Advertisement

5 Makanan yang Manjur Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Lukman Nur Hakim
Sabtu, 18 Februari 2023 - 20:27 WIB
Budi Cahyana
5 Makanan yang Manjur Turunkan Tekanan Darah Tinggi Ilustrasi menu makanan sehat. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAHipertensi atau tekanan darah tinggi bisa diturunkan dengan makanan yang tepat.

Selain merusak pembuluh darah, hipertensi juga dapat menibulkan penyakit serius lainnya seperti penyakit jantung, stroke, masalah kognitif, dan penyakit ginjal.

Advertisement

Menurut laporan dari Eatthis, hipertensi merupakan kondisi kesehatan serius yang dapat disebabkan oleh pilihan gaya hidup serta kondisi lain yang sudah ada sebelumnya, seperti riwayat keluarga, usia, bahkan ras.

Namun, terdapat juga kondisi kesehatan yang juga bisa meningkatkan risiko terkena hipertensi, seperti diabetes dan obesitas.

Dengan tidak adanya batasan terkena hipertensi, ada beberapa cara untuk mengurangi atau menurunkan kadar tekanan darah tinggi yang ada didalam tubuh, salah satunya dengan makanan.

Berikut lima makanan yang tepat untuk menurunkan tekanan darah tinggi menurut Eat This seperti dikutip, Sabtu (18/2/2023). 

1.Kentang Panggang

Kentang terlebih khusus kentang panggang biasa ternyata bisa bermanfaat bagi tekanan darah. Faktanya, satu kentang panggang sedang menyediakan 13 persen dari nilai harian (DV) untuk potasium.

Meningkatkan asupan potasium dapat menurunkan tekanan darah jika seseorang memiliki riwayat hipertensi. Jadi, kentang panggang menjadi salah satu asupan yang penting untuk menurunkan tekanan darah.

2.Blewah

Blewah juga merupakan buah yang populer dengan sumber potasium. Satu porsi setengah cangkir menyediakan 5 persen DV untuk potasium, dan kalorinya yang relatif rendah

Porsi setengah cangkir yang sama menyediakan kurang dari 30 kalori, memungkinkannya memenuhi berbagai kebutuhan energi. Padukan blewah dan makanan rendah sodium untuk kombinasi protein yang luar biasa.

3. Ikan Berlemak

Ikan berlemak yang mengandung lemak esensial Omega-3, seperti mackerel dan salmon, terbukti dapat menurunkan tekanan darah. Ikan tersebut memiliki tekstur keras seperti ikan tuna dan dapat dimakan dengan berbagai cara.

4.Putih Telur

Dalam sebuah penelitian putih telur dapat membantu menurunkan tekanan darah. Menurut data mengonsumsi lebih banyak protein baik dari sumber nabati atau hewani memiliki risiko tekanan darah tinggi jangka panjang yang lebih rendah.

5.Kiwi

Dikenal dengan daging buahnya yang berwarna hijau cerah, kiwi merupakan buah yang dapat menurunkan tekanan darah.Dalam sebuah penelitian yang membandingkan kemampuan kiwi dan apel menurunkan tekanan darah, kiwil yang lebih berdampak pada tekanan darah.

Untuk menurunkan tekanan tersebut dapat mengkonsumsi tiga kiwi per hari, dan meskipun ini mungkin terdengar seperti banyak, peneliti mencatat satu cangkir kiwi, yaitu sekitar 2-3 buah kiwi, baik untuk menurunkan tekanan darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement