Advertisement

Olahraga Tak Teratur Sebabkan Penyakit Jantung?

Syaiful Millah
Minggu, 15 Maret 2020 - 12:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Olahraga Tak Teratur Sebabkan Penyakit Jantung? Jantung - Boldsky

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Orang dengan kondisi jantung tidak stabil dan orang yang tidak berolahraga secara teratur berisiko lebih besar terhadap kejadian kardiovaskular ketika melakukan latihan atau olahraga yang intens.

Pernyataan tersebut dikeluarkan langsung oleh American Heart Association (AHA). Mereka juga menyarankan orang dengan gaya hidup tetap harus mengembangkan pola latihan perlahan untuk membangun latihan yang intens.

Advertisement

AHA juga mengharuskan orang-orang dengan penyakit jantung untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memulai program latihan olahraga tertentu.

Pernyataan mereka menyatakan bahwa peningkatan kesadaran untuk hidup sehat melalui program olahraga intens telah mendorong banyak orang menjadi lebih aktif. Akan tetapi, ini juga meningkatkan jumlah orang yang melakukan latihan intens dengan kondisi tubuh yang tidak siap.

Manfaat Olahraga

Penelitian telah secara definitif menunjukkan pentingnya aktivitas fisik untuk hidup yang lebih sehat. Dalam hal ini, olahraga memiliki berbagai manfaat seperti penurunan risiko masalah kesehatan fisik utama dan memberi manfaat bagi kesehatan mental.

Secara khusus, sebuah studi yang diterbitkan di European Journal of Preventive Cardiology menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat mengurangi risiko terkena kardiovaskular hingga 35 persen dan menurunkan risiko kematian karena penyakit lainnya.

Studi lain yang diterbitkan di British Journal of Pharmacology menyatakan bahwa olahraga berdampak sangat efektif bagi kesehatan sehingga dianggap sebagai obat. Para penulis studi menyatakan bahwa saat ini orang lebih banyak terlibat dalam aktivitas fisik dan olahraga.

“Partisipasi orang di seluruh dunia dalam pelatihan ketahanan, acara ketahanan yang kompetitif, dan pelatihan interval dengan intensitas tinggi telah meningkat tajam,” kata penulis studi seperti dikutip Medical News Today, Sabtu (14/3).

Risiko Olahraga

Walaupun aktivitas fisik dan olahraga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, kegiatan tersebut juga dapat membawa risiko bagi kelompok orang tertentu.

Barry A Franklin, seorang profesor fisiologi di Wayne State University mengatakan bahwa latihan fisik merupakan obat-obatan dan jelas bahwa aktivitas sedang hingga berat memberikan manfaat bagi kesehatan jantung.

“Namun, seperti halnya juga obat-obatan, olahraga memiliki tingkatan overdosis yang memiliki dampak tidak baik bagi kesehatan jantung, terutama ketika dilakukan oleh individu yang sebelumnya tidak aktif dan orang dengan penyakit jantung,” katanya.

Dia menjabarkan pernyataan yang dikeluarkan oleh AHA bertujuan untuk menempatkan manfaat dan risiko dari program latihan yang intens, sehingga diharapkan masyarakat memiliki kebijaksanaan dalam penentuan latihan yang akan dilakukan.

Dia melanjutkan bahwa berdasarkan pernyataan ilmiah yang telah diperbarui dengan mempertimbangkan lebih dari 300 penelitian terkait, merekomendasikan orang untuk berolahraga lebih banyak.

Akan tetapi sekali lagi, untuk orang-orang yang tidak aktif secara fisik dan mereka yang memiliki kondisi medis tertentu, tidak diperbolehkan secara tiba-tiba melakukan latihan intens secara signifikan, karena dapat meningkatkan risiko kejadian kardiovaskuler seperti serangan jantung.

Mulai dengan Perlahan

Untuk itu, Franklin menyarankan mereka yang tidak terbiasa olahraga dan memiliki kondisi medis tertentu agar melakukan latihan secara perlahan, “penting untuk mulai berolahraga, tetapi lakukan dengan lambat bahkan jika Anda seorang atlet di sekolah,” katanya.

Dia mencontohkan untuk melakukan aktivitas fisik mulai dari berjalan kaki secara teratur, kemudian lambat laun beralih ke lari (jogging) ringan. Akhirnya, akan lebih bijak untuk melakukan konsultasi ke dokter sebelum melakukan kegiatan fisik berat dan intens.

Adapun terlepas dari potensi risiko yang diuraikan, masyarakat tidak boleh beranggapan bahwa mereka harus menghindari olahraga intensitas tinggi. Bagi sebagian orang, kegiatan itu memiliki banyak manfaat ketika dilakukan secara terkontrol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement