Advertisement

Tips Merawat Rambut Berwarna Agar Warnanya Lebih Tahan Lama

Tri Indah Lestari (ST22)
Kamis, 02 Maret 2023 - 07:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tips Merawat Rambut Berwarna Agar Warnanya Lebih Tahan Lama Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJARambut berwarna memang memberi pesona yang berbeda, yakni tampil lebih unik dan segar. Namun cara merawatnya tidak kalah sulit dengan merawat rambut keriting. Penggunaan produk yang tidak tepat berisiko membuat warna rambut lebih cepat pudar, rambut kering, rontok, bahkan lebih mudah patah.

Agar usaha mewarnai rambut tidak sia-sia, perhatikan hal-hal berikut ini agar warna rambutnya lebih tahan lama dan rambut tetap sehat:

Advertisement

1. Kurangi frekuensi keramas

Semakin sering keramas maka semakin cepat pula warnanya pudar. Jika baru saja mewarnai rambut disarankan untuk keramas dua hari setelahnya sehingga kutikula rambut dapat menyerap pigmen warna dengan sempurna. Cukup keramas sebanyak dua hingga tiga kali seminggu dan jika rambut mulai lepek gunakanlah dry shampoo.

Baca juga: 5 Tes Kesehatan Ini Wajib untuk Deteksi Dini Penyakit

2. Hindari kandungan sulfat pada sampo dan conditioner

Sulfat ialah senyawa kimia yang sering ditemui dalam produk sampo dan conditioner, yang berfungsi membersihkan rambut dari minyak dan kotoran. Penggunaan sulfat lumrah dan aman digunakan dalam produk pembersih namun rambut yang berwarna cenderung lebih sensitif dan rapuh, selain itu sulfat ikut berpartisipasi dalam memudarkan warna rambut.

Hindari pula penggunaan sampo anti ketombe atau yang mengandung zinc, selenium sulfide, dan sulfur karena dapat melunturkan warna rambut dan tekstur rambut pun jadi kering.

3. Rajin memakai masker rambut

Rambut berwarna yang kering dan rapuh, membuat warna rambut lebih rentan pudar. Oleh karenanya penting untuk menghidrasi rambut, caranya ialah cukup dalam sekali seminggu gunakanlah masker khusus rambut berwarna mulai bagian tengah hingga ujung rambut dan biarkan setidaknya selama satu jam.

4. Gunakan sampo di tempat yang tepat

Penggunaan sampo saat keramas bertujuan untuk membersihkan kulit kepala dari debu yang menumpuk, jadi pastikan mencuci rambut untuk fokus pembersihan akar dan bukan pada bagian tengah hingga ujung rambut, sehingga warna rambut akan lebih tahan lama.

5. Lindungi dari suhu panas dan sinar Matahari

Demi tampil lebih menawan dengan warna rambut yang unik nan beda, keinginan untuk men-styling rambut pun meningkat. Tetapi suhu tinggi dari alat catok maupun hair dryer dapat memudarkan warna rambut apalagi jika dilakukan setiap hari, sama halnya dengan air panas untuk keramas. Solusinya sebelum menata rambut gunakanlah vitamin atau serum agar rambut terlindungi.

Bukan hanya kulit paparan langsung sinar matahari tidak baik untuk rambut berwarna, selain memudarkan warna lebih cepat, rambut jauh lebih mudah rusak karena matahari dapat merusak matriks rambut, yakni sel yang menghasilkan rambut baru saat rambut mati dan rontok. Saat beraktivitas diluar gunakanlah topi untuk melindungi rambutmu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Keamanan AS Sebut Terorisme Kembali Muncul dan Jadi Ancaman

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement