarakat yang akan masuk ke Magelang, ada jalur yang harus diwaspadai yaitu jalan arteri dari wilayah perbatasan Semarang sampai perbatasan Jogja dan jalur wisata terutama kawasan Candi Borobudur dan sekitarnya, di jalur-jalur tersebut ada beberapa titik macet,” kata anggota Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Magelang tersebut.

DPRD Kabupaten Magelang, kata Sakir, sudah berkoordinasi dengan Pemkab Magelang terkait dengan penyiapan infrastuktur pokok dan infrastuktur penunjang kelancaran lalu lintas, yaitu posko pengamanan Nataru bersama gabungan instansi terkait.

“Kepada wisatawan dari luar daerah kami imbau hati-hati, patuhi petunjuk dan aturan lalu lintas dalam perjalanan menuju tempat tempat wisata yang akan dikunjungi dan ketika terjadi sesuatu yang harus membutuhkan pertolongan darurat, hubungi layanan call center 112. Layanan ini gratis dan bebas pulsa.” (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mau Keliling Jogja, Berikut Rute dan Jalur Bus Trans Jogja

Jogja
| Jum'at, 03 Mei 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement