Advertisement

Konvoi Knalpot Brong Turut Pengaruhi Wisata di Magelang

Nina Atmasari
Minggu, 28 Januari 2024 - 16:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Konvoi Knalpot Brong Turut Pengaruhi Wisata di Magelang Aksi damai insan pariwisata yang tergabung dalam Pesona Magelang membentangkan bendera 100 meter di depan gedung DPRD Kabupaten Magelang, Jumat (26/1/2024). - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG—Para insan pariwisata di Kabupaten Magelang berharap Pemilu yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024 mendatang berlangsung tertib dan situasi di Kabupaten Magelang tetap kondusif.

Ketua Pesona Magelang, Hani Sutrisno mengungkapkan kondusifitas wilayah menjadi kunci utama pariwisata di daerah tersebut.

Advertisement

"Sebagus apapun pariwisatanya, kalau daerahnya tidak aman, wisatawan jadi berpikir lagi. Karenanya supaya wisatawan datang, perlu dijaga keamanan dan ketertiban masyarakatnya," kata Hani, di sela aksi damai insan pariwisata di DPRD Kabupaten Magelang, Jumat (26/1/2024).

BACA JUGA: PHRI Berharap Lebih Banyak Agenda Wisata di Magelang

Ia mengatakan kedatangan wisatawan di Kabupaten Magelang akan berdampak pada perekonomian. Jika wisatawna ramai, tentu pengelola wisata kebanjiran rezeki dan para penyedia jasa lain seperti hotel, restoran, oleh-oleh dan lainnya akan ikut ramai dikunjungi wisatawan.

Ia juga mencontohkan ketika terjadi kasus kericuhan massa akibat konvoi di Muntilan beberapa waktu lalu, turut mempengaruhi wisata karena wisatawan berpikir Magelang tidak aman. Pada Pemilu 2024 ini, ia berterima kasih kepada Polres Magelang yang turut menindak knalpot brong, sebab menjadi awal adanya konvoi massa.

"Saya berharap kejadian seperti itu tidak terjadi lagi agar pariwisata tetap ramai," kata pemilik destinasi wisata Desa Bahasa Borobudur tersebut.

Dalam aksi damai insan pariwisata tersebut, puluhan insan pariwisata, tokoh budaya dan tokoh agama membentangkan bendera merah putih sepanjang 100 meter. Mereka juga mengelar pentas seni soreng yang menjadi kesenian khas Kabupaten Magelang. Selanjutnya, dilakukan orasi menyerukan Pemilu Damai serta tanda tangan bersama.

BACA JUGA: Jalur Pedestrian dan Kawasan Kuliner Legendaris Dibangun, Kota Magelang Bakal Makin Cantik dan Nyaman

Koordinator kegiatan Abbet Nugroho menjelaskan masyarakat akan menghadapi hajatan bersama yaitu Pemilu pada 14 Februari mendatang. "Ini adalah agenda nasional, unsur pariwisata di dalamnya juga mempunyai tanggung jawab yang sama. Kepentingan patiwisata adalah terciptanya kamtibmas dan kedamaian. Keamanan adalah yang pertama, kalau wilayah tidak aman maka pariwisata tidak akan laku," katanya.

Kegiatan tersebut menjadi bentuk kesepakatan bersama para insan pariwisata akan turut mendukung dan melaksanakan pemilu mulai sebelum, pemungutan suara dan setelahnya, termasuk siapapun pemenangnya. Dengan dituasi yang kondusif, maka kesejahteraan di Kabupaten Magelang akan mudah tercapai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tingkatkan Perlindungan Sosial Ketenagakerjaan, 40 BUMKal di DIY Jadi Perisai

Jogja
| Jum'at, 17 Mei 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement