Advertisement

Jarang Terjadi! Kuda Pacuan Ini Mampu Lewati Garis Finis Pertama Meski Kehilangan Joki

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 27 Januari 2023 - 16:37 WIB
Lajeng Padmaratri
Jarang Terjadi! Kuda Pacuan Ini Mampu Lewati Garis Finis Pertama Meski Kehilangan Joki Vanyar, kuda pacuan yang berhasil mencapai garis finis pertama meski tanpa joki. / Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, NAGOYA—Pacuan kuda Tokay Stakes 2023 yang berlangsung belum lama ini di Arena Balap Chukyo di Nagoya, Jepang menjadi perhatian khalayak. Bagaimana tidak, seekor kuda pacu bisa secara mandiri memenangkan balapan meski tanpa joki.

Melansir Oddity Central, kuda nomor 5 bernama Vanyar itu harus didiskualifikasi dari kompetisi pada pacuan kuda Tokay Stakes 2023 yang berlangsung 22 Januari lalu meskipun ia melewati garis finis pertama kali. Walau secara teknis ia menang, namun karena ia kehilangan jokinya saat balapan, ia dihitung melanggar aturan dan prestasinya tidak benar-benar membuatnya menang.

Advertisement

Dalam sebuah video yang menampilkan perlombaan yang berlangsung di lapangan rumput itu, joki Vanyar kehilangan keseimbangan dan jatuh tepat di luar gerbang begitu mereka mulai berpacu. Hal semacam ini beberapa kali terjadi di balapan, dengan kuda yang lantas keluar jalur dan meninggalkan jalur balap sendiri.

Namun, berbeda dengan Vanyar. Meski ia tampak tertinggal saat jokinya terjatuh, seiring berjalannya balapan, kuda itu justru berlari lebih kencang dalam kawanan dan tetap berada di dalam jalur. Tak disangka, ia justru berakhir sebagai finis pertama.

Komentator pacuan kuda itu memperhatikan dan ikut bersemangat pada saat-saat terakhir ketika Vanyar entah bagaimana melaju lebih kencang dan melewati garis finis terlebih dahulu. Joki kuda di belakangnya bahkan tampak putus asa dan memukul kudanya agar berlari lebih cepat menyalip Vanyar.

Video klip kemenangan Vanyar lantas beredar luas di Jepang dan sejumlah negara Asia lainnya. Banyak penonton kagum dengan kuda itu yang seolah menginjak gas sepanjang jalur, kemudian melambat tepat setelah melewati garis finis. Kemudian ia dengan santai berjalan ke pintu keluar, seolah-olah dipandu oleh joki tak terlihat.

Peran joki dalam pacuan kuda profesional tidak dapat disangkal. Mereka mengontrol kecepatan kuda, juga bertanggung jawab terhadap pergerakan taktis selama balapan. Namun, aksi Vanyar ini membuktikan bahwa kuda juga punya misi sendiri dan hal ini tentu bukan sesuatu yang bisa ditemui setiap hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pengakuan Kedaulatan Palestina, Beberapa Negara Uni Eropa Bakal Deklarasi Bareng

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement