Advertisement

Lagi Musim, Ini Batasan Maksimal Makan Durian dalam Sehari

Bernadheta Dian Saraswati
Minggu, 05 Februari 2023 - 20:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Lagi Musim, Ini Batasan Maksimal Makan Durian dalam Sehari Ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Salah satu buah musiman yang menjadi favorit banyak orang di Indonesia adalah durian. Dan saat ini, utamanya di Jogja, buah durian sedang memasuki masa panen. 

Di sana-sini banyak dijual durian dari berbagai tempat. Ada durian Kulonprogo, Purworejo, Magelang, hingga durian Jatinom Klaten. 

Advertisement

Durian dikenal mahal dibandingkan dengan buah lainnya. Rasanya khas dan aromanya menyengat. Namun untuk menyantapnya harus benar-benar diperhatikan karena jika mengonsumsi durian secara berlebihan bisa membahayakan kesehatan.

Dilansir dari halodoc, durian seperti buah yang lainnya yang memiliki kandungan vitamin C, vitamin B6, kalium, serta tiamin. Konsumsi durian bisa membantu meningkatkan energi, kekuatan otot, menunjang kesehatan kulit, serta melancarkan sistem pencernaan. Meski begitu, buah ini sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Baca juga: Ini 5 Penyebab Berat Badan Sulit Turun

Sebelum mengonsumsinya, sebaiknya pastikan untuk mengetahui takaran atau aturan dalam mengonsumsi buah durian. Agar terhindar dari efek samping durian, hindari mengonsumsi lebih dari 35 gram daging durian dalam satu kali makan atau sehari. 35 gram setara dengan dua biji durian, bukan dua buah.

Mengatur takaran konsumsi durian juga bisa membantu menghindari kenaikan berat badan karena buah ini banyak mengandung lemak dan karbohidrat tinggi. Tak hanya itu, buah durian juga diketahui memiliki kandungan alkohol dan indeks glikemik yang tinggi, sehingga bisa memicu naiknya kadar gula dalam darah.

Kandungan alkohol dalam buah durian sebenarnya tidak terlalu berdampak, karena bersifat ethanol dan methanol yang mudah sekali menguap. Meski begitu, bukan berarti buah durian boleh dikonsumsi secara berlebihan. Jika dikonsumsi dengan benar dan secukupnya, sebenarnya buah durian bisa memberi manfaat yang luar biasa untuk tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cak Imin Tetapkan Kriteria Calon Kepala Daerah yang Diusung PKB

News
| Sabtu, 20 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement