Advertisement

Tidak Selalu Buruk, Muntah dan Menangis Ada Manfaatnya

Sirojul Khafid
Minggu, 05 Februari 2023 - 08:07 WIB
Budi Cahyana
Tidak Selalu Buruk, Muntah dan Menangis Ada Manfaatnya Ilustrasi menangis - Shutterstock

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAReaksi tubuh seperti muntah dan menangis memiliki manfaat tersendiri.

Menurut National Cancer Institute, hal tersebut merupakan sistem yang punya fungsi fisiologis atau psikologis. Salah satunya sebagai cara sel tubuh mempertahankan keadaan seimbang yang disebut homeostasis. 

Advertisement

Homeostasis memastikan bahwa tidak pernah ada sesuatu yang terlalu sedikit atau terlalu banyak di dalam tubuh. Apabila terjadi perubahan kadar sedikit pun, seperti gula darah atau keasaman darah yang lebih tinggi dari biasanya, hal itu dapat menimbulkan konsekuensi yang menghancurkan, bahkan mematikan. 

Muntah mengeluarkan racun dari tubuh

Hanya sedikit yang senang dengan kemungkinan muntah. Padahal muntah memiliki tujuan yang penting. Menurut Cleveland Clinic, muntah adalah refleks tidak sadar yang dikelola oleh otak sebagai respons terhadap racun yang tertelan. 

Sistem kekebalan dan sistem saraf bekerja sama untuk memicu refleks ini, terutama ketika mendeteksi keberadaan patogen seperti bakteri atau virus, atau zat berbahaya lainnya seperti obat-obatan atau alkohol. Tentunya kondisi lain seperti kehamilan atau vertigo juga bisa memicu muntah.

Sederhananya, muntah seringkali merupakan cara tubuh mengeluarkan sesuatu yang berbahaya dari sistem tubuh kita. Meski terlalu banyak muntah dapat menyebabkan dehidrasi dan mungkin menandakan penyakit serius. Sehingga kita perlu berkonsultasi dengan dokter jika muntah. 

Cleveland Clinic juga menyarankan kita untuk berhenti makan selama beberapa jam setelah muntah. Saat merasa ingin makan lagi, pilihlah makanan hambar seperti roti bakar, pisang, dan kerupuk yang tidak pedas atau beraroma kuat. Hindari minuman berkafein dan manis, yang dapat memperburuk muntah dan menyebabkan dehidrasi.

Menurut WebMD, beberapa air mata membantu menjaga kesehatan mata agar bola mata tetap terlumasi, saat air mata membantu mengeluarkan iritasi yang masuk ke mata. Namun jenis air mata yang disebabkan oleh perasaan yang kuat dianggap sebagai "air mata emosional", yang menyampaikan kepada orang lain bahwa kita sedih, kesakitan, atau mengalami emosi lain yang sangat kuat.

Menangis juga baik, karena kita bisa melepaskan rasa sakit saat kita menangis. Air mata emosional bisa menjadi obat penghilang rasa sakit alami ketika komposisi hormon stres kita sangat tinggi.

Menangis bisa menjadi suatu tanda bahwa tubuh kita sehat, tetapi terlalu banyak hal baik bisa menandakan masalah. Jika kita menangis lebih dari yang diinginkan, atau mengalami tanda-tanda depresi seperti merasa putus asa, tidak berdaya, atau kehilangan minat pada aktivitas yang biasa dinikmati, kita perlu berbicara dengan dokter atau ahli kesehatan mental.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement