Advertisement

Ini Kebiasaan Sehari-hari yang Menyebabkan Serangan Jantung

Ayyubi Kholid Saifullah
Selasa, 05 Oktober 2021 - 23:07 WIB
Budi Cahyana
Ini Kebiasaan Sehari-hari yang Menyebabkan Serangan Jantung Ilustrasi serangan jantung. - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Serangan jantung terjadi ketika bagian otot jantung tidak mendapatkan darah yang cukup. Ada sejumlah faktor risiko serangan jantung, beberapa di antaranya usia dan riwayat keluarga. Namun, ada sejumlah kebiasaan sehari-hari yang pada akhirnya dapat menyebabkan peristiwa yang berpotensi mematikan.

Dilansir dari eatthis.com Selasa (05/10/2021) berikut kebiasaan yang dapat menyebabkan serangan jantung

Advertisement

1. Makan di Luar Setiap Hari

Makan diluar mungkin dapat berdampak negatif pada jantung Anda, karena Anda lebih cenderung membuat pilihan yang tidak sehat di restoran.

Saat Anda makan di luar, Penn Medicine menyarankan untuk memperhatikan detail nutrisi, mengatakan tidak pada roti dan koktail, membuat pertukaran yang lebih sehat, memilih porsi yang lebih kecil, dan menolak topping yang tidak sehat. 

2. Malas Berolahraga

Orang yang berolahraga secara teratur memiliki kesehatan jantung yang lebih baik, termasuk menurunkan tekanan darah," kata Mayo Clinic . The Pedoman Aktivitas Fisik untuk Amerika, edisi ke-2 , yang diterbitkan oleh Departemen Kesehatan dan Layanan Manusia, Kantor Pencegahan Penyakit dan Promosi Kesehatan menunjukkan setidaknya 150 menit (2,5 jam) latihan mingguan untuk membantu mengelola kolesterol dan tekanan darah dua kunci faktor risiko serangan jantung menurut CDC —dan menjaga obesitas. 

3. Minum alkohol

Minum terlalu banyak dapat berdampak negatif pada kesehatan jantung Anda. Penn Medicine menjelaskan bahwa hal itu dapat meningkatkan tekanan darah dan juga menyebabkan tingkat trigliserida yang tinggi, jenis lemak yang paling umum di tubuh Anda.

"Kalori dalam alkohol bertambah. Ketika tubuh Anda memiliki terlalu banyak kalori, itu mengubahnya menjadi trigliserida, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung," jelas mereka.

Selain itu, kalori ekstra tersebut dapat menyebabkan obesitas, faktor risiko penyakit jantung lainnya. 

4. Stres 

Hampir setiap orang mengalami stres. Namun, menghindarinya adalah demi kepentingan terbaik Anda dalam hal kesehatan jantung.

"Anda mungkin merespons stres dengan cara yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung," jelas Mayo Clinic.

Karena stres dapat meningkatkan tekanan darah dan tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor risiko utama serangan jantung, menemukan cara untuk mengatasi stres dapat mengurangi kemungkinan Anda menderita

5. Merokok

Menurut Penn Medicine, Merokok adalah salah satu faktor risiko terbesar penyakit jantung.

"Setiap kali Anda menghirup sebatang rokok, Anda memasukkan lebih dari 5.000 bahan kimia ke dalam tubuh Anda. Salah satu bahan kimia ini adalah karbon monoksida. Karbon monoksida menurunkan jumlah oksigen dalam sel darah merah Anda, yang merusak jantung Anda. Ini juga meningkatkan jumlah kolesterol di arteri Anda—faktor risiko lain untuk penyakit jantung," tulis mereka.

6. Menggunakan Narkoba

Beberapa serangan jantung disebabkan oleh penggunaan obat-obatan terlarang. "Menggunakan obat stimulan, seperti kokain atau amfetamin, dapat memicu kejang pada arteri koroner Anda yang dapat menyebabkan serangan jantung," jelas Mayo Clinic. 

7. Kenali Gejalanya

Mengetahui gejala serangan jantung bisa menyelamatkan hidup Anda. Semakin cepat Anda dirawat, semakin besar kemungkinan Anda untuk bertahan hidup tanpa menderita akibat kesehatan yang besar.

Menurut CDC, tanda-tanda yang paling umum adalah nyeri dada atau ketidaknyamanan "di tengah atau sisi kiri dada yang berlangsung selama lebih dari beberapa menit atau yang hilang dan muncul kembali", merasa lemah, pusing, atau pingsan, nyeri atau ketidaknyamanan pada rahang, leher, atau punggung, nyeri atau ketidaknyamanan pada satu atau kedua lengan atau bahu, dan sesak napas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sempat Ditangkap, Jambret di Jaksel Kabur Pakai Mobil Patroli Polisi

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement