Advertisement

Rohmad Widodo, Direktur PT BPR Bank Bapas 69 Magelang (Perseroda) Percaya Ilmu Tabur Tuai

Mediani Dyah Natalia
Senin, 05 Februari 2024 - 23:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Rohmad Widodo, Direktur PT BPR Bank Bapas 69 Magelang (Perseroda) Percaya Ilmu Tabur Tuai Rohmad Widodo, Direktur PT BPR Bank Bapas 69 Magelang (Perseroda). Harian Jogja - Nina Atmasari

Advertisement

MAGELANG—Hubungan baik menjadi kunci dalam Rohmad Widodo memimpin PT BPR Bank Bapas 69 Magelang (Perseroda) Kabupaten Magelang. Menjadi Direktur Utama bank milik Pemerintah Kabupaten Magelang tersebut sejak 2020, Rohmad berhasil menorehkan prestasi gemilang.

“Hubungan baik menjadi kunci. Saya percaya ilmu tabur tuai, jika kita melakukan riak kebaikan, maka kebaikan-kebaikan akan kembali ke kita,” kata Rohmad Widodo saat berbincang dengan Harianjogja.com, Senin (29/1/2024).

Advertisement

Hubungan baik ini dimulainya di internal kantor. Terhadap para karyawan di Bank Bapas 69, ia selalu menjalin hubungan personal yang baik. Ia menyadari bahwa setiap manusia memiliki kemampuan yang berbeda-beda, sehingga penting untuk menempatkan para karyawannya sesuai dengan kemampuannya.

“Di perbankan, karyawan tentu ada targetnya. Kalau ada karyawan yang tidak memenuhi target, saya ajak ngobrol, saya ajak untuk mengukur kemampuannya bisa berapa, apa kesulitannya, apakah karena tempat kerjanya, apakah karena timnya atau penyebab lain, lalu dicoba ditempatkan di lokasi lain sampai di mana dia bisa sesuai,” tutur Rohmad.

Dengan cara tersebut, menurutnya kini para karyawannya bisa bekerja dengan lebih nyaman sesuai dengan kemampuannya. Kondisi ini tentu turut berpengaruh terhadap hasil kinerjanya sehingga bisa mencapai target bahkan melebihi. Hasilnya, selama empat tahun menjabat, Rohmad menyebutkan belum pernah ada karyawan yang diberhentikan.

Prinsip hubungan baik ini juga diajarkannya pada para karyawan agar diterapkan terhadap customernya. Para karyawan didorong memiliki hubungan baik dengan nasabahnya sehingga mereka yang membutuhkan pelayanan akan merasa dilayani dengan sangat baik.

“Saat ini persaingan perbankan sangat ketat. Suku bunga boleh sama dengan bank lain, tetapi soal pelayanan, kami harus lebih unggul. Tentu ini akan menjadi pertimbangan customer untuk memilih ke Bank Bapas 69,” jelas Rohmad.

Baca Juga

4 UMKM Kabupaten Magelang Dapat Penghargaan Bank Bapas 69

Bank Bapas 69 Magelang Bagikan 2 Mobil untuk Nasabah

Difabel Pengusaha asal Magelang Terima Penghargaan dari Bank Bapas 69

Kebijakannya dalam memperlakukan nasabah ini pun mengantarkan Bank Bapas 69 bisa menuai prestasi gemilang. PT BPR Bank Bapas 69 Magelang (Perseroda) berhasil meraih penghargaan dalam TOP BUMD Award Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Majalah Top Business bekerja sama dengan Institut Otonomi Daerah (I-OTDA) di Hotel Raffles Jakarta, Rabu (5/4/2023).

Ada empat kategori yang diraih yaitu Bupati Magelang Zaenal Arifin sebagai TOP Pembina BUMD, PT BPR Bank Bapas 69 Magelang (Perseroda) sebagai TOP BUMD Bintang 5 serta Golden Star Trophy, dan Direktur Utama PT BPR Bank Bapas 69 Magelang (Perseroda) Rohmad Widodo mendapat penghargaan TOP CEO BUMD.

Saat ini, Bank Bapas 69 memiliki aset Rp1,5 triliun dan selama 2023 bisa menyetor pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Magelang sebesar Rp16 miliar, melebihi target yang ditetapkan yaitu Rp15 miliar. “Nasabah Bank Bapas 69 mayoritas adalah usaha kecil dengan kredit rata-rata Rp21 juta. Nasabah dengan kredit di atas Rp1 miliar hanya enam orang,” katanya.

Bank yang memiliki jargon “Banknya UMKM” ini memiliki 1.600 UMKM yang dibina. Pembinaan dilakukan dengan memberikan pelatihan seperti kuliner dan ketrampilan lain sesuai karakter pelakunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sunaryanta Minta Orang Tua Awasi Anak dari Ancaman Media Sosial

Gunungkidul
| Sabtu, 04 Mei 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement