Advertisement

Tips Mengatasi Sulit Tidur bagi Ibu Hamil

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 27 Januari 2023 - 01:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tips Mengatasi Sulit Tidur bagi Ibu Hamil Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kehamilan menjadi masa-masa yang menyenangkan bagi pasangan suami istri karena sebentar lagi mereka akan menimang buah hati. Namun di masa penantian selama sembilan bulan, ibu hamil banyak mengalami perubahan pada tubuhnya, termasuk gangguan tidur. 

Dilansir dari halodoc, gangguan tidur yang umum dialami oleh ibu hamil adalah insomnia. Menurut American Pregnancy Association, insomnia saat menjalani masa kehamilan merupakan hal yang wajar dan umum dialami oleh 78 persen ibu hamil.

Advertisement

Jika masalah ini tidak segera ditangani, tentu akan berbahaya terhadap kesehatan ibu dan janin karena ibu hamil membutuhkan waktu istirahat yang cukup.

Ada beberapa tips yang berguna untuk mengatasi gangguan kehamilan ini, salah satunya mengenai cara tidur ibu hamil. Berikut tips mengatasi ibu hamil susah tidur saat hamil muda, dikutip dari Prenagen:

Baca juga: Cahaya Misterius Gunung Merapi Terekam CCTV, Begini Kesaksian Warga dan Keterangan BPPTKG

- Cari posisi tidur yang nyaman. Posisi yang dianjurkan adalah miring sisi kanan, guna memperlancar aliran darah ke janin.

- Mandi dengan air hangat dan aromaterapi. Air hangat dan aromaterapi dapat menyegarkan badan dan membuat perasaan rileks. Jika badan segar maka tidur akan nyenyak.

- Kurangi makan sebelum tidur di malam hari. Gantilah makanan tersebut dengan segelas susu hangat dan biskuit.

- Musik juga dapat membantu tidur nyenyak karena akan membuat badan rileks dan santai.

- Lakukan seks secara teratur selama kehamilan. Hal tersebut juga dapat membuat rileks dan santai.

- Latihan napas juga mengurangi susah tidur. Sebaiknya ibu hamil juga melakukan olahraga ringan seperti senam atau latihan pernafasan seperti yoga. Latihan yoga umumnya dilakukan dengan cara menarik nafas dan tahan 1-2 detik. Kemudian lepaskan perlahan melalui mulut beberapa kali. Latihan nafas harus dilakukan terus secara teratur.

- Perbanyak ibadah, karena dengan banyak beribadah maka perasaan ibu hamil akan tenang dan memicu hormon serotonin yang dapat merangsang kebahagiaan. Serahkanlah semua kegelisahan ibu hamil pada Tuhan agar Dia yang mengatur kemudahan dalam kehamilan ini. Dengan begitu, semua gangguan kehamilan pun perlahan-lahan bisa terminimalisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Desa Bersih Narkoba Bisa Menggunakan Dana Desa

News
| Selasa, 23 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement